Konten Visual Dapat Menaikkan Profit. | SevenAds

The Importance of Using Visual Content in Social Media Marketing

Apakah Anda sering menghabiskan waktu untuk melihat foto atau gambar-gambar keren di Instagram? Semua orang tentu akan menyukai gambar atau foto yang menurutnya menarik dan indah, termasuk calon konsumen Anda! Banyak bisnis yang sudah membuktikan hebatnya konten visual dalam menaikkan profit. Fakta itu menunjukkan bahwa rangsangan visual memiliki efek yang kuat pada manusia dibandingkan dengan rangsangan lain seperti membaca atau mendengarkan. Apalagi sekarang perkembangan teknologi semakin mendukung munculnya konten visual yang menarik. Lalu, mengapa Anda harus mengembangkan konten visual pada bisnis Anda saat ini?

Konten visual lebih menarik dan lama diingat

Perlu Anda ketahui, bahwa 90% dari informasi yang dikirimkan ke otak bersifat visual, dan sesuatu yang bersifat visual diproses 60.000 kali lebih cepat di otak daripada teks. Apapun yang kita lihat ternyata memiliki efek pada apa yang kita lakukan hingga bagaimana perasaan kita. Pikiran kita akan bereaksi dengan berbeda terhadap rangsangan visual. Konsumen hanya dapat mengingat 10%-20% informasi yang mereka baca atau dengar, tetapi begitu informasi tersebut digabungkan dengan elemen visual, informasi yang diingat naik hingga 65%.

Orang-orang di media sosial lebih tertarik untuk melihat konten visual. Bahkan, 40% pengguna media sosial akan memberikan respons yang lebih baik terhadap konten visual daripada konten teks biasa. Misalnya, tweet dengan gambar mendapatkan retweet 150% lebih banyak daripada tweet tanpa gambar, sementara postingan di Facebook dengan gambar menghasilkan 2,3 kali lebih banyak respon daripada kiriman tanpa gambar.

Konten visual dapat berpengaruh pada emosional

Unsur-unsur visual tidak hanya mengkomunikasikan data lebih efisien dan efektif tetapi juga mempengaruhi kita secara emosional. Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa paparan warna merah dapat meningkatkan denyut nadi dan laju pernapasan kita. Komunikasi dengan menampilkan grafik juga lebih  berdampak pada emosi seseorang. Grafik akan dengan cepat mempengaruhi kita baik secara kognitif maupun emosional. Secara emosional, grafik akan melibatkan imajinasi kita dan meningkatkan pemikiran kreatif kita dengan menstimulasi area lain dari otak kita yang mengarah pada pemahaman yang lebih mendalam dan akurat dari materi yang disajikan. 

Bukan rahasia lagi bahwa emosi memengaruhi pengambilan keputusan. Sebagian besar keputusan kita didasarkan pada penilaian intuitif dan emosi. Jika sebagian besar keputusan kita didasarkan pada penilaian intuisi dan emosi yang relatif cepat, lalu berapa banyak keputusan yang dipengaruhi oleh grafik yang menarik dan mudah dicerna secara visual? Pemahaman audiens tentang materi yang disajikan, pendapat tentang materi yang disajikan presenter, dan keadaan emosional mereka adalah faktor penting dalam setiap keputusan yang akan mereka buat. 

Konten visual meningkatkan kredibilitas suatu bisnis

46,1% orang mengatakan desain pada situs web atau halaman di sosial media suatu bisnis adalah kriteria nomor satu untuk menentukan kredibilitas perusahaan. Apakah Anda pernah mendengar, “Saya tidak percaya sampai saya melihatnya.” Studi menunjukkan bahwa pepatah lama “melihat adalah percaya” sebagian besar memang benar. Tentu saja, kita tahu bahwa apa yang kita lihat dapat dimanipulasi tetapi intinya adalah bahwa hal-hal visual sangat persuasif. 

Konten visual lebih mudah untuk dibagikan

Konten visual sangat dapat dengan mudah dan cepat untuk dibagikan oleh pengguna internet. Faktanya, lebih dari 350 juta foto dibagikan di Facebook setiap hari! Rata-rata 55 juta foto per hari ditambahkan ke Instagram, dengan 1,2 miliar “like” setiap harinya. Wah, menarik bukan?

Konten visual akan memberikan identitas merek

Jika konten visual menarik lebih banyak pengguna internet, maka konten visual juga akan membantu mereka untuk memahami identitas merek bisnis Anda. Banyak merek menggunakan timeline Facebook baru untuk memungkinkan pelanggan menggali lebih dalam sejarah perusahaan. Merek-merek lain seperti Starbucks, juga sering menunjukkan kepada pengguna media sosial apa yang terjadi di balik layar. Hal itu tentu akan membantu mereka untuk memperkuat citra mereka di mata konsumennya.

Konten visual akan  mendorong pembelian

Dengan berinteraksi lebih sering dengan menggunakan metode visual di media sosial, calon konsumen Anda akan tertarik dengan situs web resmi atau toko online Anda. Jika Anda sering masuk ke situs Pinterest, Anda harus tahu bahwa Pinterest telah mendorong penjualan karena 21% orang dengan akun Pinterest yang disurvei mengatakan bahwa mereka telah membeli barang setelah melihatnya di Pinterest. 

Memahami pentingnya konten visual adalah kunci kesuksesan bisnis Anda. Menambahkan konten visual akan meningkatkan dampak positif dan memperkuat identitas merek Anda. Buatlah pengguna media sosial merasa lebih dekat dengan merek Anda dengan konten visual yang menarik. Libatkan orang-orang dengan konten visual. Daya tarik utama dari konten visual adalah kemampuannya untuk mengkomunikasikan pesan yang kompleks dengan sangat cepat. Tentu sangat berguna bagi digital marketing juga bukan? 

%d bloggers like this: