Kenali Pentingnya Manajemen Krisis dalam Bisnis! | SevenAds

Sebuah perusahaan tentunya memiliki rencana perjalanan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Tapi, tidak semuanya dapat berjalan sesuai rencana. Oleh karena itu, kita harus mengidentifikasi kemungkinan gangguan yang dapat mengganggu alur rencana yang telah kita buat sebelumnya. Artinya, kita harus punya ‘rencana baru’ untuk menanggulangi gangguan, di luar rencana yang ‘berjalan mulus dan normal’. 

Sumber gambar: b2press

Gangguan yang dimaksud adalah krisis. Sebenarnya, keadaan krisis dapat diperkirakan sebelum kondisi itu terjadi. Krisis juga disertai dengan perubahan. Dimana ada krisis, di sana pasti terjadi perubahan yang harus dihadapi, baik itu kecil maupun besar. Tapi, tidak semua perusahaan mendahulukan manajemen krisis. Jangan sampai perusahaan kamu salah satunya ya! Yuk, kita simak alasannya.

1. Siap Menghadapi Gangguan

Tidak ada yang suka dengan gangguan atau rencana melenceng dalam hal apapun. Tapi, bukan berarti kita tidak bisa siap menghadapi gangguan tersebut, lho! Kesiapan dalam menghadapi gangguan akan membuat kita lebih tenang dan dapat berpikiran jernih untuk memikirkan langkah-langkah selanjutnya.

Sumber gambar: Dynamic Movers NYC

2. Punya SOP yang jelas

Standard Operating Procedure adalah rincian tindakan dan langkah-langkah yang harus dilakukan. Misalnya, jika terjadi pencurian atau kebakaran, langkah apa yang harus dilakukan pertama? Siapa pihak yang harus dihubungi? Semua akan lebih jelas terjawab apabila setiap perusahaan memiliki prosedur yang jelas.

Sumber gambar: Koinworks

3. Evaluasi

Apabila suatu perusahaan memiliki manajemen krisis yang baik, maka akan lebih terarah dan jelas dalam melakukan evaluasi. Evaluasi itu dapat berkaitan dengan langkah-langkah yang dilakukan saat menghadapi krisis atau kejadian sebelum dan setelahnya. Dengan begitu, kedepannya perusahaan dapat lebih siap dalam menghadapi berbagai peristiwa.

Sumber gambar: ngelmu.co

4. Sigap Beradaptasi

Seperti yang telah disampaikan di atas, krisis beriringan dengan perubahan. Oleh karena itu, kesiapan untuk melakukan perubahan merupakan keuntungan yang dapat dirasakan apabila suatu perusahaan memiliki manajemen krisis yang baik.

Sumber gambar: weadapt.org
%d bloggers like this: