Ingin Campaign Sukses? Terapkan ini! | SevenAds

Anda pernah  membuat sebuah campaign untuk bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini? Seperti apakah bentuk campaign yang terakhir kamu buat? Apakah cukup menarik dan mampu menarik perhatian audiensmu?

Jika Anda berpikir tidak demikian, maka Anda sudah menyadari ada yang kurang dari campaign yang Anda buat dan membutuhkan suatu  hal untuk meningkatkan campaign Anda berikutnya. Oleh karena itu, jangan mengulang kesalahan yang sama mari terapkan hal-hal dibawah ini!

Membuat Campaign Sukses

Mungkin Anda berpikir bahwa sebuah campaign sukses itu berdasarkan keberuntungan—memang sedikit ada benarnya. Tapi dalam presentase 100%, faktor keberuntungan itu hanya sekitar 10% sedangkan 90%nya berdasarkan usaha dan wawasan Anda.

Yang perlu Anda lakukan untuk memaksimalkan 90% ini adalah dengan mempertajam skill Anda dalam meriset pasar, menganalisis data, dan membangun strategi detail untuk membantu Anda dalam melaksanakan eksekusi secara sempurna.

Sebenarnya dalam menjalankan campaign digital marketing yang sukses membutuhkan waktu dan energi yang cukup panjang. Bukan hanya pada saat pelaksanaannya, tetapi juga pada saat membangun hingga sampai akhirnya ke proses go-live.

Jika Anda ingin menarik perhatian target market seperti halnya yang dilakukan oleh sebuah campaign favorit yang menarik perhatian Anda, di pembahasan berikutnya ada cara membuat campaign yang telah terbukti untuk membantu membangun pondasi dan juga mengarahkan campaign yang Anda buat menuju kesuksesan.

1.      Mencari Tahu Persona

Semua pebisnis tahu elemen penting pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu persona secara detail sebelum memulai campaign.

Bekerjalah dengan tim sales Anda, anggota senior marketing dan orang lain yang memiliki pengalaman berhubungan langsung dengan customer (customer service, manajer toko, dll) untuk membangun profil detail seperti latar belakang target market, pekerjaan, tujuan serta tantangan yang dihadapi mereka sehingga Anda dapat lebih baik membuat konten yang akan terhubung dengan mereka

Mungkin mempersiapkan barang untuk campaign akan memakan waktu dan energi Anda, tetapi mempersiapkan persona jauh lebih penting karena akan menentukan apakah campaign Anda akan berhasil secara keseluruhan atau malah sebaliknya.

2.      Melakukan Analisis Kompetitif

Dalam cara membuat campaign, dengan mengetahui luar dalam dari area umum kompetisi pemasaran yang ada pada social media sampai blogging, Anda bisa lebih memahami siapa yang menjadi target dengan melihat gaya pemasaran dari para kompetitor, pada konten apa yang mereka fokuskan, dan dimana mereka menemukan kesuksesan.

Sekali Anda mengetahui tentang hal-hal ini, Anda bisa memahami lebih baik bagaimana Anda bisa memposisikan diri pada medium yang berbeda untuk selangkah lebih dekat dengan semua orang.  Semakin Anda mengetahui kompetitor Anda, apa yang mereka lakukan, dengan apa mereka menemukan kesuksesan. Informasi yang Anda dapatkan bisa membantu Anda untuk menciptakan campaign yang sukses.

3.      Komunikasi 2 Arah

Memahami persona dan kompetitor Anda adalah  hal yang penting, dan ini merupakan salah satu cara membuat campaign yang sukses. Memahami bagaimana caranya untuk terhubung dengan persona dan membedakan diri dari pesaing adalah hal penting lain berikutnya.

Ketika tim sales Anda sudah tahu bagaimana cara mendekati calon customer dengan menghubungkannya ke goal dan tantangan, sementara pada saat yang bersamaan mereka juga membedakan diri dari para kompetitor, apakah Anda sebagai seorang marketer tahu bagaimana cara melakukan hal yang sama dengan konten Anda?

Luangkan waktu untuk berlatih dalam hal menjelaskan dan mendata. Bagaimana cara Anda dapat memposisikan konten Anda agar lebih terhubung dengan persona serta membedakan diri dari pesaing akan membantu Anda dalam menciptakan konten yang efektif dan akan mengubah traffic menjadi lead untuk tim sales Anda.

4.      Target Keywords

keyword-suggestion-tools

Cara membuat campaign yang ampuh berikutnya adalah dengan memperhatikan target keywords.

Inbound marketing dan pembuatan konten campaign membutuhkan strategi SEO serta memiliki list yang detail dan fokus yang relevan kemudian menghubungkannya dengan target keyword Anda dalam mengoptimasi konten merupakan cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda sudah efektif dan efisien.

Semakin banyak Anda menghabiskan waktu  research untuk mengungkap keywords yang paling relevan dan dapat dicapai, semakin cepat Anda akan dapat meningkatkan SEO serta traffic Anda. Ini adalah  salah satu cara membuat campaign yang akan mengantar Anda menuju kesuksesan.

5.      Mengoptimasi Meta Data

Sebelum Anda mulai mengambil target keyword baru yang Anda pilih untuk digunakan pada artikel blog dan konten halaman situs, pertama Anda harus fokus pada mengoptimalkan meta data Anda.

Mengetahui apa yang bisa on dan off pada area optimasi page agar fokus ketika menjalankan keyword baru sangatlah penting, terutama saat mengoptimasi website Anda untuk search engines.

Membuat dokumen untuk mentracking keywords  dan meta data akan memungkinkan Anda untuk memastikan bahwa Anda memeriksa semua “SEO boxes”, selain itu akan memudahkan Anda ketika ingin melacak setiap dan semua perubahan keyword yang mungkin terjadi selama campaign.

6.      Analisis Funnel & Strategi Penawaran

Memahami konten apa yang live pada situs Anda, aset apa yang berpotensi untuk digunakan kembali dan mengkonversinya ke konten premium akan memberikan Anda ide yang lebih baik untuk menciptakan konten yang cocok dengan campaign Anda berikutnya.

Mudah  jika ingin segera melompat ke dalam  tahap menciptakan ebook baru ketika memulai sebuah campaign inbound marketing atau memfokuskan kembali pada satu progress, tetapi hal ini tidak selalu menjadi pilihan yang tepat.

Mendokumentasikan dan menyortir aset berbeda yang saat ini Anda miliki (baik yang live di situs Anda atau siap untuk gunakan kembali) akan memberikan gambaran yang lebih strategis tentang apa yang perlu dibuat.

Ketika saatnya Anda menciptakan ebook baru, Anda akan langsung mengetahui untuk siapa ebook tersebut, bagaimana ebook tersebut harus ditata dan pada konten apa yang harus Anda fokuskan.

7. Strategi Sosial Media

Social media marketing dapat dipecah menjadi beberapa area : strategi, publikasi, monitoring dan engagement. Yang membuat social campaign menjadi lebih baik adalah jumlah waktu yang dihabiskan pada area pertama.

Social media campaign yang tahu siapa tragetnya, personanya serta tahu apa yang harus disharing akan menemukan kesuksesan. Dan Social media itu lebih dari sekedar hastag #blablabla dan berisi gambar-gambar. Ini tentang mengetahui siapa target audiens Anda, dimanakah mereka berada pada social media, dan apa yang ingin mereka lihat saat berada di situ.

Sekali Anda tahu, Anda akan semakin detail dan lebih memiliki persiapan untuk menghadapi berbagai hal dari social media yang dilemparkan kepada Anda.

Itu dia 7 Hal yang dapat menunjang keberhasilan campaign mu. Jadi tunggu apalagi? Selamat mempraktikkan!

Bila ada memiliki kesulitan dalam menjalankan campaign-mu, silahkan hubungi kami disini untuk segera memecahkan permasalahanmu dan menjalankan campaign-mu sampai sukses!

%d bloggers like this: