Ingin membuat marketing campaign? Berikut Tipsnya! | SevenAds

Dunia bisnis sangat berkaitan dengan bidang periklanan yang dimana lumrahnya sebuah perusahaan pasti akan mengiklankan suatu produk atau jasa dengan cara promosi yang berbeda – beda namun punya tujuan yang sama, Sebuah perusahaan membutuhkan suatu program untuk menarik target sasaran. Selain itu, dengan adanya program, pesan yang ingin disampaikan juga akan lebih terstruktur sehingga bisa mencapai target dengan tepat. Karena itu saat ini banyak perushaan yang melakukan marketing campaign atau kampanye pemasaran produk. dengan menggunakan marketing campaign ini dapat meningkatkan brand awareness terhadap perusahaan.

Apa Itu Marketing Campaign?

Kampanye pemasaran atau marketing campaign adalah Program aktivitas periklanan yang dilakukan oleh suatu perusahaan selama periode tertentu dengan tujuan spesifik, Contohnya memperkenalkan produk menggunakan campaign melalui media sosial. Atau proses dari perencanaan, pelaksanaan, pengukuran, dan peningkatan beberapa nilai bagi produk yang kamu pasarkan. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pendekatan dengan pelanggan atau calon pelanggan. Dalam hal ini setiap kita dituntut harus dapat menyesuaikan situasi dan peluang yang tak terduga atau di luar kendalimu, marketing campaign selalu melibatkan perencanaan pengambilan keputusan secara sadar.

Manfaat Dalam Melakukan Marketing Campaign :

How a SaaS Reporting Tool Can Improve Your Marketing Campaign | by ...

Menampilkan Brand yang Menarik

Brand atau merk dagang merupakan hal utama yang kamu butuhkan untuk menciptakan citra produk yang akan kamu pasarkan. Ibarat nama panggung, kamu harus dapat membuat nama brand yang catchy dan mudah diingat. Setelah itu, campaign dilakukan untuk menciptakan brand awareness dan recognition agar dapat lanjut ke brand loyalty.

Menggiring Audiens Kepada Produk/ Jasa

Saat brand sudah dikenal dan website-mu sudah menerima peningkatan jumlah pengunjung, jangan senang dulu. Kamu masih harus bersabar menunggu calon pelanggan tersebut “mengeksplor” produk yang kamu tawarkan. Inilah leads, yaitu pengunjung yang berniat melakukan pembelian. Agar dapat menggiring leads ke tahap selanjutnya, kamu harus dapat menyediakan apa yang mereka butuhkan, sertakan media-media yang dapat menarik para leads, seperti foto, artikel, atau video testimoni.

Mendapatkan Loyalitas Pelanggan

Ketika brand atau produkmu sudah mencapai tahap loyalty, bukan berarti tantanganmu berkurang. Mempertahankan sesuatu justru menjadi tantangan yang lebih berat, termasuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Saat produkmu sudah memenuhi permintaan para pelanggan di awal, artinya mereka sudah mengetahui kualitas pelayanan dan produk yang kamu berikan, tugasmu sekarang adalah mencari cara mempertahankan para pelanggan ini agar mereka melakukan pembelian kedua, ketiga, dan seterusnya, sembari tetap melakukan pemasaran bagi calon pelanggan lain.

Tahapan Dalam Menjalankan Marketing Campaign

  • Membuat tujuan dari marketing campaign yang ingin dilaksanakan
Jangan Menyerah untuk Mencapai Tujuan - Intisari

langkah awal yang harus kita lakukan ketika membuat campaign adalah membuat atau menentukan tujuan dan Buatlah target yang spesifik dan jangan rancu. Menentukan target marketing campaign adalah “Apa yang akan diraih + Seberapa lama campaign dijalankan.”

  • Memilih strategi pemasaran yang tepat dalam berkomunikasi dengan pelanggan
Pengertian Strategi | hestanto personal website

Dalam membuat campaign kita harus memiliki strategi yang unik dan kreatif. Beberapa medium mungkin cocok dengan targetmu, tapi mungkin medium lainnya tidak efektif untuk digunakan. Oleh karena itu, kamu juga harus menentukan medium apa yang dapat kamu gunakan untuk melakukan marketing campaign.

  • Membuat Timeline Dan Action Plan Untuk Jalannya Campaign
40+ Timeline Template Examples and Design Tips - Venngage

Membuat suatu campaign dalam media sosial yang efektif dan efisien dengan budget secukupnya, kamu harus membuat perencanaan waktu, seperti periode campaign, volume iklan, serta durasi campaign. Rencanakan apa yang akan kamu lakukan dan tentukan waktunya. Ini dapat membantumu tetap berada dalam rencana dan pada akhirnya dapat memberikanmu pedoman untuk evaluasi ke depannya.

  • Melakukan Eksekusi dan Menjalankan Evaluasi Dari Campaign Tersebut
Pengertian Evaluasi : Tujuan, Tahapan beserta Fungsinya

Setelah selesai direncanakan langusng mengeksekusi marketing campaign-mu dengan baik dan jangan lupa untuk melakukan evaluasi secara rinci. dan jika ada kesalahan, harus belajar dari kesalahan agar kesalahan yang sama tidak terulang kembali di kesempatan selanjutnya.

Setelah kamu lakukan tahapan berikut kamu harus pastikan mengawasi jalannya campaign tersebut. jika anda asih bingung dalam menjalankan campaign online dalam media sosial untuk perusahaan anda bisa langsung menghubungi kami dan dapatkan konsultasi gratis dari kami

%d bloggers like this: