Influencer dan KOL, Apa Sih bedanya? | SevenAds

Dalam dunia Digital Marketing, Influencer dan Key Opinion Leader (KOL) sama-sama berperan penting dalam menarik banyak perhatian publik. Tapi, kamu tau gak sih kalo Influencer dan KOL itu beda, Loh! Kalo belum tau, simak perbedaanya berikut ini!

Influencer adalah orang yang berpengaruh dan memiliki pengetahuan serta impactnya sendiri pada bidang atau industri tertentu. Mereka menjadi trendsetter dan memiliki daya tarik yang kuat untuk mempengaruhi followers atau fans-fans mereka. Kredibilitas influencer berasal dari konten pribadi mereka yang dibuat di media sosial (misalnya Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, TikTok, LinkedIn) dan bahkan di Podcast. 

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama! Inilah Perbedaan Reseller Dengan Dropshiper

Influencer dan Key Opinion Leader (KOL) Serupa Tapi Tak Sama

Pada dasarnya, influencer dan key opinion leader (KOL) adalah individu yang memiliki pengaruh besar terhadap produk, layanan, layanan atau merek, dan saran mereka akan mempengaruhi keinginan konsumen untuk memiliki produk yang sama. Meski demikian, masih terdapat perbedaan besar di antara keduanya, sehingga brand yang ingin mengajak mereka bekerja sama harus memahami betul perbedaan tersebut. Tujuannya agar kampanye pemasaran digital yang diadakan dapat mencapai tujuan tersebut.

Lalu, Apa sih yang membedakan Influencer dan KOL?

Media Yang Digunakan

13 Smart Tips To Supercharge Your Social Media Marketing Strategy - Robotic  Marketer

Key Opinion Leader (KOL) bisa dikatakan ahli dalam industri atau bidang tertentu, sehingga pendapatnya dapat didengar dan menarik lebih banyak orang. Di dunia nyata, mereka adalah orang-orang yang dapat dipercaya dan dihormati, sehingga dapat berkomunikasi lebih langsung dengan para followersnya. Meski tidak terlalu umum, banyak KOL juga menjalin hubungan baik melalui media sosial.

Di saat yang sama, para influencer lebih banyak menghabiskan waktunya untuk online, terutama di berbagai media sosial. Mereka menggunakan platform media sosial ini untuk berkomunikasi dengan pengikut dan bahkan mempengaruhi mereka melalui berbagai konten digital yang mereka buat.

Kredibilitas

Credibility Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Karena keahlian, kemampuan, pengetahuan dan keahlian mereka, kredibilitas KOL berasal dari kehidupan nyata mereka di bidang atau industri tertentu, kualifikasi profesional mereka dan waktu yang mereka habiskan di bidang tersebut. Kredibilitas dan kepercayaan yang didapat influencer dari pengikut mereka berasal dari identitas pribadi dan preferensi pribadi influencer yang ditampilkan di akun media sosial mereka.

Pengaruh Letak Geografis

Geography Vector Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

KOL tidak selalu aktif bertindak sebagai influencer di media sosial. Reputasi dan profesionalisme mereka hanya ada di wilayah terbatas, misalnya hanya di suatu wilayah, kota atau negara / wilayah. Namun, jika seorang KOL yang memiliki reputasi baik di wilayah terbatas pada awalnya, kemudian berkesempatan bekerja sama dengan TV, media cetak, bahkan aktif berpartisipasi di media sosial, maka KOL ini juga bisa menjadi influencer.

Meskipun orang-orang berpengaruh sangat aktif dalam mengelola konten di media sosialnya, mereka mungkin memiliki banyak penggemar dari berbagai daerah, dan bahkan penggemar dari seluruh dunia.

Manajemen Waktu

Time Management Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

KOL memiliki pekerjaan penuh waktu dan karir mereka di dunia nyata. Bisa jadi mereka adalah seorang YouTubers terkenal dalam bidang gaming, atau ahli bedah, psikolog, pengacara, dll. Karena profesinya ini, sudah pasti penonton yang mengenalnya tidak akan lagi meragukan pengetahuan dan pendapatnya.

Sebaliknya, sebagian besar influencer menghabiskan lebih banyak waktu untuk online. Aktivitas mereka terkait dengan pemasaran digital. Mereka perlu banyak upaya untuk membuat konten di media sosial, blog atau youtube untuk menambah jumlah followernya agar followernya bisa terus mengikuti konten yang mereka tampilkan. Dengan kata lain, ini adalah profesi atau pekerjaan utama mereka, jadi mereka fokus untuk menyebarkan informasi tentang topik yang mereka kuasai untuk menyebarkan pasar online yang lebih luas.

Kemampuan Komunikasi

Free Vector | Communication flat icon

Komunikasi yang baik terlahir dari mereka yang pandai merangkai ucapan menjadi sebuah tindakan yang tentunya sesuai dengan pengetahuan dan wawasan mereka tentang suatu subjek, dan inilah spesialisasi para Influencer. Mereka pandai mengkomunikasikan pesan tertentu dengan cara yang meyakinkan, sehingga mempengaruhi pengikut mereka untuk mengikuti saran mereka.

Padahal, banyak key opinion leader (KOL) yang juga memiliki keterampilan berkomunikasi di depan publik, terutama bagi mereka yang sering tampil di televisi, radio, seminar dan acara lainnya. Masalahnya, tidak semua KOL dapat membuat keterampilan komunikasi semenarik orang yang berpengaruh. Meski begitu, tidak masalah apakah KOL bertindak sebagai komunikator, karena selama pendapatnya berkaitan dengan bidang dan profesinya, apapun pendapatnya, banyak penonton yang akan mempercayainya.

Nah itu dia informasi tentang Influencer dan KOL. Sama-sama menarik lebih banyak pengikut namun dengan cara dan gaya yang berbeda serta latar belakang atau spesialilasi yang berbeda. Jangan sampai tertukar, Ya!

Jika kamu tertarik untuk mempromosikan produk atau brand-mu melalui Influencer maupun KOL, silahkan konsultasikan dengan kami disini.

%d bloggers like this: