Mengenal Google Ads dan Facebook Ads | SevenAds

Kamu sering melihat Ads di Sosial media ataupun di Google saat anda mencari kata tertentu dan menemukan tulisan “Ads”? Ya, itu adalah hasil dari beriklan di Google Ads dan Facebook Ads.

Dalam dunia advertising, para advertiser menggunakan Google Ads dan Facebook Ads dalam persaingan bisnis mereka sebagai platform yang dapat membantu serta mempermudah Anda dalam beriklan.

Kedua digital platform ini sama-sama bergerak dalam dunia advertising. Seringkali hal ini menjadi keputusan yang sulit untuk menentukan platform mana yang efektif untuk Anda gunakan. Terlebih jika Anda baru saja mengenal dunia periklanan.

Banyak pebisnis meningkatkan kekuatan bisnis mereka dengan bantuan Google Ads atau Facebook Ads. Tujuannya untuk mencapai visibilitas, meningkatkan prospek penjualan, dan menemukan pelanggan baru. Lantas, dari kedua platform tersebut manakah yang harus Anda gunakan? Melalui artikel ini Anda dapat mengetahui hal apa saja yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih kedua platform tersebut. Namun sebelumnya, Yuk  pahami dasar dari Google Ads dan Facebook Ads itu sendiri.

Apasih Google Ads dan Facebook Ads?

Google Ads

Google Adwords atau Google Ads merupakan PPC Advertising platform terbesar di dunia dengan jumlah pengguna yang terus bertambah. Banyak pengguna mengasumsikan bahwa adwords identik dengan istilah “pencarian berbayar atau paid search”.

Pencarian berbayar ini lebih berfokus terhadap penargetan kata kunci atau keywords serta penggunaan iklan berbasis teks. Sehingga dengan demikian, pengguna mengharapkan bahwa iklan yang pengguna pasang akan ditampilkan di antara hasil pencarian. Sistem berbayarnya adalah setiap pengguna mengklik iklan tersebut (pay-per-click). Dengan begitu budget iklan akan terbayarkan berdasarkan kata kunci yang mereka cari di google.

Facebook Ads

Nah, kalau Facebook Ads merupakan contoh utama dari “Paid Social” atau sosial berbayar. Yang dimaksud dengan “Paid Social” yaitu media pengiklan yang bergerak di bidang social network.

Saat ini Facebook menjadi social platform dengan pengguna aktif tertinggi setiap bulannya. Dengan begitu, Facebook menjadi sangat kompetitif dan berpotensi menguntungkan dari berbagai bisnis digital advertising strategy.

Apasih persamaan Google Ads dengan Facebook Ads?

Secara umum Google Adwords dan Facebook Ads sama-sama membantu Anda dalam meningkatkan penjualan bisnis melalui online advertising. Dengan adanya kedua platform tersebut akan memudahkan bisnis Anda dalam memperoleh pelanggan melalui berbagai cara melalui strategi digital marketing. Pada strategi digital marketing inilah Anda dapat menentukan target pasar untuk bisnis yang Anda jalani.

Lalu Apa Perbedaan Google Ads dan Facebook Ads?

Meskipun beriklan di Facebook dapat dianggap mirip dengan Adwords, namun pada dasarnya strategi yang dimiliki keduanya cukup berbeda. Google Adwords membantu bisnis Anda dalam menemukan pelanggan baru melalui keyword. Sedangkan Facebook Ads membantu Anda dalam menemukan pelanggan baru berdasarkan hal-hal yang mereka minati (interest) dan cara mereka berperilaku.

Lebih mudahnya,Google Ads membantu Anda dalam menemukan pelanggan baru. Sedangkan Facebook Ads membantu pelanggan baru untuk menemukan Anda.

Sebagai mesin pencari terpopuler yang mampu menempatkan lebih dari 3,5 miliar permintaan setiap hari. Google dianggap sebagai pemimpin dalam media periklanan online. Google menawarkan akses kepada pengiklan terhadap audiens potensial yang belum mengetahui sebelumnya dalam mencari barang ataupun jasa.

Penawaran iklan pada Google Adwords terbagi menjadi dua yaitu jaringan pencarian “search network” dan jaringan display “display network”. Jaringan pencarian mencakup keseluruhan Google sebagai mesin pencari sedangkan jaringan display membuat pengiklan dapat melakukan penawaran dengan sebuah tampilan gambar. Google Display Network menawarkan lebih banyak iklan dalam bentuk visual seperti banner.

Dengan menggunakan Google Adwords Anda dapat memanfaatkan beberapa kekuatan dan keuntungan seperti mendapatkan berbagai format iklan, mengetahui level bisnis Anda, serta dapat memberikan pengalaman berdasarkan strategi yang Anda gunakan.

Sedangkan, Facebook Ads merupakan kompetitor baru yang terus menyempurnakan dan meningkatkan solusi periklanannya beberapa tahun belakangan ini. Namun, saat ini Facebook Ads telah menjadi pelopor “Paid Social” dan telah menjadi bagian utama dunia bisnis dalam strategi digital marketing.

Dengan menggunakan platform Facebook Ads dalam bisnis, Anda akan mendapatkan keuntungan serta kekuatan dalam mengembangkan bisnis melalui “Paid Social”. Facebook Ads merupakan platform pengolahan pesan secara visual seperti gambar, video dan teks yang mendukung bisnis Anda dalam menyampaikan informasi secara persuasif. Sehingga secara konsisten Facebook mampu menawarkan iklan dengan lebih unggul dan efisien ke pengguna sosial media.

Dengan menggunakan Facebook Ads ini Anda mampu menentukan budget, waktu tayang iklan dan dapat membatasi pengeluaran biaya iklan Anda per hari nya.

Nah dari kedua platform baik Google Adwords maupun Facebook Ads memiliki kekuatan yang luar biasa dalam dunia advertising. Peran terbesarnya yaitu sebagai platform yang melayani hampir seluruh kebutuhan dalam berbisnis. Masing-masing platform juga bersifat saling melengkapi. Sehingga secara tidak langsung ini bahwa sebenarnya kedua aplikasi tersebut harus digunakan secara bersamaan, bukan malah sebaliknya.

Namun, Salah satu faktor utama dalam penerapan kedua platform tersebut adalah penyusunan strategi marketing berdasarkan bisnis yang sedang Anda geluti agar tepat sasaran. Dengan demikian Anda dapat mempercayakannya kepada yang lebih profesional dalam bidangnya seperti Seven Ads yang menjadi solusi tepat sebagai Digital Marketing Consultant perusahaanmu. Ingin info lebih lanjut? Mari hubungin kami disini.

%d bloggers like this: