Fitur Terbaru Whatsapp Untuk Mencegah Hoax | SevenAds

Di zaman yang semakin modern, Informasi dan berita hoax masih tetap menjadi masalah yang tak terselesaikan hingga hari ini. Hoax adalah berita atau informasi yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya sehingga tidak dapat dipertanggung jawabkan. Nah untuk mencegah tersebarnya hoax, Whatsapp meluncurkan fitur terbarunya.

Dengan kemajuan teknologi juga menyebabkan berbagai berita dan informasi bohong ikut tersebar dengan sangat cepat dan tanpanya edukasi yang tepat untuk mencegah tersebarnya berita hoax maka kedepannya akan sulit untuk mencegah berita hoax.

Jadi, apa saja sih kegunaan fitur baru yang diluncurkan WhatsApp? Yuk simak dibawah ini!

Fitur Teruskan ke Browser

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari informasi terkait berita yang telah diteruskan. Pada saat pengguna menerima pesan yang diteruskan, Whatsapp akan memberikan tambahan ikon dalam bentuk kaca pembesar yang muncul di samping pesan. Saat ikon tersebut di klik maka pengguna akan diarahkan untuk mencari pesan tersebut melalui media browser.

Hal ini mampu menghindari termakan berita hoax, oleh karena itu, sebelum ada berita baru pastikan anda double check ke situs online lainnya sebelum menyebarkan berita tersebut.

Untuk menjaga privasi pengguna, Whatsapp tidak akan mengetahui pesan yang diunggah ke dalam browser. Dengan begitu enkripsi end-to-end tetap terjaga karena pengguna adalah orang yang mengirim konten pesan yang diteruskan ke browser.

Baca juga: Hati-hati Dalam Membagikan Gambar di Media Sosial! Ini Alasannya

Meminta Agar Pesan di Forward

Sebuah berita dan informasi hoax biasanya mengandalkan penyebaran dari pengguna ke pengguna. Oleh karena itu, jika berita dan informasi disertai oleh permintaan untuk meneruskannya Anda harus curiga bahwa berita dan informasi tersebut adalah hoax. 

Dengan memanfaatkan fitur teruskan ke browser, kamu dapat mendeteksi dengan gambar yang digunakan, mudah sumber informasi,  dari konten pesan yang Anda terima. 

Ciri-ciri Informasi Hoax Menyebarkan Kecemasan dan Ketakutan

Jika konten berita menimbulkan kecemasan dan ketakutan, maka kamu harus waspada terhadap kebenaran berita dan informasi tersebut. Biasanya berita dan informasi seperti ini dibumbui oleh kata-kata yang bombastis dan berlebihan. 

Kata-kata yang berlebihan dan bombastis tersebut dimaksudkan untuk memancing reaksi emosional pembaca. Oleh karena itu, jika kamu mendapatkan berita atau informasi yang dibumbui kata-kata berlebihan yang memancing emosi kamu harus berhati-hati karena bisa jadi itu adalah berita hoax.

Baca juga: Tips Dalam Mendeteksi Internet Hoax di Zaman Now

Identitas Penyebar Informasi Tidak Jelas

Jika kamu menerima sebuah berita, maka kamu dapat menelusuri asal berita tersebut. Kamu dapat melihat apakah asal berita tersebut dari situs yang dapat dipercaya seperti portal-portal berita yang sudah dikenal masyarakat. Jika portal berita yang Anda temukan sebagai asal dari informasi tersebut tidak jelas dan bahkan tidak memiliki struktur portal layaknya sebuah portal berita, maka kemungkinan berita tersebut adalah hoax sangat besar.

Menggunakan Foto yang Tidak Ada Hubungannya Dengan Isi Informasi

Salah satu ciri lain dari berita dan informasi hoax adalah penggunaan foto yang tidak tepat. Banyak informasi dan berita hoax yang mencatut foto dari kejadian lain kemudian mengklaimnya sebagai bukti pendukung kebenaran informasi dan berita tersebut. 

Oleh karena itu, kamu dituntut harus jeli dalam mengidentifikasi penggunaan foto tersebut. Jika terbukti foto yang digunakan adalah foto kejadian lain yang tidak berhubungan dengan informasi dan berita yang kamu terima, maka kemungkinan besar berita dan informasi yang kamu terima adalah hoax.

%d bloggers like this: