Intip Strategi Sukses dari Starbucks | SevenAds

Semua orang pasti menginginkan usahanya berhasil hingga terkenal. Apalagi keberhasilan ini menjangkau tingkat dunia tentunya menjadi impian besar bagi setiap pengusaha. Berbagai macam strategi dan upaya pun rela dilakukan para pengusaha untuk mewujudkan impian besar yang mereka miliki.

Dari sekian banyak strategi bisnis yang perlu dijalankan pelaku usaha, tak bisa dipungkiri bila peranan strategi pemasaran sangatlah mempengaruhi sukses tidaknya bisnis yang dijalankan. Keberhasilan Starbucks Coffee mampu meyakinkan konsumennya di pelbagai belahan dunia, pastinya juga tidak lepas dari strategi pemasaran yang mereka jalankan.

Padahal di Indonesia, harga sebuah kopi Starbucks bertaksir antara 30-60 ribu rupiah. Untuk ukuran sebuah kopi, harga itu memang terbilang sangat mahal. Namun siapa sangka jika Starbucks tetap mampu bertahan di tanah air. Bahkan hingga saat ini ratusan cabang juga sudah ada saat ini, jumlah itu mungkin bisa bertambah.

Starbucks sendiri menargetkan ingin menjadi tempat ketiga bagi konsumen setelah rumah dan tempat kerja mereka. Setelah itu Starbucks akan mempertimbangkan nilai yang paling kuat dan menciptakan kreatif marketing yang didasarkan pada kondisi segmen pasar yang ditentukan. 

Baca juga: Tips Strategi Marketing yang Disukai Masyarakat Indonesia

Starbucks lebih memilih untuk menciptakan variasi produk yang kualitasnya benar-benar terjaga, menanamkan brand image yang cukup kuat melalui logo perusahaan yang digunakan, serta menggunakan produk promosi (merchandise) untuk memperkuat citra perusahaan yang mereka bangun.

Untuk strategi positioning dalam membangun loyalitas konsumen. Ketika konsumen mulai mengenal dan mempercayai produknya, Starbucks drive thru muncul dengan tujuan memudahkan para konsumen untuk mendapatkan secangkir kopi tanpa harus turun dari kendaraan mereka, melengkapi produk dengan atribut unik untuk menarik minat konsumen, serta membuka gerai hingga 24 jam nonstop untuk memenuhi kebutuhan para konsumennya.

Starbucks sangat sadar jika customer retention merupakan salah satu cara yang membuat mereka bisa bertahan di bisnis yang semakin sengit. Customer retention adalah metrik yang dilakukan oleh sebuah perusahaan agar dapat membuat pelanggan mereka kembali lagi dalam membeli produk mereka”

Baca juga: Cara Mudah Promosikan Bisnis Melalui Instagram Stories

Cara Starbucks untuk mempertahankan customer retention adalah dengan membuat promo tertentu. Jika kamu familiar, Starbucks pernah membuat promo potongan harga untuk pelanggan yang memiliki gelar mereka. Itu adalah dari sekian banyak contoh yang pernah mereka lakukan.

Nah, sekarang kamu sudah tau kan strategi-strategi yang dilakukan Starbucks agar menjadikan brand tersebut sebesar sekarang ini? Bisnis-mu pun perlu strategi marketing yang matang dan tidak asal-asalan. 

Konsultasikan strategi yang cocok untuk bisnismu bersama SevenAds Indonesia. SevenAds Indonesia adalah sebuah digital agency yang menyediakan social media management, digital marketing, influencer marketing, branding, dan creative & design. Jadi, tunggu apa lagi? Mari hubungi kami disini untuk konsultasi gratis!

%d bloggers like this: