Mengapa Influencer Marketing Itu Perlu? | SevenAds

Setiap kali Anda online di media sosial, tentu Anda sering berinteraksi dengan influencer bukan? Baik Anda menonton video di Youtube, mencari resep makanan di blog, atau sekedar melihat foto-foto keren di Instagram, sudah tak terhitung lagi seberapa banyak Anda sudah berinteraksi dengan berbagai influencer. Perlu anda ketahui bahwa mereka adalah orang-orang yang berada di garis depan tren yang sedang berkembang saat ini. Mereka bisa menjadi inovator dengan ide-ide yang brilian, kreator yang menciptakan ide-ide baru, hingga pembuat konten yang selalu menarik perhatian pengguna media sosial. 

Maka dari itu, penting bagi bisnis untuk segera menyesuaikan diri dengan cepat terhadap banyak perubahan dari munculnya influencer ini. Sebuah bisnis harus memahami transformasi cepat di media sosial, bagaimana influencer berkontribusi terhadap kontennya, hingga bagaimana sikap mereka terhadap influencer marketing. Menurut penelitian, 41% profesional pemasaran telah melihat banyak keberhasilan dalam kampanye yang dilakukan  influencer daripada iklan yang lebih tradisional. Wah, menarik bukan! Lalu, hal apalagi yang menyebabkan influencer marketing itu penting bagi sebuah bisnis?

Fenomena akhir-akhir ini yaitu bekerjasama dengan influencer online untuk mendukung suatu bisnis sekarang sangat populer, sehingga muncullah istilah ‘influencer marketing’. Menurut Hubspot, 71% konsumen cenderung melakukan pembelian ketika direkomendasikan oleh media sosial. Dan 92% konsumen akan mempercayai influencer atas suatu merek ketika membuat keputusan pembelian. Sungguh data yang mengejutkan bukan? Influencer dikenal sebagai seseorang atau kelompok yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi perilaku atau pendapat orang lain. Influencer adalah individu atau kelompok yang pengaruhnya terhadap keputusan pembelian cukup signifikan. Hal tersebut memang benar. Buktinya kini iklan tradisional tidak lagi memiliki pengaruh seperti dulu.

Seorang influencer pasti memiliki pengikut yang potensial dan aktif. Jika influencer sering melakukan review produk, pengikutnya akan lebih cenderung menerima pendapat influencer tentang produk sebagai sebuah fakta, bukan kebohongan seperti pada iklan atau promosi produk. Itu terjadi karena influencer memiliki integritas yang dapat dipercaya oleh audiens mereka. Pengikutnya adalah bagian dari komunitas dan dibangun atas dasar kepercayaan. Hal itulah yang penting dan efektif untuk bisnis Anda yang saat ini sedang berfokus untuk meningkatkan keterlibatan konsumen. Wah, menarik bukan?

Seringkali, influencer berkarir dari konten mereka sendiri. Keaslian dan kreativitas merekalah yang membuat mereka menonjol, dan banyak audiens mereka mengikutinya. Mereka membuat skrip sesuai dengan apa yang akan mereka bicarakan, diketik dan diposting oleh mereka sendiri setelah menggunakan produk atau layanan bisnis Anda. Hal itu tentu menambah kesan otentik di benak audiens bukan? Jika Anda ingin kreativitas ada pada merek Anda dan ingin menunjukkan produk Anda dengan cara yang berbeda, bekerjasama dengan influencer adalah pilihan yang tepat. Ingatlah bahwa audiens akan tertarik dengan konten yang autentik. Jenis konten inilah yang sering menjadi viral.

Perlu Anda ketahui, influencer tidak berurusan dengan birokrasi atau politik. Influencer juga tidak berurusan dengan orang-orang yang mengendalikan konten. Mereka akan menulis apa yang mereka inginkan, kapanpun mereka mau. Hal itu tentu juga menjadi dasar kepercayaan bagi audiensnya untuk mengikuti apa yang influencer katakan dan lakukan. 

Menggunakan influencer marketing juga akan memudahkan Anda untuk menemukan target pasar Anda. Influencer memiliki pengikut yang sesuai dengan tema yang sering kali dibahas di media sosialnya, misalnya influencer A sering kali membahas mengenai kecantikan, atau influencer B yang sering membahas tentang olahraga surving. Hal itu tentu menjadi ceruk pasar yang potensial bagi bisnis Anda. Anda hanya perlu mencari influencer mana yang cocok dan sering membahas hal-hal yang berkaitan dengan produk Anda. Misalnya Anda menjual produk masker, maka cobalah untuk mencari influencer yang tertarik dengan perawatan wajah. Siap mencobanya?

Alasan terakhir mengapa influencer marketing itu perlu, adalah karena dengan bekerja sama dengan influencer, Anda cukup mengeluarkan biaya yang rendah. Bandingkan dengan Anda bekerja sama dengan selebriti atau orang ternama untuk satu atau dua kali postingan di media sosial? Atau bandingkan juga dengan biaya jika Anda mengiklankan produk di berbagai media, seperti televisi, radio, atau media cetak. Pertimbangkan sisi efisiensi tanpa mengabaikan efektivitasnya.

Di era ini, influencer memang memainkan peran yang semakin besar. Mereka juga sangat memiliki pengaruh yang cukup penting dalam pemasaran dari mulut ke mulut. Kita bisa perhatikan, semakin banyak bisnis yang melibatkan mereka untuk melakukan kampanye. Manfaat influencer marketing juga sangat banyak. Bermitra dengan influencer akan menghasilkan konten berkualitas tinggi yang juga hemat biaya. Selain itu, melalui influencer, Anda juga dapat menargetkan audiens yang cukup spesifik untuk meraih hasil yang Anda inginkan. Jadi, kapan Anda memulai influencer marketing untuk bisnis Anda?

%d bloggers like this: