Marketing Mix Masih Pake 4P? Waktunya Upgrade Ke 9P! | SevenAds

Pernahkah kamu mendengar Istilah Product, Place, Price, dan Promotion? Istilah-istilah tersebut termasuk ke dalam Marketing Mix atau Bauran Pemasaran. Marketing Mix sendiri merupakan pondasi dari strategi marketing yang biasa digunakan untuk menganalisis informasi dalam persaingan pasar.

Baca juga: Buat Pelanggan Setia Dengan Strategi Digital Marketing yang Tepat!

Saat ini perkembangan bukan hanya dialami oleh zaman dan teknologi saja, tapi segala aspek yang berada di dalamnya pun harus mengikuti perkembangan yang berlaku. Termasuk dalam dunia Marketing, Pondasi untuk bergerak dalam bidang bisnispun semakin diupgrade agar bisa bersaing dan tidak ketinggalan zaman.

Agar tidak ketinggalan zaman, Kenalan dengan Marketing Mix upgraded version, Yuk!

source: kudupinter.com

Product

Product Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Produk adalah barang atau jasa yang dapat diberikan kepada konsumen. Produk dengan berkualitas tinggi akan memberikan kesan positif kepada konsumen dan membuat mereka tertarik untuk menggunakan produk yang Anda sediakan. Konsumen menggunakan produk tertentu untuk mendapatkan keuntungan dari produk yang dibeli.

Di sisi lain, tujuan pengusaha menghasilkan produk adalah untuk memberikan manfaat kepada konsumen yang menggunakan produk dan memperoleh keuntungan sebagai imbalan atas jasa. Namun, dalam filosofi pemasaran saat ini, penting untuk menghasilkan produk yang bermanfaat dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Karena kepuasan pelanggan akan berdampak positif bagi masa depan perusahaan, Loh!

Place

Location Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Place dapat diartikan sebagai lokasi bisnis yang strategis, dengan segala kebutuhan yang mempengaruhi kegiatan bisnis, antara lain produksi, pengadaan, pemasaran, manajemen, dll. Bagi sebuah perusahaan, sangat penting untuk mempertimbangkan dan menentukan lokasi strategis usahanya.

Lokasi yang strategis disini dapat diartikan sebagai lokasi yang dekat dengan segala aspek kegiatan usaha (produksi, pemasaran, pengadaan, dll), sehingga tidak mengeluarkan banyak uang, tenaga, waktu dan uang. Dengan posisi yang strategis ini diharapkan kegiatan bisnis dapat berjalan dengan lancar dan konsumen juga akan terpuaskan dengan pelayanan yang cepat.

Price

Price Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Setelah mendapatkan kualitas produk serta tempat yang baik, harga menjadi bagian penting dari bauran pemasaran. Karena harga menjadi pertimbangan penting kedua setelah memberikan keunggulan produk. Harga produk yang berlebihan akan berdampak negatif pada pertimbangan konsumen dalam membeli produk yang Anda jual (karena adanya keberatan).

Sebaliknya jika harga produk terlalu rendah akan berdampak positif bagi pertimbangan konsumen yang membeli produk yang Anda tawarkan, namun akan berdampak negatif pada keuntungan yang diperoleh. Oleh karena itu, penting bagi eksekutif pemasaran untuk memahami konsep penawaran dan permintaan untuk menentukan harga efektif produk yang ditawarkan.

Promotion

Promo Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Promosi diartikan sebagai upaya untuk menarik pelanggan potensial untuk membeli atau mengonsumsi produk atau jasa. Ini sangat penting dalam konsep pemasaran dan bauran pemasaran. Promosi yang baik adalah promosi yang disesuaikan dengan segmen pasar yang telah ditentukan.

Segmentasi pasar juga akan mempengaruhi strategi promosi dan penentuan media. Misalnya, segmen pasar yang diidentifikasi adalah generasi muda yang mengharapkan desain futuristik dan media digital interaktif (seperti media sosial).

People

Business People Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

People dapat dikatakan sebagai sumber daya manusia yang terlibat dalam kegiatan bisnis mulai dari pengadaan, produksi hingga pemasaran akhir. Kualitas sumber daya manusia sangat penting untuk keberhasilan suatu perusahaan. Ini karena mereka memiliki kendali penuh atas kinerja bisnis.

Oleh karena itu, tidak heran jika sebuah perusahaan mencari kader bisnis yang berkualitas (loyal, smart, agile, solutions, creative, innovation, dll). Perusahaan rela mengeluarkan banyak uang untuk mencari pekerja terampil yang diyakini mampu memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

Process

Process Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Process didefinisikan sebagai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan produk dan memberikan layanan kepada pelanggan agar mereka puas dengan produk perusahaan. Dalam proses menyediakan produk dan layanan berkualitas terbaik kepada konsumen, perusahaan harus peka terhadap kreativitas dan inovasi.

Seperti inovasi yang sering digunakan di beberapa kedai kopi, yaitu open kitchen yang menampilkan pengetahuan profesional, smart skill barista, dan memukau konsumen melalui proses tampilan yang elegan. Dengan cara ini, kepuasan pelanggan akan meningkat, dan mereka dengan senang hati datang dan menikmati layanan yang diberikan di lain waktu.

Physical Evidence

Evidence Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Physical Evidence adalah penampilan atau interior perusahaan yang sebenarnya, termasuk interior tempat bisnis, kemasan produk, penampilan pelayan, dan desain tambahan lainnya. Dalam bauran pemasaran, aspek ini sangat penting. Karena visi yang baik merupakan langkah awal bagi konsumen untuk mencoba produk yang ditawarkan. Semakin bagus tampilan desain secara keseluruhan maka akan semakin menarik perhatian konsumen.

Perusahaan harus menyadari pentingnya penataan ruang interior yang elegan dan futuristik, tampilan produk yang menarik dan gaya tampilan pelayanan yang profesional. Dengan cara ini akan tercipta suasana yang unik dan tentunya akan membuat konsumen puas dengan produk yang disediakan. Selain itu konsumen juga akan mendapatkan pengalaman menarik tentang penggunaan produk yang Anda sediakan.

People Opinion

Opinion Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Dalam konsep bauran pemasaran saat ini, opini publik sangat penting dan harus diperhatikan serta dikembangkan. Membangun opini publik tidaklah mudah. Sebelum menetapkan opini publik atas produk yang disediakan perusahaan, perusahaan harus dapat memaksimalkan aspek-aspek tertentu di atas, seperti produk, harga, bukti fisik, dan promosi.

Perusahaan kemudian dapat membentuk dan mengarahkan opini publik ke arah yang positif sehingga mereka bersedia berbagi pengalaman dengan rekan kerja, anggota keluarga, dan masyarakat secara keseluruhan.

Politic Power

New Normal Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Politic Power atau Kekuatan Politik dapat dijelaskan sebagai kemampuan perusahaan untuk berpartisipasi dalam politik nasional dan internasional yang berdampak penting terhadap keberlangsungan perusahaan. Biasanya perusahaan besar yang berkaitan erat dengan kebijakan pemerintah (seperti kebijakan harga, kebijakan impor dan ekspor, kebijakan lingkungan, dll) biasanya mempertimbangkan aspek ini.

Perusahaan yang dapat mengontrol dan memiliki kekuatan politik akan mampu bertahan dalam aktivitas bisnisnya. Pada saat yang sama, mereka yang tidak memiliki kekuatan politik akan terkikis oleh kegagalan.

Nah, Itu dia Penjelasan tentang 9P. Kira-kira brand atau perusahaan kamu sudah memenuhi standar 9P Belum, Ya?

%d bloggers like this: