Kiat-Kiat Dalam Memberikan Pelayan yang Berkesan Kepada Pelanggan | SevenAds

Dalam membuat pelanggan terkesan dan puas dalam menggunakan jasa/produk mu, kamu harus memberikan kesan yang baik saat pelanggan memakai jasa/produkmu serta memberikan pelayanan yang terbaik dan friendly karena terkadang untuk membuat orang lain merasa nyaman dan senang, tidak harus melakukan hal yang sulit tetapi cukup dengan sikap yang ramah maka kita sudah bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. 

Berikut tips dalam memberikan pelayanan yang berkesan kepada pelanggan yang dapat anda terapkan:

1. Menyapa pelanggan dengan sopan dan bersahabat

Saat menyapa, lakukan kontak mata, tersenyum dan katakan sesuatu seperti, “Halo, bagaimana saya dapat membantu kamu hari ini?”  berhenti disana dan biarkan pelanggan merespons. Gunakan tone suara yang lembut sehingga pelanggan dapat merasakan kehangatan dan keramahan anda.

2. Tersedia pada waktu yang tepat

Selalu tersedia pada waktu yang tepat, apabila masih sibuk mengangkat telepon atau pekerjaan lainnya, kamu dapat meminta dengan baik kepada pelanggan untuk menunggu terlebih dahulu dengan sopan. 

Berikan respon tercepat yang dapat kamu berikan, karena sebagian besar pelanggan tidak suka menunggu terlalu lama dan tidak diberikan penjelasan atau jawaban dari pertanyaan yang diberikan.

3. Perlihatkan dan cerminkan keceriaan, sopan dan hormat

Saat kamu melakukan interaksi dengan pelanggan tunjukkan keceriaan wajahmu dengan selalu senyum dan mendengarkan pesan dari pelanggan.

Berperilaku sopan juga sangat penting, ucapkan perkataan yang sesuai dengan keadaan pelanggan. Seperti santai dengan pelanggan usia muda, dan baku pada pelanggan yang lebih tua.

4. Muncul saat ingin membantu

Jangan mendorong staf untuk terus-menerus menanyakan pada pelanggan sehingga mengganggu kegiatan pelanggan seakan-akan pelanggan dikejar-kejar atau dibuntuti. Munculah saat pelanggan membutuhkan bantuan.

5. Aktif mendengarkan pelanggan

Tunjukkan bahwa kamu aktif mendengarkan pelanggan dengan melakukan kontak mata, mengangguk, atau bahkan menuliskan catatan. Ajukan pertanyaan yang menjelaskan kapan pelanggan selesai berbicara, jika perlu untuk mendapatkan rincian lebih lanjut yang akan memungkinkan kamu mengatasi masalah pelanggan. Jangan memutus pembicaraan pelanggan.

6. Mampu menawarkan saran yang tepat

Pelanggan sering memiliki pertanyaan yang tidak secara langsung mengenai produk atau layanan kamu namun terkait dengan mereka. Misalnya, pelanggan yang tertarik pada layananmu akan bertanya melalui chat, mungkin ingin tahu bagaimana cara bisa membelinya.. Jawaban yang kamu berikan (atau tidak mampu memberi) dapat menjadi pengaruh besar dalam membeli keputusan dan bagaimana perasaan pelanggan terhadap layanan pelanggan kamu.

7. Tutup interaksi dengan tepat

Tutup interaksi dengan dengan menanyakan, “Adakah hal lain yang dapat saya bantu?” . Jika pelanggan sudah menyampaikan tidak ada lagi maka bisa beri pesan yang indah diakhir seperti “ Jika tidak ada, maka saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa. Terimakasih atas kesediaan waktunya.” Jangan menutup interaksi tanpa pamit!

Nah itu dia 7 cara yang dapat kamu terapkan untuk memberikan pelayanan yang berkesan kepada pelangganmu agar menciptakan pelanggan yang loyalitas. Selamat Mencoba!

Jika anda memiliki kesulitan dalam membangun hubungan dengan pelangganmu dan ingin memaksimalkan bisnismu di dunia digital, maka SevenAds menjadi solusi tepat bagimu. Silahkan hubungi kami disini.

%d bloggers like this: