Ingin Menerapkan Social Marketing? Perhatikan 4P + 4P! | SevenAds

Kadang-kadang, perusahaan tidak membuat strategi marketing yang bertujuan untuk menguntungkan secara gamblang. Jika melihat sekeliling kita, tentu terdapat banyak social marketing yang kerap digunakan perusahaan. Social marketing adalah pemasaran yang bertujuan untuk membuat perubahan secara sosial. Kunci dari social marketing adalah sensitivitas dan kemampuan perusahaan dalam menyampaikan “message” yang terikat dengan isu sosial. Social marketing tidak bertujuan menguntungkan perusahaan secara langsung, meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan mungkin mendapat dampak baik dari strategi yang satu ini. 

Sumber: markbro

Apa lagi perbedaan antara social marketing dan basic/traditional marketing? Social marketing tidak lagi terpaku pada product, price, place, dan promotion. Meskipun, tidak dapat dipungkiri bahwa 4Ps yang selama ini kita kenal juga akan digunakan dalam implementasi social marketing agar tujuan yang diinginkan semakin mudah tercapai. Namun, social marketing memiliki 4Ps yang lain, yaitu:

Public

Tentukan kelompok masyarakat yang relevan dengan isu sosial yang ingin dibawa. Penentuan kelompok ini bertujuan agar kita dapat membuat social marketing campaign yang spesifik dan relevan dengan kondisi riil yang ada di masyarakat.

Sumber gambar: Freepik

Policy

Untuk mewujudkan perubahan perilaku, dibutuhkan peraturan yang dapat mendorong, menekankan, hingga bahkan mengikat target agen yang dituju. Dengan peraturan, perubahan perilaku yang diharapkan juga 

Sumber: Conserve.com.au

Partnership 

Socia marketing melibatkan isu yang dirasakan oleh banyak orang, alias pasti  ada kelompok lain yang memiliki keresahan serupa terhadap isu ini. Oleh karena itu, kerjasama dengan pihak eksternal merupakan aspek penting dalam social marketing. Kerjasama dengan pihak lain juga dapat membuat  awareness campaign kita semakin besar.

Sumber: vohafricainitiative.org

Pure strings

Dikarenakan social marketing tidak bertujuan untuk menggali profit untuk sales perusahaan, kampanye social marketing harus dapat menciptakan hubungan yang kuat dengan stakeholder-nya. 

Sumber: owensborohealth

Jadi, untuk membuat strategi social marketing yang mantap, pastikan bahwa kamu mengaplikasikan 4P (traditional marketing) + 4P (social marketing) ya!

%d bloggers like this: