Gunakan Pinterest Untuk Mengembangkan Bisnismu | SevenAds

Pinterest dalah virtual pinboard di mana Anda bisa mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kategori-kategori (semacam album atau folder) yang bisa di customize dan di pin untuk dibuatkan album.

Pada awal peluncurannya, Pinterest sempat dipandang sebelah mata oleh dunia bisnis. Para pelaku bisnis tidak yakin bahwa media sosial yang dibanjiri oleh berbagai foto cantik tersebut dapat meningkatkan bisnis mereka. But the table has turned. Menurut data yang dilansir oleh Pinterest for Business, sebanyak 40% pinners (sebutan untuk pengguna Pinterest) menemukan produk baru dan menyimpannya pada platform mereka. Bahkan ada 30% pinners yang melakukan pembelian setelah menemukan produk fashion atau rumah tangga di Pinterest.

Oleh karena itu, melihat peluang yang besar dari platform Pinterest ini maka platform ini dapat menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan bisnismu. Berikut adalah tips untuk meningkatkan bisnismu dengan bantuan platform Pinterest:

1. Size Gambar yang tepat

Saat menjelajah di Pinterest, Anda akan bertemu dengan berbagai ukuran gambar. Namun, gambar berbentuk vertikal membawa pengaruh yang lebih maksimal pada bisnis. Rasio terbaik yang bisa Anda terapkan pada gambar Pinterest adalah 2:3 atau 1:3,5 dengan ukuran minimal 600 piksel.

Anda bisa memperbaiki ukuran gambar mengunakan aplikasi edit seperti photoshop, illustrator ataupun canva untuk menyamaratakan ukuran gambar sehingga gambar terkesan lebih menarik dan konsisten.

2. Ciptakan situs yang Pinterest-friendly

Sebelum memulai pin dari konten original pada akun Pinterest untuk bisnis, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa pengunjung situs brand Anda dapat dengan mudah melakukan pin artikel dan gambar dari sana. Cantumkan button bertuliskan “Pin It!” pada situs Anda agar pengunjung dapat menyimpan ide, tips, atau produk dengan mudah pada akun Pinterest mereka. Selain “Pin It!”,

 Anda juga bisa meletakkan button “Follow” di posisi yang mencolok, jadi pengunjung situs dapat dengan mudah menemukan akun bisnis Anda di Pinterest. Agar tidak kerepotan, Anda bisa menggunakan widget yang disediakan oleh Pinterest untuk memasang fitur pin, profile, dan board pada situs Anda.

3. Sering melakukan pin

Usahakan untuk sering melakukan pin. Tidak hanya membuat brand Anda semakin “terlihat”, engagement pun akan meningkat. Tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Anda tidak dianjurkan untuk melakukan pin selama, katakanlah, sepuluh kali berturut-turut.

Hal tersebut hanya akan membuat pinners merasa terganggu. Lebih baik, Anda melakukan penjadwalan terhadap konten yang akan di-pin. Cari tahu waktu-waktu terbaik untuk melakukan pin. Untuk kategori fashion dan retail, misalnya, aktivitas akan memuncak pada hari Jumat pukul tiga sore. Sedangkan, waktu terbaik untuk melakukan pin adalah hari Sabtu pada pukul 14.00-16.00 dan 20.00-23.00.

4. Buat Campaign Anda terlihat

Cantumkan nama brand dan alamat situs resminya pada halaman profil Pinterest Anda. Sambungkan dengan profil Facebook dan Twitter untuk meningkatkan visibilitas. Perhatikan pula caption yang akan Anda tulis pada pin Anda. Baik Anda melakukan pin konten dari situs sendiri maupun re-pin dari orang lain, jelaskan melalui caption mengapa konten tersebut dapat membawa manfaat bagi pelanggan Anda.

Sebutkan pula nama brand dan alamat situsnya pada caption tersebut. Khusus untuk pin baru yang berasal dari konten situs sendiri, tambahkan komponen Call to Action (CTA) berupa link yang merujuk pada kampanye promosi tertentu atau hanya untuk mengantarkan pengguna pada situs Anda.

5. Manfaatkan fitur “Rich Pins”

Rich Pins adalah sebuah fitur gratis dari Pinterest yang berfungsi untuk menambah detail dan informasi penting pada pin Anda. Berikut adalah 5 tipe rich pin yang tersedia pada Pinterest:

  1. Pin untuk tempat berupa alamat, nomor telepon, dan peta
  2. Pin untuk artikel berupa headline, penulis, deskripsi konten, dan link
  3. Pin untuk resep berupa bahan, info penyajian, dan jangka waktu memasak
  4. Pin untuk produk berupa harga, ketersediaan, dan lokasi penjualan
  5. Pin untuk film berupa rating, aktor dan aktris pemain, serta review

Keampuhan fitur Rich Pins ini telah terbukti dapat men-trigger click dengan jumlah yang mencampai hampir dua kali lipat. Tentunya keberhasilan tersebut juga diimbangi dengan konsistensi dalam melakukan pin pada konten-konten original mereka.

Sama seperti platform media sosial lain, hasil dari strategi digital marketing melalui Pinterest tidak dapat dinikmati secara cepat. Dibutuhkan proses trial dan error untuk menemukan ritme dan trik yang paling tepat menggunakan Pinterest untuk bisnis. Semoga beberapa tips di atas mampu membantu Anda meningkatkan bisnis Anda dengan bantuan aplikasi Pinterest. Jika ada pertanyaan ataupun konsultasi seputar tips dan trick diatas ataupun digital marketing silahkan hubungi kami disini.

%d bloggers like this: