ISTILAH DALAM DIGITAL ADVERTISING YANG WAJIB BANGET KAMU PAHAMI! | SevenAds

Jika Kamu berurusan dengan pekerjaan digital setiap hari, Kamu mungkin sudah familiar dengan beberapa istilah umum, terutama yang digunakan untuk menampilkan pengukuran dalam marketing. Meski sudah menjadi jargon yang sering didengar setiap hari, namun ada sedikit orang yang mungkin belum terlalu paham dengan istilah yang biasa digunakan di industri periklanan digital.

Iklan digital biasanya mencakup iklan yang muncul di website, media sosial, dan aplikasi smartphone; namun dengan inovasi terbaru di industri periklanan, iklan luar ruang kini menggunakan komputasi digital. Yuk simak jargon ini satu per satu!

Baca juga: Tren Digital Marketing Untuk Kesuksesan Bisnis Anda

IMPRESSION

Impress Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Berapa banyak tayangan yang dilihat “konten” Kamu. Beberapa dekade yang lalu, orang menilai apakah peringkat tertinggi sebuah iklan dapat disiarkan di media massa seperti televisi atau radio. 

Pada masa itu, tayangan juga sulit atau mahal dibuat, karena Kamu harus melakukan riset media untuk melihat berapa banyak orang yang melihat atau mendengar siaran tersebut, berdasarkan berapa kali iklan tersebut diputar. Tidak ada jaminan jumlah pasti. Di era digital, impresi adalah berapa banyak iklan yang ditampilkan di layar gadget pengguna.

REACH

Premium Vector | Reach the target business concept

Reach atau jangkauan adalah keputusan yang lebih tepat untuk dipertimbangkan saat membeli media iklan. Dalam bentuk digital, “beri tahu” berapa banyak orang yang telah mengunjungi situs web kamu dan melihat iklan Kamu. 

Umumnya, pengguna yang melihat iklan dianggap sebagai pengunjung bulanan unik atau pengunjung unik bulanan; mereka yang mengunjungi tayangan iklan (meskipun mereka mengunjungi beberapa kali dalam sebulan) tetap dihitung sebagai satu atau satu kunjungan, jadi Tentukan lebih akurat berapa banyak orang yang dapat melihat iklan ini. Cakupan ini menentukan sejauh mana iklan Kamu dapat menjangkau audiens di wilayah atau kota yang kamu inginkan.

CONTEXTUAL TARGETING

Premium Vector | Hit the target with an arrow, people working together to  achieve business target.

Hayo ngaku, kalo lagi gabut di kantor, pasti kamu berpikir untuk membuang dengan berbelanja atau browsing online? Nah, penjelajahan Kamu di Internet biasanya ditujukan kepada pengiklan atau pemasar agar dapat menjadikan kamu sebagai konsumen sasaran. Dengan menggunakan informasi pengguna, kebiasaan browsing dan metode belanja, iklan dapat ditargetkan ke orang-orang. Misalnya ketika kamu sedang berlibur, kamu harus mulai mencari tiket. 

Walaupun kamu belum membelinya, dalam beberapa minggu kedepan kamu akan sering mendapatkan iklan tiket pesawat, hotel bahkan baju pantai. Inilah yang disebut penargetan periklanan kontekstual atau penargetan periklanan kontekstual. Pemosisian terkait konten biasanya dilakukan berdasarkan perilaku belanja dan geografis. Dalam hal ini, pemosisian biasanya lebih akurat dan dilakukan segera setelah mencatat informasi pengguna.

KEYWORDS

Keyword Search Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Kamu pernah dengar peribahasa ‘pena lebih tajam dari pedang’ gak? Peribahasa ini menunjukkan bahwa kata-kata bisa lebih kuat dari senjata sekalipun. Kata-kata dalam periklanan sangatlah penting, baik iklan online maupun offline. Dalam periklanan, kata-kata penting dalam pemasaran disebut dengan keywords. Pengiklan memilih kata atau frasa tertentu, dan iklan diharapkan muncul saat seseorang yang mencari kata kunci tersebut. 

Kata kunci tidak harus langsung menyebutkan nama produk, bisa ke perilaku atau kategori sekitarnya. Misalnya, jika Kamu mencoba menjual mawar, Kamu dapat memilih “Hadiah Hari Ibu” dan bahkan “coklat valentine” sebagai kata kunci yang berkaitan dengan produk yang akan kita tawarkan. Untuk bikin iklan OOH, menentukan kata kunci yang eye catching dan mencuri perhatian juga jadi faktor yang perlu diperhatikan, lho.

CPC / CPM / CPL / CPA

Cost Per Click Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Keempat istilah ini biasanya akan sering ditemui ketika menawarkan atau akan membeli media secara online. CP merupakan singkatan ‘cost per’ atau biaya per, dan huruf ketiga menunjukkan dasar bagaimana kamu membayar untuk iklan.

CPC (Cost Per Click): Istilah ini berarti biaya per klik. Artinya kamu akan mengeluarkan biaya setiap kali seseorang mengklik iklan kamu.

CPM (Cost Per Mille): Ini adalah biaya untuk menayangkan iklan dan jumlah yang akan kamu bayarkan untuk menayangkan per 1.000 tayangan iklan kepada audiens. M adalah singkatan mille, atau ribuan.

CPL (Cost Per Leads): Istilah ini merupakan singkatan dari biaya per lead, artinya adalah berapa banyak yang kamu bayar untuk setiap klik yang berubah menjadi lead (target konsumen potensial) yang berkualitas.

CPA (Cost Per Acquisition): Yang paling mahal dari semua CP adalah CPA atau biaya per akuisisi. CPA ditentukan dengan membagi jumlah pelanggan baru yang kamu dapatkan ke dalam biaya iklan digital.

Nah itu dia istilah dalam dunia digital marketing yang wajib banget kamu pahami. Gimana, Sudah paham belum?

%d bloggers like this: