Perbedaan SEO dan SEM | SevenAds

Pernahkah kamu mendengar istilah SEO dan SEM? SEO atau Search Engine Optimization dan SEM atau Search Engine Marketing masih sering membingungkan banyak orang dan tak urung banyak yang menganggap kedua hal tersebut hal yang sama.

Secara target, kedua hal ini memang memiliki kesamaan, namun secara keseluruhan cara kerja kedua hal ini cukup berbeda. SEO

SEO bekerja dengan cara meningkatkan pengunjung situs dengan cara menempatkan situs di pencarian tertinggi. SEM dianggap pemasaran melalui internet yang meningkatkan keterlihatan situs melalui mesin pencarian dan iklan. SEM dan SEO sama – sama merupakan taktik marketing pencarian.

SEO sendiri merupakan bagian dari SEM.

Hal – hal yang termasuk ke dalam SEO:

  • Optimalisasi kecepatan loading halaman website mu
  • Mudahnya pengintegrasian berbagi media sosial dengan kontenmu
  • Format URL/halaman page yang lebih rapi
  • Masuknya target kata kunci secara alami melalui judul, heading tag, meta description, dan masih banyak lagi.

Hal – hal yang termasuk ke dalam SEM:

Selain adanya optimalisasi ke mesin pencarian, SEM juga menyediakan penggunaan pencarian yang berbayar seperti pay per click dan iklan langsung seperti Google Ads.

Pada intinya, SEO sendiri membantu meningkatkan jumlah pengunjung situsmu dengan menempatkan situsmu di halaman pencarian pertama. Sedangkan, SEM memiliki jangkauan yang lebih besar dan SEM sendiri dalam beberapa hal mencakup dalam SEO.

Mana yang lebih baik? Tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk di antara kedua ini. Semua ini kembali lagi pada kebutuhan para pengguna. Antara SEO dan SEM memiliki kekurangan maupun kelebihan masing – masing.

Tertarik untuk menggunakan teknik SEO untuk website mu? Tak perlu ragu lagi. SevenAds Indonesia hadir untuk membantu meningkatkan bisnismu. Dengan spesialisasi bidang digital marketing, kembangkan kredibilitas website mu. 

%d bloggers like this: