Jenis Kerjasama yang Dapat Dilakukan dengan Influencer | SevenAds

Apa saja kira-kira jenis kerjasama yang dapat kita lakukan dengan influencer? Ingatlah bahwa setiap influencer berbeda, menggunakan platform yang berbeda, dan terlibat dengan audiens mereka melalui format yang berbeda, jadi tanyakan kepada influencer yang Anda inginkan untuk melihat apakah kerjasama influencer yang Anda cari adalah sesuatu yang mereka lakukan.

1. Shoutout

Shoutout akan dilakukan ketika Anda membayar influencer untuk mempromosikan merek atau produk Anda di media sosial. Mereka dapat dengan atau tanpa video seperti visual, gambar, atau GIF dan dapat digunakan untuk ajakan membeli atau hardselling (biasanya lebih banyak penjualan, lebih banyak pengikut untuk merek Anda, atau lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda). Shoutouts berbayar adalah taktik pemasaran influencer klasik.

2. Giveaway

instagram.com/titantyra

Giveaway adalah taktik pemasaran influencer populer lainnya. Jenis ini jangka pendek, biasanya menghasilkan banyak minat, dan memberikan nilai bagi Anda sebagai merek dan pemberi pengaruh. Giveaway terjadi ketika suatu merek memberikan suatu kerjasama dalam bentuk barang ataupun materi yang bernilai kepada influencer yang kemudian dapat ditawarkan influencer kepada pengikut mereka melalui giveaway atau kontes. Hasilnya biasanya peningkatan brand awareness.

3. Platform Takeovers

Takeover paling populer di TikTok, Instagram, dan Snapchat. Inilah saat merek memberi influencer akses ke saluran media sosial pilihan mereka. Influencer kemudian dapat menyusun konten untuk merek dan mengajak pengikut mereka sendiri ke akun brand sehingga mereka tidak ketinggalan apa yang biasanya dicap sebagai konten “eksklusif”.

4. Affiliate Marketing

Pemasaran afiliasi telah ada sejak lama, bukan? Ini berfungsi seperti yang Anda harapkan untuk pemasaran influencer: influencer mempromosikan produk brand dan mendapat komisi berdasarkan penjualan melalui platform influencer. Ini agak condong menguntungkan merek karena influencer hanya dibayar untuk penjualan aktual. Merek-merek seperti menggunakan influencer untuk pemasaran afiliasi karena membayar terkait dengan produksi seperti ini cenderung membuat influencer lebih efektif bagi produk Anda.

5. Sponsored Content

Konten bersponsor adalah kerjasama yang memberikan pengaruh yang dapat Anda manfaatkan apakah merek Anda memiliki banyak konten yang siap dibagikan. Anda dapat membuat konten untuk influencer untuk dibagikan atau melibatkan mereka untuk membuat dan memposting konten untuk merek Anda. 

6. Brand Ambassador

Anda dapat meminta influencer pilihan Anda untuk menyetujui potongan harga untuk kesepakatan yang lebih lama. Namun, jika Anda mencari ambasador, Anda pasti mencari pengaturan jangka panjang. Ambassador ini nantinya akan menjadi face of the brand dari merek anda, sehingga ketika orang melihat influencer tersebut maka akan segera dikaitkan dengan brand anda.

Itu dia 6 bentuk kerjasama yang dapat Anda lakukan bersama influencer yang sesuai dengan brand image anda. Ingin bekerjasama dengan influencer yang tepat? Silahkan konsultasikan bersama kami disini.

%d bloggers like this: