Jangan Lakukan Kesalahan-Kesalahan ini Kalau Kamu Mau Bisnis-mu Maju! | SevenAds

Dengan teknologi yang makin canggih, kini tiap orang bisa ngejalanin bisnis tanpa modal besar. Siapapun bisa punya bisnis online yang sukses dengan modal smartphone dan internet. Gak heran, selain karena modal minim, bisnis online makin dilirik karena ngejanjiin keuntungan yang bisa dibilang ga sedikit.

Semakin luasnya media promosi dan mudahnya mengakses media digital juga menjadi salah satu sarana yang tepat untuk mempromosikan bisnis online, salah satunya dengan paid promote, endorse ataupun aktivitas promosi lainnya.

Walaupun begitu, banyak juga pelaku bisnis online yang kapok karena gagal jalanin jenis usaha ini. Meskipun udah aktif promosiin bisnis online, dagangan tetep susah laku. Coba nilai bisnis online mu, apakah sudah cukup baik atau tidak?

Nah pada kesempatan ini, yuk kita bahas kesalahan-kesalahan yang harus kamu hindari agar bisnis onlinemu tetap menjual!

1. Online shop harus menarik dan menjual

Ketika calon konsumen berkunjung ke sebuah toko buat beli barang, tampilan toko tersebut pasti jadi hal pertama yang dilihat. Begitu juga dengan calon pembeli yang ngeliat tampilan toko onlinemu.

Hindari tampilan yang rumit dan pastikan hasil foto yang kamu upload memiliki kualitas yang bagus dan enak dilihat. Cek juga apakah situs kamu gampang digunakan dan produk di dalamnya selalu up-to-date dan disertai deskripsi lengkap produk yang dijual.

Gak cuma itu, domain toko onlinemu juga harus profesional. Apalagi kalau toko online kamu punya domain pribadi. Soalnya saat ini, banyak toko online dengan modus penipuan di luar sana yang pake nama situs kacangan. Gak ada salahnya buat beli domain berbayar supaya konsumen ngerasa toko online professional dan terpercaya.  

2. Jarang berkomunikasi dengan customer

Dalam berbisnis, baik offline maupun online, komunikasi jadi hal yang penting saat bertransaksi. Apalagi buat bisnis online, pembeli gak bisa ngeliat wujud asli barang sebelum membelinya, jadi gak heran kalau komunikasi antara penjual dan calon pembeli jadi salah satu hal krusial.

Kalau kamu cuek ngebales pertanyaan yang ditanya calon pembeli, mereka bisa tersinggung dan mengurungkan niatnya. Kalau kamu emang sibuk ngurus hal lain di luar melayani pelanggan, coba pekerjakan satu orang buat ngerjain hal ini.

Kamu harus memberikan pelayanan yang terbaik dengan membalas chat dengan ramah dan sesekali berinteraksi dengan customer melalui media sosial, dan jangan lupa mengajak customer untuk ikut serta dalam penyempurnaan brand-mu.

3. Gunakan Strategi Marketing yang tepat

Hampir semua toko online punya media sosial buat jadi alat promosi. Semua promosi di media sosial tentu bertujuan supaya barang yang dijual lebih cepat dibeli oleh calon pelanggan.

Salah satu cara yang banyak dilakuin oleh pelaku bisnis online adalah mengunci Instagram. Mungkin sebagian penjual ngira cara ini bisa menggaet calon pelanggan baru. Padahal saat ngunjungin media sosial toko onlinemu, calon konsumen berharap bisa nemuin produk yang mereka suka. Kalau kamu mengunci akun, yang ada justru mereka mengurungkan niatnya buat beli.

Begitu juga dengan foto produk. Berbeda dengan bisnis offline yang punya etalase tokonya sendiri, toko online lebih mengandalkan foto produk yang nantinya bakal ditampilin di situs atau media sosial mereka.

Penting hukumnya buat menyajikan foto produk terbaik, karena foto produk yang baik bisa mempersuasi calon konsumen buat melakukan pembelian. Jangan sampai majang foto produk yang diambil dari internet, apalagi kalau kamu sembarangan mengambil gambar tanpa mencantumkan sumber.

4. Jangan menjanjikan sesuatu yang tidak nyata

Gak jarang pelaku bisnis online yang nulis deskripsi produk mereka secara berlebihan. Mungkin niat awalnya emang baik, yaitu supaya calon pelanggan terkesan dengan produk yang dijual. Tapi bikin deskripsi yang berlebihan justru bisa jadi bumerang buat kamu.

Kalau barang yang dijual emang berkualitas, pelanggan bakal dengan senang hati ngasih ulasan produk yang bagus. Di samping bikin deskripsi produk yang sewajarnya, pastiin kamu juga ngasih informasi produk yang detail, seperti ukuran, warna, bahan.

Vector illustration, can be used in any design

Nah, itu dia kesalahan yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis online dan bikin penjualan mereka gak sesuai ekspektasi. Untuk itu, coba hindari kesalahan-kesalahan tersebut dan mulailah bangun reputasi yang baik untuk online shop-mu.

Jika kamu merasa kesulitan dalam memasarkan atau membuat strategi marketing yang efisien, silahkan hubungi kami disini. Kami akan senang hati membantu dan berkontribusi dalam membangun bisnis Anda.

%d bloggers like this: