Hadapi Krisis Akibat Pandemi dengan Tips Ini! | SevenAds

Covid-19 kini menjadi permasalahan serius yang berdampak bagi banyak orang termasuk para pebisnis, tidak sedikit dari pebisnis yang terpaksa untuk menutup bisnis mereka. Covid-19 belum diketahui kapan akan berakhir, sehingga memicu para marketer harus kreatif dan melakukan berbagai cara agar bisnis-nya tetap bertahan.

Social Media menjadi salah satu cara yang efektif dalam mempromosikan brand/bisnis kamu di tengah pandemic seperti ini. Namun mau tidak mau kamu harus membuat perubahan pada social media bisnis kamu agar promosi tersebut maksimal. Kamu bisa saja menutup mata dan telinga serta tetap posting produk atau konten yang sesuai dengan bisnis kamu. Namun, tentu saja hal ini bukanlah langkah yang tepat untuk dilakukan saat ini. Followers social media Anda akan menganggap Anda tidak berempati yang akan berdampak pada menghilangkan kepercayaan mereka terhadap bisnis atau brand Anda. 

Lantas, apa yang harus dilakukan pada social media bisnis atau brand saat krisis sedang berlangsung? Nahh, mari kita simak tips-tips yang dapat kamu lakukan dengan social media-mu di tengah pandemi saat ini. 

Show Some Empathy

Saat melakukan hard-selling, jangan lupa untuk menunjukan empati terhadap suatu kejadian/peristiwa atau apapun. Contohnya kamu dapat mengajak followers dan memberikan empati terhadap apa yang terjadi saat ini di masa pandemic ini seperti mengajak donasi, mengkampanyekan untuk selalu jaga kesehatan, social distancing dan mengajak para followers untuk di Rumah aja. Hal ini dapat membantu kamu untuk menaikan followers dan memiliki hubungan yang baik dengan audiens-mu.

Gunakan Konten Engagement

Keadaan sulit seperti saat ini tentu tidak hanya dirasakan pebisnis seperti Anda karena menurunnya penjualan. Pelanggan Anda juga merasakan dampaknya. Oleh karena itu, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk lebih engage dan hadir mendukung pelanggan. Sekedar menyemangati atau mengingatkan untuk menjaga kesehatan mungkin hal yang sangat berarti untuk sekarang. 

Dapat juga dengan membuat konten engagement yang memicu para audiens yang membaca untuk leave a comment seperti konten games, quotes, dan lain-lain yang lebih fun dan tidak selalu hard selling namun sekali-kali dapat dihubungkan dengan produk-mu.

Rajin Posting

Mungkin Anda mulai merasa frustasi karena income bisnis yang mulai menurun. Meski demikian, tetap memposting konten adalah pilihan yang tepat. Ingat! Meski minat dan daya beli pelanggan Anda menurun, tapi faktanya mereka sedang menghabiskan banyak waktu di sosial media. Untuk itu, buatlah konten yang menarik, inspiratif, yang disesuaikan dengan kondisi saat ini agar mereka tetap mengingat bahwa brand Anda tetap ada.

Kerjasama dengan Influencer

Influencer memiliki pengaruh cukup besar di jagat dunia maya. Jika Anda mengalami kesulitan mengeluarkan dana besar untuk merealisasikan bentuk kepedulian Anda, Anda bisa saja menggandeng influencer yang juga memiliki kepedulian tinggi dan visi yang sama untuk membuat gerakan bersama melewati pandemi ini. 

Dapat juga menggunakan micro influencer yang memiliki tarif jauh lebih murah daripada macro influencer. Kamu dapat menghubungi manajement influencer micro ataupun menghubungi kami disini karna kami dapat menghubungkan kamu dengan influencer yang tepat.

Support Komunitas 

Anda juga dapat menunjukkan dukungan kepada komunitas yang tentu saja dapat membantu memberikan harapan selama masa-masa yang penuh ketidakpastian ini. Bisnis atau brand dan komunitas dapat bersatu dan saling membantu satu sama lain dalam menghadapi krisis coronavirus yang cukup berat ini.  Ada banyak cara untuk dapat mendukung komunitas di sekitar Anda. Mulai dari menyediakan sembako atau makanan untuk masyarakat terdampak, membantu usaha kecil untuk tetap bertahan, hingga menyediakan masker atau alat perlindungan diri bagi tenaga kesehatan. 

Nah itu dia tips-tips yang dapat kamu lakukan pada social media-mu selama pandemi ini untuk menghindari krisis dan tetap bertahan. Terapkan strategi marketing yang efektif dan tepat di masa pandemic ini. Selalu pastikan bahwa konsumen adalah yang utama.

Bila anda membutuhkna bantuan atau konsultasi di masa ini, kami sebagai One Stop Digital siap membantu. Silahkan hubungi kami disini.

%d bloggers like this: