Ketahui Alasan UX Bukan Hanya Untuk Konsumen! | SevenAds

User Experience atau pengalaman pengguna dapat diartikan sebagai perjalanan pengguna dalam menggunakan platform elektronik. Platform yang dimaksud pun bukan hanya web, namun juga aplikasi. UX sendiri bertujuan agar pengguna tidak kebingungan dalam menggunakan platform. Maka dari itu, nilai UX ditentukan dengan sejauh mana pengguna merasakan kepuasan dalam menggunakan website atau aplikasi.

Sumber gambar: crazyegg

Tim UX harus bisa merancang produk sehingga konsumen atau user merasa diajak “ngobrol” dan “dimengerti” oleh website atau aplikasi. Tapi, pengguna yang dimaksud itu tidak hanya sebatas konsumen lho! Hal ini dikarenakan stakeholder suatu bisnis yang memakai platform bukan hanya konsumen. Kira-kira UX dirancang untuk siapa saja ya?

1. Merchant

Merchant adalah istilah yang digunakan untuk pihak atau bisnis yang bekerjasama dengan bisnis kita. Misalnya, dalam perusahaan e-commerce atau ojek online, maka merchant yang dimaksud adalah restoran dan toko yang menggunakan aplikasi untuk menjual produk mereka. Dalam konten UX, merchant merupakan pihak yang menjadi “user”. Hal ini dikarenakan merchant juga perlu merasakan kepuasan dan petunjuk dalam mengakses website atau aplikasi. 

Sumber gambar: markey.id

2. Consumer

Kebingungan konsumen dalam menggunakan aplikasi atau website adalah masalah tim UX suatu perusahaan. Mengapa demikian? Bayangkan jika kita menggunakan aplikasi namun tidak mengerti penggunaannya…bisa-bisa kita bete dan justru gagal melakukan transaksi. Fatal sekali, bukan? Oleh karena itu, rancangan UX harus sedetail mungkin sehingga mudah dipahami dan memberi kepuasan kepada konsumen, supaya mereka nggak bete sampe kabur 🙂

Sumber gambar: ict-pulse

3. Mitra

Mitra adalah tiang perusahaan. Bayangkan saja, tanpa mitra, perusahaan hanyalah sumber daya yang terkurung dalam gedung. Oleh karena itu, bisnis harus bisa memikirkan kenyamanan dan kemudahan mitranya untuk memakai aplikasi atau website. Benang merahnya juga akan sampai ke merchant dan konsumen lho! Bayangkan saja kalau mitra kebingungan, bisa-bisa merchant dan consumer ikutan bingung dan mengganggu kebutuhan mereka.

Sumber gambar: CNBC Indonesia

Selain tiga pihak di atas, mungkin masih ada target UX yang lain. Hal ini disesuaikan dengan bisnis perusahaan dan pihak mana saja yang membutuhkan rancangan UX.

%d bloggers like this: