Membangun Relasi Baik dengan Online Customer | SevenAds

Kamu pasti sudah tidak asing dengan customer service? Nah saat memiliki keluhan terhadap produk atau layanan dari sebuah perusahaan, biasanya pelanggan akan diminta untuk menghubungi layanan customer service. Kata customer service memang sangat erat kaitannya dengan ketidakpuasan pelanggan terhadap jasa atau barang yang diberikan pihak perusahaan.

Dalam membangun sebuah bisnis e-commerce yang sukses, ada satu hal yang perlu Anda sadari sebagai pemilik bisnis. Hal itu adalah bisnis e-commerce ini tidaklah lagi berbicara hanya sebatas menjual suatu produk, melainkan menjual kualitas sumber daya manusia-nya dan pelayanan yang diberikan dalam bisnis tersebut. Mengingat saat ini e-commerce tidak lagi bersifat transaksional, tetapi bersifat relasional.

Sekedar meluncurkan suatu produk dan membuka toko online, tidak cukup untuk memenangkan hati customer. Suatu Perusahaan juga perlu membangun suatu koneksi yang lebih dalam dengan customer. Mendengarkan masalah & kebutuhan mereka, dan mungkin bisa memberikan solusi melalui produk yang kita miliki adalah cara yang paling tepat untuk mendapat kepercayaan dan loyalitas dari online customer.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda realisasikan untuk membangun komunikasi dan hubungan erat dengan online customer Anda:

1. Apapun yang Terjadi, Lakukan Hal yang Benar

Sebagai suatu Perusahan, Anda harus selalu bertindak jujur, jangan berbohong dan jangan menipu orang lain apa lagi pada online customer Anda. Bangunlah sesuatu bisnis yang bisa dibanggakan. Ketika ada yang salah, lakukan dengan segenap kekuatan Anda untuk memperbaikinya. Mengapa? Karena reputasi dan keberlanjutan bisnis Anda bergantung pada hal tersebut.

Online customer umumnya memiliki toleransi yang sangat rendah atas masalah yang mereka alami. Satu pengalaman buruk saja dapat mengubah persepsi mereka tentang Anda dan produk Anda menjadi buruk. Berusahalah untuk dikenal sebagai perusahaan dan tim yang melakukan hal yang benar – yang memahami customer-nya.

Jadilah perusahaan yang bersedia mengambil tanggung jawab dan meminta maaf ketika hal-hal tidak berjalan seperti yang diharapkan. Tempatkan Customer menjadi prioritas utama anda.

2. Jadikan Customer Bagian dari Bisnis Anda

Kita perlu menciptakan suatu bisnis, produk dan juga hubungan yang setidaknya dapat menyelesaikan sebagian kecil dari besarnya masalah masyarakat dunia. Konsumen Anda tidaklah hanya ingin membeli produk – mereka juga ingin tahu apakah mereka mendukung bisnis yang peduli terhadap dunia.

Kebanyakan wiraswasta memulai bisnis karena mereka melihat atau mengalami suatu masalah yang mereka percaya dapat mereka atasi. Hal ini berkaitan dengan semakin banyaknya brand e-commerce di era ini, yang memanfaatkan kesempatan untuk memberikan dampak yang lebih baik bagi lingkungan dan juga dunia, serta menjadikannya sebagai warisan dari bisnis mereka.

Bangun hubungan yang lebih kuat dengan masukkan mereka sebagai bagian dari bisnis Anda. Carilah alasan atau kelompok dari orang yang ingin Anda bantu, dan buatlah misi pribadi untuk menggunakan bisnis Anda sebagai solusi dan penggerak perubahan.

3. Bangun Komunitas Brand/Produk

Kebanyakan brand e-commerce yang berhasil saat ini, merupakan sebuah bisnis yang menanggapi serius pentingnya membangun suatu komunitas yang otentik bagi produk dan customer mereka. Membangun sebuah toko e-commerce, menciptakan suatu produk, dan membangun sebuah brand yang dapat diterima oleh masyarakat memanglah bukan suatu pekerjaan yang mudah.

Dalam dunia e-commerce, orang cenderung loyal terhadap sebuah brand apabila mereka percaya bahwa dengan mendukung bisnis Anda, mereka sudah mengambil bagian untuk suatu tujuan yang lebih besar. Mereka cenderung bergabung dengan sekelompok orang yang berpikiran sama, berbagi masalah, tujuan, pengalaman, serta memiliki nilai hidup yang serupa.

Tanggung jawab Anda adalah membantu customer untuk lebih memahami, dikomunitas seperti apakah mereka terlibat apabila mereka membeli produk Anda. Cara termudah untuk menciptakan komunitas adalah dengan membuatnya lebih sedikit berbicara tentang bisnis/brand Anda dan lebih berbicara tentang orang yang Anda layani yaitu customer.

Bagikan cerita mengenai customer Anda, tampilkan sosok-sosok nyata dalam brand dan juga fotografi produk Anda. Kemudian, buatlah agar orang-orang yang membeli produk Anda bisa terhubung dan berinteraksi satu sama lain dengan mudah.

4. Lebih Menonjol dengan Berani Tampil Beda

Bangunlah suatu bisnis dan brand yang dapat dengan mudah diingat oleh online customer Anda dengan berani tampil beda dari yang lainnya.

Orang-orang tertarik pada ide-ide yang berani dan memiliki perspektif yang unik. Tingkatkan hal yang membuat Anda berbeda, dan jangan takut untuk menjadi sedikit “aneh/unik” ketika berbicara tentang pemasaran dan branding dalam bisnis Anda. Justru, buat keunikan itu menjadi trend baru dalam dunia pemasaran atau branding.

Nahhh itu dia cara yang dapat anda implementasikan untuk membangun hubungan baik dengan para customer anda yang nantinya tentu akan menunjukan peningkatan penjualan, brand awareness, dan brand trust dari para customer anda. Jika anda memiliki pertanyaan seputar pembahasan diatas atau ingin konsultasi gratis mengenai brand anda silahkan hubungi kami disini.

%d bloggers like this: