Kenali Perbedaan UI dan UX | SevenAds

UI dan UX merupakan istilah-istilah yang rasanya masih cukup asing didengar orang. Biasanya, orang tidak tahu bahwa yang mereka sering lihat saat scrolling website atau aplikasi adalah bagian dari UI dan UX. Lantas apa sebenarnya UI dan UX itu? Mari kita bahas satu per satu.

Ketika kamu hendak berbelanja online di sebuah aplikasi atau website, maka hal pertama yang kamu lihat adalah tampilan beranda aplikasi atau website tersebut. Tampilan itulah yang dinamakan User Interface atau biasa disingkat dengan UI. 

Desain UI adalah desain antar muka pada sebuah website atau aplikasi yang menitikberatkan pada tampilan estetika website atau aplikasi. Mulai dari tata letak grafis, hingga tampilan fitur-fitur teks, gambar, serta layout transisi dan bentuk animasi pada website dan aplikasi. 

Dalam pengerjaan desain User Interface (UI) fokus kepada menciptakan emosional antar pengguna melalui desain yang dirancang oleh desainer dalam sebuah website atau aplikasi. Untuk itu seorang desainer harus memiliki sense dalam menerapkan layout, logo, serta penggunaan warna yang selaras.

Berlainan dengan desain UI, desain UX adalah hasil atau feedback dari user atas tingkat kepuasan mereka pada sebuah website atau aplikasi. Pencapaian ini dilihat dari kegemaran atau seberapa suka pengguna menggunakan aplikasi atau mengakses website. Bisa dikatakan interaksi antar pengguna dengan desainer UX pada sebuah produk.

Desain UX adalah proses mendesain secara digital maupun physical untuk sebuah produk agar mudah digunakan dan menyenangkan untuk berinteraksi serta mengingkatkan pengalaman orang-orang saat berinteraksi dengan produk dan memastikan para pengguna menemukan nilai dalam sebuah produk itu.

Berikut adalah tips-tips Desain UI/UX yang dapat memiliki daya tarik dan nilai jual:

1. Posisikan dirimu sebagai audiens

Jika kamu menjadi audiens, kira-kira kamu senang nggak dengan UI/ UX yang kamu buat? Pertimbangan ini penting agar kamu dapat memahami preferensi audiens dalam mengakses website.

2. Ciptakan fitur dan konten yang mudah diakses

Jangan membuat audiens bingung dengan fitur dan konten yang rumit dijangkau agar mereka dapat mempelajari fitur dan produk mu dengan mudah.

3. Kuasai tipografi dan pemilihan kata

Penting bagi seorang UI/ UX Desainer untuk menguasai tipografi dan pemilihan kata agar dapat memilah penempatan dan pemilihan kata yang ringkas serta mudah dimengerti.

4. Simpel dan efektivitas adalah kunci

Desain yang simpel dengan pemilihan ikon dan warna yang menarik, akan efektif untuk website mu agar mudah diingat oleh audiens mu.

Jadi, sudah tahu kan perbedaan UI dan UX? Jangan sampai tertukar dan out of context ya dalam membuat Desain UI/UX. Poin penting yang harus diingat adalah UI lebih menekankan pada tampilan dan estetika website atau aplikasi, sedangkan UX adalah membuat desain yang ditujukan untuk membuat pelanggan nyaman saat berinteraksi dalam website atau aplikasi. Jangan buat desain yang berlebihan karena akan membuat pengguna bingung. Because Less is more. Selamat mencoba!

%d bloggers like this: