Keuntungan yang Anda bisa Dapatkan dari Digital Marketing | SevenAds

Akhir-akhir ini, dengan meningkatnya teknologi informasi dan penyebaran layanan internet broadband, kecepatan akses ke situs online menjadi sangat tinggi. Karena perubahan ini, perusahaan mau tidak mau harus masuk ke lingkungan digital. Dengan perkembangan teknologi informasi, metode pemasaran tradisional semakin ditinggalkan. Perusahaan yang sudah mengikuti perkembangan teknologi dapat dengan mudah berkomunikasi dengan konsumennya secara interaktif. Seperti dalam pemasaran tradisional, dalam digital marketing membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan, menentukan kebutuhan dan permintaan mereka tentu sangat penting. Perbedaannya adalah bisnis  yang menggunakan digital marketing menggunakan cara komunikasi dua arah, sehingga perusahaan lain yang tidak menggunakan digital marketing bisa jadi akan jauh tertinggal dari persaingan. Lalu apa lagi keuntungan yang bisa didapatkan jika suatu bisnis terjun ke digital marketing?

Salah satu keuntungan dari digital marketing adalah terkait dengan jangkauan yang akan didapatkan akan lebih luas. Hal itu tentu sangat berdampak baik terhadap perkembangan bisnis yang masih berkembang dan yang masih membutuhkan lebih banyak audiens pada mereknya. Melalui digital marketing juga, bisnis yang masih berkembang akan berpeluang untuk terlibat dalam kampanye pemasaran dalam skala nasional dan internasional yang bisa saja jika menggunakan cara pemasaran tradisional akan tidak terjangkau karena besarnya biaya yang dibutuhkan. Misalnya, pemasaran melalui email, situs web, hingga platform media sosial adalah beberapa cara yang terjangkau dan mudah untuk berkembang dan bersaing dalam bisnis.

Keuntungan lain dari digital marketing adalah menghilangkan semua batasan geografis dari proses jual beli. Internet akan memperluas  jangkauan global tanpa batas dengan biaya yang jauh lebih rendah. Dulu, bisnis yang memiliki jangkauan global adalah bisnis yang cukup besar (misalnya perusahaan multinasional) karena biaya yang dikeluarkan tidak cukup sedikit. Tetapi karena munculnya teknologi internet yang hemat biaya inilah telah memungkinkan bisnis kecil untuk menikmati jangkauan yang luas. Sehingga bisnis bisa melayani berbagai kelompok konsumen di seluruh dunia. Menarik bukan?

  Melalui digital marketing, pelanggan sekarang dapat memperoleh informasi yang cepat dan tepat. Bahkan konsumen dapat berbelanja online kapan saja siang atau malam yang mereka inginkan dan sukai. Jadi tidak ada batasan waktu dalam hal ini. Di era ini, orang-orang dapat mengunjungi pasar fisik setelah mencari berbagai informasi di internet atau sebaliknya mereka akan mendapat informasi tentang perbandingan harga setelah mengunjungi toko fisik. 

Selain itu, digital marketing juga mendukung proses jual beli online lebih nyaman karena tidak perlu keluar rumah, mengunjungi toko-toko yang berbeda bahkan mengeluarkan uang untuk membandingkan berbagai produk dan harga. Pembeli dapat berbelanja dengan lebih efektif dan nyaman dari rumah mereka.  

Faktanya, dibandingkan dengan cara periklanan tradisional yang sangat membutuhkan lebih banyak biaya, pemasaran online dengan digital marketing jelas lebih hemat biaya dan dapat dengan efektif tujuannya akan tercapai. Misalnya, biaya peluncuran iklan online jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Anda menempatkan iklan di majalah atau di papan iklan. Digital marketing akan memungkinkan bisnis untuk menghemat sumber daya mereka, merupakan suatu aspek yang sering dicari dalam bisnis karena kampanye tidak memerlukan investasi besar-besaran.

Digital marketing juga akan mempermudah pencarian informasi. Misalnya, jumlah klik yang diterima oleh bagian promosi tertentu dan jumlah lalu lintas situs web akan lebih mudah diukur. Dengan digital marketing, pemasar dapat mencari informasi dengan melacak pengunjung ke situs webnya dan memahami perilaku mereka. Digital marketing juga memungkinkan perusahaan untuk mengetahui apakah kampanye mereka berhasil atau tidak, atau pelanggan seperti apa yang tertarik dengan produk mereka? Anda juga bisa melacak jumlah orang yang melihat web atau halaman sosial media bisnis Anda, berapa lama orang melihat halaman bisnis Anda, dan sebagainya.

Personalisasi juga merupakan salah satu keuntungan dari penggunaan digital marketing. Misalnya Anda bisa melakukan pemasaran online dengan  cara mensegmentasikan audiens yang Anda inginkan. Personalisasi dalam pemasaran adalah menyesuaikan produk dan layanan dengan preferensi pelanggan berdasarkan riwayat pembelian online yang sudah terdaftar. Bahkan informasi terperinci tentang kebutuhan setiap pelanggan bisa diambil sejak awal berinteraksi dengan pelanggan, sehingga perusahaan dapat secara otomatis menyesuaikan produk dan layanan dengan kebutuhan individu tersebut. Dengan cara mengirim pesan yang dipersonalisasi untuk pelanggan akan menghasilkan dampak yang jauh lebih besar dibandingkan dengan pesan umum yang tidak dipersonalisasi. Selain itu, personalisasi akan berdampak pada hubungan dengan pelanggan, misalnya dengan membangun loyalitas. Jadi, personalisasi dan kustomisasi jelas dianggap sebagai keuntungan besar dari penggunaan digital marketing.

Digital marketing merupakan cara terbaik untuk memastikan kelangsungan hidup bisnis, bagaimana pertumbuhannya, dan sejauh mana pencapaian bisnis Anda. Dengan digital marketing, Anda tidak perlu traffic yang besar untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, cukup manfaatkan traffic yang tertarget saja. Menargetkan audiens yang tepat tentu akan memberikan hasil yang efektif untuk memastikan kelangsungan bisnis. Apakah Anda sudah mencobanya?

%d bloggers like this: