Ingin Mulai Main Saham? Yuk, Simak Tips Untuk Pemula! | SevenAds

“Main saham” bukanlah kegiatan baru. Namun, seiring berkembangnya zaman, kegiatan ini menjadi tren di kalangan anak muda, termasuk mahasiswa. Tren main saham ini tidak hanya didukung dengan adanya platform yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi, tapi juga akses kepada ilmu dan informasi terkait. Untuk kamu yang ingin mulai mengikuti tren ini, yuk simak tips di bawah ini!

Edukasi diri

Sebelum mengambil langkah apapun dalam berinvestasi, sebaiknya mengedukasi diri terlebih dahulu tentang dunia saham yang akan dimasuki. Edukasi bisa dimulai dengan bertanya kepada teman yang sudah menjalani, belajar dari buku, dan menonton video-video yang dapat membantu kita agar lebih paham.

Sumber: Your Training Edge

Edukasi dalam konteks ini termasuk istilah-istilah saham hingga teknis bagaimana menanam saham. Contohnya, Apa yang dimaksud dengan taking profit atau bid dan offer? Kalau kamu masih menanyakan istilah-istilah tersebut, sebaiknya kamu mencari tahu lebih lanjut.

Jika sudah siap memulai, langkah selanjutnya adalah menentukan medium apa yang dapat digunakan untuk menanam saham. Langkah ini juga bagian dari edukasi diri karena setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pastikan aplikasi yang kamu gunakan terpercaya ya!

Mencari tahu tentang perusahaan

Terdapat tiga jenis saham, yaitu blue chip, middle cap, dan small cap. Saham blue chip merupakan saham yang memiliki kapitalis pasar di atas Rp10 triliun. Sedangkan middle cap ada di bawahnya dengan kisaran Rp500 miliar hingga Rp10 triliun dan small cap memiliki kapitalis pasar di bawah Rp500 miliar. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, penting bagi kita untuk mengetahui jenis saham apa yang akan kita beli. Hal ini tentunya berkaitan erat dengan performa perusahaannya dalam pasar saham. Sebagai pemula, disarankan untuk membeli saham blue chip karena stabilitasnya lebih terjamin.

Sumber: Cool Mom Tech

Baca juga: Usaha Sampingan yang Cocok untuk 2021

Jangan investasikan semua uang kamu di saham

Pastinya kita main saham untuk bisa untung. Tapi ingat, berani main saham berarti berani mengambil resiko yang merupakan mimpi buruk semua orang, yaitu rugi. Kamu bisa bangun tidur dengan grafik saham yang kamu investasikan meningkat atau menurun. Pergerakkan harga di saham bisa berfluktuasi 1% hingga 2% per hari. Jadi, berinvestasilah dengan uang yang bernilai kecil dulu ya! 

Sumber: The Balance

Stay updated!

Update terus! Tentunya dengan informasi yang valid ya! PT Bursa Efek Indonesia membuka akses informasi semua perusahaan yang sahamnya terdaftar di Bursa. Akses ini terbuka untuk publik. Kamu bisa mengaksesnya di https://www.idx.co.id/ dan pilih menu “Laporan Keuangan Perusahaan Tercatat” untuk mencari perusahaan yang kamu inginkan informasi laporan keuangannya.   

Sumber: Business Insider

Rencana investasi

Ketika semua proses sudah kamu siapkan, saatnya membuat rencana investasi. Ingat, jangan semua uang yang kamu miliki diinvestasikan ya. Jangan lupa mengatur budget yang kamu butuhkan untuk pengeluaran sehari-hari. Dengan rencana yang matang, kamu bisa memastikan jumlah uang yang ingin kamu investasikan setiap bulannya.

Sumber: Lifepal

Selamat mencoba!

%d bloggers like this: