Benefits of Social Media Marketing | SevenAds

Apakah Anda sering melihat berbagai produk yang dijual atau branding bisnis di media sosial? Ya, itulah yang biasa dikenal sebagai sosial media marketing atau metode pemasaran dengan memanfaatkan media sosial. Social media marketing umumnya digunakan  untuk mempromosikan produk dan layanan suatu bisnis. Seperti yang kita ketahui, situs media sosial berguna untuk membangun jejaring sosial, bahkan juga untuk bertukar ide. Social media marketing biasanya menggunakan podcast, blog, video, foto, dan mengunggah konten di situs jejaring sosial untuk menjangkau audiens yang lebih banyak. 

Saat ini, social media marketing semakin penting dalam keputusan pembelian konsumen, terutama karena mereka juga sering melakukan metode pemasaran mulut ke mulut. Mereka bahkan lebih percaya media sosial daripada iklan sebagai sumber informasi. Untuk memanfaatkan media sosial secara efektif, Anda perlu memahami apa manfaat dan peran social media marketing saat ini.

Manfaat utama yang diperoleh oleh bisnis yang menerapkan social media marketing meningkatan kesadaran merek. Kesadaran merek terjadi ketika pelanggan menyadari suatu produk, layanan atau iklan melalui setidaknya satu dari lima indera mereka, baik mereka memperhatikannya atau tidak. Berkat platform media sosial, merek-merek baru dapat membangun dan menumbuhkan kesadaran. 

Sebuah bisnis juga dapat menggunakan social media marketing untuk membangun reputasi merek mereka dan meningkatkan popularitas merek yang bisa disebut manajemen reputasi online. Misalnya dengan mengatur halaman dan profil di media sosial akan memunculkan banyak peluang agar merek dapat dilihat dan dijangkau oleh pengguna media sosial. 

Selain itu, sebuah bisnis dapat menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Halaman di media sosial suatu merek dapat memberikan kesempatan untuk bisnis dalam menampilkan produk dan layanannya dengan cara yang lebih interaktif sehingga pengguna media sosial tertarik untuk melihat kontennya.

Dengan jutaan pengguna, media sosial memiliki target yang memiliki potensi  bagi bisnis yang akan mencoba memasarkan produk atau layanannya kepada pengguna media sosial. Sebenarnya, social media marketing telah menjadi cara yang sangat efektif untuk mengarahkan traffic tertarget ke situs web atau blog perusahaan. Search Engine Optimization (SEO) masih memainkan peran penting dalam traffic web, tetapi media sosial telah membuka banyak cara baru untuk menghasilkan traffic yang sangat tinggi. Faktanya, media sosial sekarang memberikan peluang besar bagi pemilik bisnis, karena media sosial memiliki jutaan pengguna dan membuat jangkauan tidak terbatas. 

Selain itu, internet dan media sosial telah mengubah cara riset pasar dan mengubah cara pemantauan pesaing. Karena data yang dimiliki media sosial, informasi tentang pengguna media sosial dan pesaing bisnis mudah diakses. Oleh karena itu, media sosial sangat memfasilitasi pengetahuan tentang pasar.

Media sosial memberikan kesempatan bagi suatu bisnis untuk memata-matai pesaingnya. Merek apapun dapat melihat dan membaca dengan cermat apa yang ada di media sosial pesaingnya. Ada banyak cara untuk menganalisis apa yang dilakukan pesaing. Pertama, periksa seberapa aktif para pesaing di media sosial mereka setiap hari, berapa banyak konten yang telah mereka buat, seberapa banyak mereka mengunggah konten, dan yang lebih penting, bagaimana pengikutnya berinteraksi dengan mereka. Memahami kegiatan pesaing akan memberikan wawasan tentang strategi mana yang akan cocok dan strategi mana yang tidak, dan dengan hal itu juga akan membantu mengarahkan pengambilan keputusan tanpa biaya dan risiko tinggi. Selain itu, dengan mengetahui bagaimana pandangan konsumen tentang suatu merek jika dibandingkan dengan pesaingnya yang menawarkan produk dan layanan serupa, akan membantu suatu bisnis untuk membuat dan memaksimalkan fitur yang lebih disukai pelanggan, sehingga suatu bisnis akan semakin berkembang.

Media sosial juga akan memfasilitasi dialog interaktif antara merek dengan calon konsumen atau konsumennya. Melalui media sosial juga, konsumen dapat memberikan feedback dan memberikan pendapat mereka. Hal itu dapat membina hubungan yang baik antara perusahaan dan pelanggannya. Misalnya di blog, halaman, dan profil perusahaan, pelanggan dapat memberikan feedback atas produk atau layanan yang diberikan. Mereka juga dapat mengungkapkan pikiran dan perasaan mereka yang sebenarnya tentang perusahaan dan produk serta layanannya. 

Hal itu dapat membantu merek untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan mereka. Melalui feedback yang diberikan konsumen itulah, pemasar dapat mengetahui apakah perusahaan telah memenuhi atau melampaui harapan pelanggannya atau belum. Interaksi pelanggan pada platform media sosial juga secara tidak langsung mengurangi biaya daripada menggunakan telepon atau email.

Social media marketing adalah cara promosi yang tidak memerlukan biaya yang tinggi. Jika sebuah bisnis telah mengetahui tentang target audiensnya di media sosial, mereka tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, investasi yang kecil sudah cukup untuk memulai strategi media sosialnya dan hasilnya juga tidak bisa dianggap remeh.

Dari beberapa manfaat yang ada pada social media marketing di atas, Anda tentu sudah bisa menarik kesimpulan bahwa, social media marketing adalah hal yang penting untuk beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi saat ini. Jadi, apa Anda siap mengeksekusinya?

%d bloggers like this: