Kembangkan Bisnismu Dengan 9 Tips Digital Marketing Ini | SevenAds

Di era digital sekarang yang semakin berkembang, digital marketing atau pemasaran digital dianggap memegang peranan yang penting khususnya dalam perkembangan bisnis atau usaha. 

Teknik – teknik pemasaran konvensional yang sudah lama dilakukan seperti word-of-mouth atau pemasaran langsung kepada pembeli masih tetap berfungsi dengan baik. Namun, kehadiran digital marketing khususnya melalui media sosial saat ini lebih mudah mendapatkan perhatian dari calon pembeli karena kemudahan dan kecepatan penyebaran informasi bagi bisnis mereka. 

Berikut 9 tips digital marketing yang dapat kamu lakukan untuk mengembangkan bisnismu:

  1. Konten yang menarik

Konten – konten yang dapat berupa artikel atau informasi dalam website bisnismu dapat membantu menunjang khususnya dalam SEO (Search Engine Optimization). Konten dapat berupa informasi mengenai bisnismu yang dikemas dengan menarik atau informasi yang berguna bagi orang – orang. Pastikan konten yang dibuat sesuai dengan target bisnismu. 

2. Lakukan riset kata kunci

Lakukan secara berkala riset kata kunci yang berhubungan dengan bisnismu yang ramai dicari orang – orang. Dengan itu, kamu bisa memasukkan kata kunci tersebut dalam konten – kontenmu. 

3. Manfaatkan media sosial 

Selain website, kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain – lain agar bisnismu semakin dikenal dan mudah dicari. Namun, pastikan  media sosial tersebut aktif selalu, ya. 

4. Selalu pantau perkembangan kompetitor

Memantau perkembangan kompetitor memang merupakan hal yang sangat penting dalam mengembangkan bisnismu. Dengan itu, kamu tidak akan tertinggal dan dapat menemukan ide maupun inovasi terbaru secara berkala sehingga bisnismu tidak akan tertinggal jauh. 

5. Buatlah infografik

Selain konten – konten berupa artikel, kamu juga bisa memadukannya dengan membuat infografik – infografik menarik. Infografik dianggap lebih mudah dipahami dan mudah disebarkan.

6. Respon terhadap komentar maupun review

Komentar maupun review dapat bersifat negatif dan positif. Apabila negatif, jadikan hal tersebut sebagai perbaikan dalam bisnismu dan berikan tanggapan yang membantu. Apabila positif, selalu tanggapi dengan berterima kasih atau berikan hadiah sebagai ucapan terima kasih. Dengan melakukan hal – hal tersebut, customer akan merasa dihargai.

7. Gunakan fasilitas livechat

Dengan memanfaatkan fitur livechat  dalam website bisnismu, customers akan lebih dimudahkan apabila ada pertanyaan – pertanyaan maupun komplain terkait bisnismu. Hal ini tentu akan mempercepat dan lebih membantu. Pastikan livechat mu selalu dipantau dan responsif.

8. Buat Press Release

Press Release merupakan informasi dalam bentuk berita maupun kegiatan – kegiatan mengenai bisnismu. Selalu update berita maupun kegiatan bisnismu seperti kegiatan gathering, CSR¸dan masih banyak lagi agar bisnismu terlihat aktif. 

9. Gunakan Google Analytics

Manfaatkan fitur Google Analytics agar kamu bisa terus memantau perkembangan bisnismu dengan melihat mana hal yang bekerja dan mana yang tidak. 

Beberapa tips digital marketing di atas dapat kamu terapkan di bisnismu. Namun, saat ini banyak dari para pebisnis tidak memiliki waktu untuk mengurus hal – hal di atas. Untuk itu, Seven Ads Indonesia hadir untuk membantu persoalan digital marketing mulai dari influencer marketing, social media management, digital marketing, hingga branding. Dengan Seven Ads Indonesia kamu bisa menghemat waktu tanpa harus mengurus digital marketing bisnismu dan menjadi lebih produktif. 

%d bloggers like this: