Kiat-Kiat Mempromosikan Bisnismu di TikTok | SevenAds

TikTok, Aplikasi video pendek asal Tiongkok yang tengah menjadi salah satu aplikasi favorit generasi millennial dan Z karena pertumbuhan penggunanya begitu cepat, ada banyak brand dan marketer menantikan platform iklan di aplikasi tersebut.

TikTok menjadi aplikasi paling banyak diunduh ketujuh di seluruh dunia sepanjang kuartal pertama 2018. TikTok merupakan bagian dari Bytedance Inc, perusahaan internet raksasa Tiongkok yang juga jadi induk usaha Musical.ly. Di negara asalnya, TikTok dikenal dengan nama Douyin. Di Indonesia, Tik Tok resmi diluncurkan pada September 2017.

TikTok yang awalnya diperuntukan untuk melakukan video sinkronisasi bibir atau lipsync menjadi begitu kreatif seperti memberikan tips, humor, bahkan dijadikan alat untuk promosi.

Lalu bagaimana tips dan trik promosi bisnis online lewat TikTok? Nahh berikut ini kiat-kiat memulai bisnismu di platform TikTok:

1. Buat Konten Menyenangkan

Semua konten di TikTok adalah tentang kesenangan dan kreativitas. Inilah saatnya untuk membuat konten mengenai produk maupun bisnis online yang menyenangkan dan kreatif. Membuat konten mengenai produk itu sendiri adalah salah satu cara termudah dan paling murah untuk mempromosikan bisnis Anda di TikTok. Ambil ponselmu dan mulailah syuting.

Konten yang dapat kamu lakukan salah satunya membuat gerakan tarian ala brand kamu yang menarik dan mudah dipraktekan orang banyak, ataupun mengikuti trend yang sedang hits yang kemudian diselaraskan dengan music yang serasi.

2. Challenge Hashtag

Cara lain untuk mempromosikan bisnis Anda di TikTok adalah dengan menggunakan challenge hashtag. Challenge hashtag adalah tantangan khusus pengguna TikTok untuk membuat atau mereka ulang konten dan menambahkan hashtag bermerek Anda di dalamnya.

Tentunya dengan cara ini banyak audiens-mu yang tertantang untuk mengikuti challenge darimu. Buatlah challenge yang menarik dan mudah untuk di ikuti sehingga banyak audiensmu yang tertarik untuk memeriahkannya.

3. Kolaborasi dengan Influencer/Artis TikTok

Influencer dari aplikasi TikTok mungkin belum sebesar di media sosial seperti Instagram dan YouTube, tapi bekerja sama dengan mereka dapat memperluas jangkauan Anda di TikTok. Bekerja dengan influencer TikTok benar-benar dapat membantu Anda membuat koneksi dengan generasi pengguna tersebut.

Untuk menemukan influencer yang tepat untuk bisnis Anda, Anda dapat mencari secara online melalui pengecekan bio mereka. Para influencer itu biasanya menaruh nama brand lain, membuat konten dengan tema yang sedang trending, dan lain sebagainya.

4. Manfaatkan TikTok Ads

Pada awalnya, TikTok tidak memiliki iklan. Namun sekarang ini semakin tingginya minat pengguna TikTok, maka muncullah TikTok Ads. Di TikTok, ada 4 jenis iklan yang perlu Anda ketahui:

  • Penyebutan Brand, Ini memungkinkan brand mengambil alih TikTok untuk hari itu. Mereka dapat membuat gambar, GIF, dan video dengan link ke laman yang dituju atau challenge hashtag.
  • Konten Asli, Jenis iklan ini mirip dengan iklan stories Instagram dan mendukung banyak fitur seperti klik situs web atau unduhan aplikasi.
  • Lensa Brand, Lensa berisi konten brand ini seperti lensa Snapchat 2D dan 3D untuk wajah dan foto.
  • Challenge Hashtag, Daripadamembuat tantangan hashtag menjadi viral sendiri, Anda dapat menggunakan hashtag yang dipromosikan untuk mendapatkan lebih banyak engagement.

Nah, tertarik untuk mengepakan sayap bisnismu ke platform TikTok? Tidak ada salahnya untuk dicoba ya teman-teman namun tetap untuk memperhatikan platform apa yang efektif untuk kamu memasarkan iklanmu agar iklanmu tepat sasaran!

%d bloggers like this: