Mengenal Kategori Influencer Marketing?! | SevenAds

Dunia bisnis saat ini tidak terlepas dari berbagai macam kegiatan strategi marketing yang kreatif dan inovatif, salah satunya strategi marketing yang saat ini sedang ramai digunakan yaitu Influencer Marketing.

“Influencer marketing kini menjadi terminologi yang sudah umum di dunia bisnis. Kita kerap melihat tren ini, di mana bukan hanya para selebritas yang di endorse namun beberapa selebgram atau blogger dapat di endores oleh brand yang ada dan bukan hanya brand- brand yang besar melainkan usaha- usaha start up seperti online shop, restaurant dan lain-lain.


Apa sih itu Influencer Marketing ?

Influencer Marketing adalah sebuah kegiatan promosi yang dilakukan secara word of mouth (WOM) dengan menggunakan Key Opinion Leader atau yang sering disebut dengan Influencer di media sosial seperti Instagram, YouTube, Blog, Twitter dan lain sebagainya.

Pengertian Influencer


Influencer itu sendiri mempunyai arti yaitu orang yang memiliki pengikut atau followers cukup banyak, dimana mereka memiliki pengaruh yang kuat terhadap pengikut mereka, contoh influencer adalah artis, selebgram, youtuber, blogger dan lain sebagainya.

Influencer marketing ini masih bagian dari native advertising, atau disebut juga sebagai konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk, fungsi, dan kualitas yang tak kalah baik.

Dalam influencer marketing ini memiliki tipe-tipe atau kategori dalam sebutannya :

  1. Micro-influencer mungkin lebih rendah dari 500, tapi dengan audiens yang kuat afinitasnya, mereka bisa meraih engagement hingga 50%.
  2. Macro-influencer mempunyai 10 ribu sampai 1 juta follower, dan engagement mereka sekitar 5-25%.
  3. Mega-influencers punya follower mencapai jutaan. Biasanya, mereka adalah selebritas yang menggunakan media online untuk berhubungan dengan fan base yang sudah ada sebelumnya. Dengan jumlah pengikut yang besar ini, bagaimanapun, engagement para influencer ini terbatas dari 2 – 5 %.

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui tentang kategori ini guna menentukan influencer yang tepat untuk brand dan segmentasi sesuai objektif Anda. Tidak perlu bingung untuk menyesuaikan Influencer dan Brand anda. Karena itu sevenads hadir untuk memberikan solusinya dengan layanan Influencer Marketing kepada Anda.

%d bloggers like this: