Kehabisan Ide Untuk Konten Instagram? Yuk Simak! | SevenAds

Pernah ga kalian merasa jenis post yang kalian share di Instagram sepertinya itu-itu saja dan merasa kurang inovasi serta sama sekali tidak unik, tidak kekinian, tidak beda dengan competitor?

Gausah galau, mari kita ulas bersama ide-ide apa saja yang dapat kamu pakai untuk post Instagram bisnis kamu!

1. Konten Engagement

Konten ini lah yang terbaik untuk mengajak audiens untuk berinteraksi pada akun media sosial mu yang nantinya tentu akan menaikan traffic pada akun social media mu.

Konten Engagement yang dapat kamu terapkan yaitu seperti mengadakan giveaway, games, kuis tebak-tebakan, pertanyaan, dan teka teki yang menarik perhatian audiens untuk mengkomentari ataupun menyukai post anda.

Jenis konten ini dinilai efektif untuk menaikan brand awareness dan engagement dari audiens, karena memang pada nyatanya sosial media adalah media untuk berinteraksi antar dua atau lebih orang.

2. Quotes / Kata Bijak, atau konten dalam bentuk teks lainnya.

Tipe konten seperti ini adalah cara yang simple dan efektif untuk meningkatkan engagement di Instagram.

Mungkin saja salah satu followers kamu sedang down, quotes kamu bisa  membangkitkan semangatnya. Karena itu pilih quotes yang menumbuhkan ide dan penuh optimisme.

Contoh ide untuk konten dalam bentuk teks:

  1. Quotes dari tokoh terkenal dan berpengaruh untuk para follower kamu
  2. Quotes dari para ahli dan pemimpin di industri kamu
  3. Review positif dari salah satu konsumen kamu
  4. Informasi Event atau pengumuman
  5. Informasi tentang Sale dan promosi
  6. Informasi berguna lainnya seperti resep, panduan.
  7. Statistik dan fakta positif seputar industry kamu.

3. Kegiatan di Belakang Layar (Behind-the-scenes)

Salah satu strategi jitu untuk meningkatkan image brand kamu  adalah cerita tentang kegiatan di belakang layar (behind the scene).

Tunjukkan momen-momen unik bagaimana team kamu menjalankan bisnis di belakang layar.  Nahhh, konten tipe ini juga mencuatkan sisi kemanusiaan dan memanusiakan bisnis kamu. Karena kamu tampilkan orang-orang yang berperan di belakang layar bisnis kamu.

Dengan post jenis ini, diharapkan para pengunjung account Instagrammu juga dapat merasakan hubungan yang lebih personal dengan brand kamu.Beberapa contoh ide untuk post behind-the-scenes:

  1. Profil pegawai, termasuk para direktur dan CEO
  2. Tour tempat bekerja, kantor, atau ‘dapur’ dari bisnis kamu
  3. Foto candid para staff atau team sedang berkerja keras
  4. Foto dan video dari event yang diadakan oleh, atau yang melibatkan bisnis kamu

4. Foto Produk yang menarik

Produk bisnis yang kamu tawarkan jangan sampai lupa kamu tampilkan. Apakah hal itu mungkin terjadi? Mungkin saja.

Ada beberapa bisnis  yang suka post terlalu banyak konten bertema lifestyle, tetapi malah lupa menunjukkan jasa atau produk  yang mereka jual. Kalau begini jelas pesan promosi produk yang dijual tidak tersampaikan.

Tapi ingat, jangan terlalu sering post konten yang bersifat promosi atau berusaha menggiring  orang untuk tertarik membeli produk kamu. Ini untuk menghindari pengunjung account Instagram kamu menjadi bosan.

Kamu bisa memberikan tips-tips atau trick sembari melakukan soft selling untuk menaikan awareness tentang produk dan brand kamu.

Jadwalkan promosi hanya satu atau dua kali per minggu. Bisa juga lebih tergantung  jumlah post yang kamu lakukan setiap minggunya.

5. Konten dari users (User-generated-content).

Orang pasti senang ketika mendapat perhatian, terlebih jadi fokus perhatian. Termasuk customer atau follower kamu.

Bila kamu post foto customer atau follower kamu, mereka merasa ada komunikasi dua arah antara kamu dan follower kamu. Mereka merasa menjadi bagian dari kegiatan bisnis kamu, keberadaan mereka ternyata sesuatu untuk kamu.

Persepsi ini bisa meningkatkan aktivitas follower kamu di instragram kamu, karena ada perhatian dari kamu. Ini lah salah satu tehnik untuk memberikan apresiasi ke customer atau follower. Dengan cara ini kamu juga mendapat konten baru untuk Instagram kamu. Sekali dayung, dua tujuan tercapai.

Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan aplikasi Regram atau Repost for Instagram.Di bawah ini adalah beberapa cara untuk mendapatkan UGC.

  1. Gunakan merek/brand kamu ke  sebuah hashtag, sehingga siapa saja dapat menggunakannya ketika mau mengirim foto ke Instagram kamu
  2. Cek secara rutin foto-foto dimana merek kamu di-tagged
  3. Menjalankan kontes foto di Instagram
  4. Undang followers kamu untuk mengirim foto

Tantangan yang tidak ada habisnya bagi sosial media admin adalah menemukan konten atau materi  fresh, kekinian dan unik untuk di post di Instagram.

Semoga ide-ide di atas dapat membantu kamu mendapatkan inspirasi, memancing kreatifitas kamu, dan menambah warna di Instagram kamu.

Apa bila bisnis kamu memerlukan bantuan untuk menemukan konten, membuat konten, siap untuk inovasi yang baru, dan menaikan brand awareness. Kamu dapat menghubungi kami disini.

%d bloggers like this: