Fresh Graduate, Ingin Cepat Mendapatkan Pekerjaan Melalui LinkedIn? Ini Tips Jitunya! | SevenAds

Bagi kamu pencari kerja, pasti sudah tidak asing dengan aplikasi LinkedIn. LinkedIn adalah suatu aplikasi yang mempunya konsep unik yang digunakan untuk memperkenalkan diri atau bisnis ke calon kolega atau perusahaan dengan tujuan beragam seperti menjalin kerjasama, mencari pekerjaan ataupun memperluas jaringan.

LinkedIn sendiri memiliki portal lowongan kerja yang cukup besar, tidak sedikit yang mendapatkan pekerjaan dari aplikasi tersebut. LinkedIn menjadi salah satu media yang tepat untuk kamu membranding diri kamu melalui post-an, liked, connection, dan cv yang ada pada profilemu.

Namun, sudah sekian lama tetap tidak mendapatkan pekerjaan melalui LinkedIn? Nahh, kali ini kita akan membahas tips agar LinkedIn-mu di lirik para recruiter. Berikut tipsnya:

1. Foto Profil Profesional

LinkedIn adalah media sosial yang ditujukan untuk seorang profesional. Jadi, pastikan kamu memilih foto yang berkualitas tinggi, menarik, meyakinkan dan memperlihatkan wajah Anda secara jelas. Foto profilmu tidak perlu mengenakan jas ataupun kaku, tapi tetap harus terlihat sopan dan wajahmu harus terlihat jelas ya.  

2. Mengisi Headline Profil yang Tepat

Setelah menentukan foto profil yang tepat, selanjutnya adalah membuat headline/judul profil. Headline sangat penting, oleh karena itu jangan mengosongkan Headline! Isilah dengan jabatan atau informasi yang membuat rekruter tertarik dengan mu. Buatlah headline dengan kata yang penuh makna dan singkat serta hindari mengisi headline dengan quotes karena tidak sesuai dengan tempatnya.

sumber: google

Kamu dapat isi headline-mu seperti “Content Writer | SEO Specialist” ataupun “Fresh Graduate from [email protected]#$% University”, “Looking for new opportunity”, “Enthusiast in Digital Marketing”. Sebisa mungkin isi sesuai dengan minat dan pekerjaan apa yang kamu cari dan kamu kuasai.

3. Gunakan Ringkasan Anda

Pada bagian ringkasan, isilah dengan rangkuman karier kamu  hingga saat ini. Namun, simpan sebagian besar detail untuk bagian ‘pengalaman’ di profil kamu. Buat ringkasan Anda untuk memperkenalkan diri ke jaringan Anda, menunjukkan keterampilan, sorotan karier, tujuan, dan motivasi kamu.

Kamu juga bisa menulis tentang apa yang kamu sukai, apa yang membuat kamu tergerak, dan apa yang membuat kamu bangun di pagi hari. Pastikan kamu tidak menulis dengan kalimat yang berlebih, dan pastikan tetap singkat dan jelas.

4. Isi Pengalaman Kerja ataupun Organisasi

Kamu perlu memberikan gambaran lengkap tentang karier kamu hingga saat ini. Untuk setiap posisi yang pernah kamu jabat, sertakan deskripsi mengenai peran dan tanggung jawab kamu di perusahaan. Pastikan kamu menyorot pencapaian atau proyek penting yang telah kamu kerjakan. Dengan begitu, perekrut tidak perlu membaca deskripsi pekerjaan lain, mereka hanya perlu melihat bagaimana kamu unggul dalam setiap peran kamu.

5. Minta Rekomendasi

sumber: google

Profil yang baik paling tidak memiliki satu rekomendasi. Maka, kamu bisa coba bertanya kepada pemberi kerja sebelumnya, rekan kerja, atasan, ataupun teman profesional lainnya yang relevan untuk memberikan rekomendasi mengenai pekerjaan kamu. Biarkan mereka menuliskan pujian mengenai kinerja Anda, dengan begitu para rekruter akan tertarik dengan rekomendasi yang telah ditulis oleh atasan atau orang yang merekomendasikan kamu.

Pastikan Anda memberikan rincian pengalaman profesional Anda, dengan cara memberikan pembaca sebuah impresi yang lebih baik tentang kepribadian dan ambisi karier Anda.

6. Posting Sesuatu hal

Mulailah memposting suatu hal yang positif seperti pengalamanmu selama kuliah, project yang kamu lakukan, ataupun membagikan opinimu tentang suatu hal yang didasarkan dengan riset yang terpercaya. Jangan sembarang memposting hal-hal yang bertujuan menjatuhkan orang ataupun pihak tertentu.

Itulah beberapa tips jitu agar LinkedIn mu di lirik oleh perusahaan yang kamu ingini. Dengan menerapkan tips di atas kamu dapat mengoptimalkan profil LinkedIn kamu. Silahkan Mencoba~

%d bloggers like this: