Jadi Platform Musik Peringkat Pertama, Ini Dia Kisi-Kisi Sukses Spotify! | SevenAds

Siapa yang tak kenal dengan Spotify? Platform musik yang kini tengah digunakan hampir seluruh lapisan masyarakat. Platform musik yang telah ada sejak 2008 ini memiliki kenaikan pengguna di tiap tahunnya.

Melansir dari YouTube Tech in Asia, Spotify berhasil meraup rekor 100 juta pelanggan dengan akun premium dan 217 pelanggan non premium pada tahun 2019 lalu. Hal tersebut membuat Spotify menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi streaming.  

Dari kesuksesannya itu, membuat platform musik asal Swedia itu kini semakin dikenal. Bahkan, menjadi ‘primadona’ di ranah aplikasi musik. Nah, kira-kira apa sih kunci kesuksesan Spotify? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Rebranding Logo

Siapa yang tahu kalau Spotify ternyata sudah beberapa kali ‘merombak’ logonya? Nah, ternyata Spotify telah melakukan rebranding terhadap logonya sebanyak tiga kali. Rebranding logo pertama kali dilakukan pada tahun 2008 – 2013, selanjutnya 2013 – 2015, dan yang terakhir 2015 – sekarang. 

Melakukan rebranding logo merupakan hal yang perlu dilakukan apabila logo yang digunakan sudah terkesan ‘usang’ ataupun kurang menggambarkan makna dari sebuah brand. 

Baca juga: Ungkap Kekuatan Dibalik Copywriting “BESOK HARGA NAIK!”

Pintar Membaca Audiens

Siapa yang masih ingat dengan Spotify Wrapped 2020? Spotify Wrapped merupakan kumpulan lagu yang paling sering didengar oleh pengguna Spotify. Fitur yang satu ini membuat Spotify berbeda dari platform musik lainnya karena dianggap dapat ‘melayani’ penggunanya dengan baik. 

Baca juga: Viral Marketing ala Gojek, Efektif Gak Sih?

Tampilan Aplikasi yang Sederhana 

Spotify memiliki desain UI/UX yang dinilai cukup sederhana sehingga tidak mengganggu pengguna dalam segi visual. Selain itu, iklan yang muncul layar Spotify dapat segera ditutup. 

Beberapa hal di atas merupakan kunci sukses menjadi platform musik yang menduduki peringkat pertama di dunia. Kira-kira sebelum menggunakan Spotify, kamu paling sering mendengarkan lagu di mana?

%d bloggers like this: