Konten Tiktok Kok Gampang Viral?! Pelajari Algoritma nya Yuk! | SevenAds

Pernah gak sih kamu menyadari kalau konten di tiktok itu mudah banget untuk viral? Dari cafe yang viral, makanan viral, hingga skincare pun bisa viral di Tiktok dan punya reaksi yang besar dari audiens nya. 

Algoritma tiktok ini masih banyak sekali dipertanyakan, terutama bagi mereka yang baru saja terjun ke platform ini. 

Algoritma tiktok dipengaruhi oleh mulai dari penggunaan tagar (hashtag), waktu dalam mengunggah nya, dan pemilahan lagu atau musik nya pun berpengaruh pada algoritma tiktok.

Gen-Z khususnya merupakan penggemar dari aplikasi video pendek ini. Tidak sedikit perusahaan dan brand yang sudah menggunakan tiktok sebagai platform untuk promosi produk nya. 

https://www.yrcharisma.com/2019/12/18/how-to-go-viral-on-tiktok/ 

Telah dilakukan investigasi dan eksperimen dalam penggunaan tiktok dan meneliti sistem kerja algoritma nya. Algoritma nya ditentukan dari banyaknya faktor berbeda dan serta tidak ada cara untuk mengelabuinya. 

User juga dapat meningkatkan engagement dan visibilitas atau jangkauan pada konten yang belum banyak pengguna ikuti. Dalam laman ‘For You’ disesuaikan dengan apa dan siapa yang kita follow serta didasari oleh popularitas, behaviour dari user dan faktor relevansi lainnya. 

Banyak optimasi yang harus dilakukan agar video Tik tok bisa viral, dengan menggunakan pertimbangan seperti filter yang digunakan, hashtag, musik hingga waktu upload. 

Baca Juga: Konten Marketing Pakai Meme? Kenapa Tidak?

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi algoritma tiktok antara lain: 

Penggunaan Hashtag

Halaman “For You” yang sering dijadikan target bagi para kreator untuk mencari peruntungan ketertarikan user terhadap video mereka. Maka dari itu banyak penggunaan dengan hashtag #ForYou, #FYP, #ForYourPage. Namun penggunaan hashtag tersebut kadangkala tidak efektif dalam menjamin sebuah video agar viral. Berdasarkan penelitian dikatakan bahwa memasukan hashtag yang lebih relevan lebih membantu menaikkan konten untuk viral. 

Dengan fitur ‘discover’ dalam Tik tok dapat membantu kita menemukan hashtag apa saja yang sedang populer dan banyak dicari oleh pengguna Tik Tok. 

Tips nya ialah cari tahu apa hashtag apa yang sedang trending, lalu buat konten dengan menggunakan hashtag tersebut ke dalam caption. 

Pemilihan Lagu

https://supermusic.id/supernews/superbuzz/8-lagu-hits-tiktok

Pemilihan musik atau lagu dalam sebuah konten video di TikTok ternyata sama pentingnya dengan penggunaan hashtag, karena hal ini akan membantu dalam memperluas jangkauan video untuk masuk ke FYP. 

Bila menggunakan lagu yang sedang trending maka bisa menambah views dan like di Tik Tok semakin cepat menambah views dan viral di tik tok. 

Kamu bisa menggunakan tombol “Sound” pada atas layar dan menemukan trending musik yang sedang digunakan. Kamu juga bisa menggunakan fitur “Favorites”, atau mirip dengan saves/simpan di instagram untuk menyimpan lagu ke akun pada bagian koleksi, sehingga mudah ditemukan bila ingin digunakan. 


Pada dasarnya algoritma tiktok sangatlah dinamis, bisa saja berubah dan terus berkembang kapan saja sehingga kita perlu selalu up-to-date dan aware dengan perubahan dan tren yang sedang banyak dibicarakan di Tik Tok.

Kamu ingin memiliki konten marketing menggunakan TikTok yang viral dan menarik? Konsultasikan langsung disini.

%d bloggers like this: