Kenapa Penting Menggunakan Influencer Marketing? | SevenAds

Kata “Influencer” sudah sangat dekat dengan kita yang kesehariannya menggunakan media sosial dan hidup di dunia modern saat ini. Influencer adalah sekelompok orang yang memiliki pengaruh dan mampu mengiring opini para pengikutnya.

Diketahui dari blog Forber,mengatakan 92% klien mempercayai influencer dibandingkan iklan atau endorsement selebriti tradisional.

Maka dari itu, strategi influencer marketing dianggap efektif untuk mempromosikan bisnis online melalui media sosial. Pemanfaatan influencer untuk mempromosikan sebuah produk juga semakin diminati oleh banyak pebisnis online.

Lalu, kenapa kamu  membutuhkan influencer marketing? Nahhh, mari kita simak hal-hal apa aja sih yang membuat kamu membutuhkan influencer marketing.

Pentingnya menggunakan Influencer Marketing

1. Meningkatkan Brand Awareness

Pernah mendengar word of mouth? Nahhh itu adalah salah satu strategi marketing yang paling efektif digunakan. Influencer merupakan salah satu bentuk word of mouth yang bukan hanya menumbuhkan kepercayaan follower mereka terhadap sebuah bisnis. Influencer juga akan membuat followernya mengetahui serta ingat dengan sebuah produk atau jasa yang dipromosikan seorang influencer.

Mereka akan lebih menyukai produk atau jasa yang digunakan oleh seorang influencer yang mereka idolakan. Jika kamu sedang membangun sebuah bisnis baru, influencer marketing bisa menjadi awal baru untuk meningkatkan brand awareness.

2. Mampu Mengait Banyak Pelanggan

Seorang influencer, mampu mencapai jumlah follower hingga 1.000.000 lebih. Sehingga ketika mereka mempromosikan produk atau jasa kamu, akan semakin banyak orang lain yang mengenal bisnis kamu.

Dengan banyaknya orang yang mengenal produk kamu, juga akan mempermudah kamu untuk mencapai lebih banyak calon pelanggan. Tentunya hal ini juga akan meningkatkan penjualan kamu.

3. Meningkatkan Follower

Mengingat banyaknya jumlah follower seorang influencer, maka tidak menutup kemungkinan untuk kamu mendapatkan lebih banyak follower. Bisa saja follower mereka juga menjadi follower pada akun media sosial bisnis kamu.

4. Menumbuhkan Brand Trust

Bukan hal mudah untuk menumbuhkan rasa kepercayaan klien terhadap sebuah bisnis online. Terlebih jika bisnis online tersebut hanya mempromosikan bisnisnya melalui media sosial.

Oleh karena itu, memanfaatkan influencer untuk mempromosikan produk atau jasa kamu merupakan strategi yang tepat untuk kamu lakukan. Influencer adalah mereka yang diidolakan oleh banyak orang (followernya). Mereka juga sangat dipercayai oleh followernya.

Sehingga ketika idolanya mempromosikan produk atau jasa kamu, maka mereka akan percaya dengan dengan bisnis kamu.

Tips-Tips Memilih Influencer yang Tepat:

Agar hasil influencer marketing kamu dapat berjalan dengan sukses, tentunya kamu juga harus memilih influencer yang tepat untuk mempromosikan bisnis kamu. Ada 4 tips memilih Influencer:

1. Lihat Jumlah Followers

Hal yang paling utama dalam memilih influencer yakni followernya. Banyaknya follower akan berpengaruh terhadap banyaknya calon klien yang melihat promosi produk atau jasa kamu.

Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya mengenai pengertian dan jenis-jenis influencer marketing, influencer dapat dibagi 3.

Mikro influencer yang memiliki follower antara 1000 hingga 100.000, kedua ada makro influenceryang memiliki follower 100.000 hingga 1.000.000, dan terakhir mega influencer dengan jumlah follower lebih dari 1.000.000.

Masing-masing influencer diatas memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.

2. Persentase Engagement

Engagement atau hubungan dari seorang influencer dengan followers juga perlu untuk diperhatikan. Semakin baik (dekat) hubungan seorang influencer dengan followernya, maka semakin banyak pula follower mereka yang ingin menggunakan produk yang mereka tawarkan.

Tentunya hal ini akan berdampak positif terhadap bisnis online kamu, kamu akan mendapatkan lebih banyak klien.

Untuk melihat hubungan seorang influencer dengan followernya, kamu dapat melihat perbandingan jumlah likes dan komen yang ada pada setiap postingan influencer.

Jika influencer memiliki followers lebih dari satu juta tetapi hanya mendapat likes kurang dari 100 atau komentarnya 5 saja, itu artinya persentase engagementnya kurang bagus.

3. Perhatikan Brand Image Influencer dan Brand Image Bisnismu

Tips ketiga untuk memilih influencer yang tepat adalah relevansi atau keterkaitan brand. Kamu harus menggunakan seorang influencer yang sudah terbiasa mempromosikan bisnis yang sama dengan bisnis kamu.

Dengan menggunakan influencer yang relevan dengan brand kamu, maka influencer marketing yang kamu lakukan dapat berjalan dengan baik, selain itu juga akan mempermudah influencer tersebut membuat konten-konten yang menarik.

Misalnya bisnis kamu bergerak di bidang kosmetik, sehingga kamu harus mencari influencer yang sudah terbiasa mempromosikan berbagai jenis kosmetik.

Untuk mengetahui seorang influencer memiliki relevansi dengan brand kamu, kamu bisa melihat postingan seorang influencer mengenai produk atau jasa yang pernah dipromosikannya sebelumnya.

4. Akun Media Sosial yang Dimiliki

Selanjutnya, perhatikan akun media sosial yang digunakan oleh seorang influencer marketing. Ada yang menggunakan Instagram, ada yang menggunakan instagram dan facebook, dan ada yang menggunakan facebook saja.

Maka carilah influencer yang memiliki pengaruh di banyak media sosial yang kamu gunakan. Misalnya kamu menggunakan instagram sebagai media promosi bisnis kamu, maka kamu juga harus menggunakan influencer yang aktif di media sosial instagram.

Nah itu dia, alasan mengapa pentingnya menggunakan influencer marketing dalam strategi branding-mu untuk memaksimalkan bisnismu. Jika ada pertanyaan seputar artikel diatas dan mengenai influencer marketing ataupun ingin memulai menggunakan strategi marketing jenis ini, silahkan hubungi kami disini.

Selamat mencoba~

%d bloggers like this: