Kenali Perbedaan Branding dan Marketing | SevenAds

Pastinya kalian pernah mendengar istilah: “Marketing itu taktik, Branding itu strategi” kan? Apakah kalian sudah mengenal perbedaan antara marketing dan branding? Yuk mari kita ulas perbedaan antara kedua makna tersebut!.

Marketing dan branding memang selalu erat kaitannya dalam memasarkan suatu produk atau usaha.

Menurut Philip Kotler, Branding adalah nama, istilah, tanda, simbol atau rancangan atau kombinasi dari semuanya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk mendiferensiasikannya “membedakan” dari barang atau jasa pesaing.

Nahhh, sedangkan Marketing menurut-nya adalah suatu kegiatan sosial dan sebuah pengaturan yang dikerjakan oleh individu atau sekelompok supaya mendapatkan apa yang diinginkan dengan membuat suatu produk lalu menukarnya dengan nominal tertentu kepada pihak lain.

Pengertian di atas bisa dikatakan akan selalu berkaitan karena branding membutuhkan marketing. Tetapi belum tentu sebaliknya karena melakukan marketing belum tentu membutuhkan branding

Branding membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan marketing. Branding sendiri merupakan proses komunikasi dari sebuah brand.

Melakukan konsistensi marketing adalah sebuah branding strategy yang harus dilakukan oleh Anda. Dengan begitu marketing strategy untuk mendapatkan respontioning seperti target  pasar, konsumen, dsb bisa Anda dapatkan.

Perbedaan paling menonjol antara branding dan marketing adalah tenggang waktu yang dilakukan. Jika dengan marketing cara yang dilakukan bisa cepat namun tidak dengan branding, butuh waktu yang lama untuk membangun sebuah brand. Dengan begitu brand bukanlah hanya sekedar logo, karena brand adalah wajah dari suatu perusahaan. Jadi brand sangatlah penting untuk usaha Anda.

Membangun branding tidaklah mudah butuh waktu dan proses yang panjang untuk membuat brand bertahan dan dikenal oleh banyak orang. Untuk itu menggunakan jasa konsultan branding sangatlah dibutuhkan sebagai guide Anda untuk meraih branding tersebut.

Lebih lengkap dan jelasnya dapat anda lihat pada gambar dibawah ini:

Berikut ini adalah perbedaan dari branding dan marketing

  1. Branding adalah jangka panjang, sedangkan Marketing adalah jangka pendek
  2. Branding merupakan cara/taktik yang menarik untuk meraih konsumen, sedangkan Marketing melengkapi dengan cara push
  3. Branding adalah siapa Anda, sedangkan Marketing adalah apa yang Anda lakukan
  4. Branding membangun kesetian, sedangkan Marketing menghasilkan respon
  5. Branding menarik emosi, sedangkan Marketing menarik alasan

Kesimpulannya, Walaupun branding dan marketing berkaitan erat namum dua makna tersebut memiliki perannya masing-masing. Tidak bisa dipungkiri bahwa branding dan marketing memang saling berhubungan untuk itu karena saling berhubungannya banyak yang salah mengartikannya jika keduanya memang memiliki pengertian yang sama.

Coba untuk menerapkan beberapa strategi dibawah untuk dapat menguasai pasar yang anda tuju dan membantu memaksimalkan bisnis anda:

  1. Mengenal Target Konsumen Anda
  2. Mengetahui dan Analisis kompetitor Anda
  3. Melakukan promosi melalui sosial media
  4. Mempelajari digital marketing
  5. Evaluasi taktik dan strategi

Bingung bagaimana memulai bisnis dari offline ke online? ingin terjun ke dunia digital marketing? Yuk mulai dari sekarang! Kami dapat membantu anda memaksimalkan bisnis anda di dunia digital, Hubungi kami disini untuk info lebih lanjut.

%d bloggers like this: