Fitur-fitur WhatsApp Bussiness yang Mempermudah Bisnis Anda | SevenAds

WhatsApp, aplikasi chatting yang banyak digemari orang ini memiliki salah satu fitur yang mampu mempermudah bisnismu! Sesuai dengan judul diatas, kita akan mengulas fitur-fitur dan cara mengatur WhatsApp Bussiness.

WhatsApp memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif setiap hari. Banyak pemilik usaha kecil menggunakan platform ini untuk menangani pesanan, menjawab pertanyaan layanan pelanggan, dan mengelola hubungan pelanggan. Namun, prosesnya bisa memberatkan jika kita menggunakan akun pribadi karena segala sesuatu harus kita lakukan secara manual.

Oleh karena itu, hadirlah WhatsApp for Business. Akun ini memungkinkan Anda mempersonalisasi brand Anda di platform dan berhenti menggunakan nomor telepon pribadi untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda. Membantu sekali yaa tentunya…

Aplikasi ini adalah upaya pertama Facebook untuk membantu usaha kecil dan menengah untuk membantumeningkatkan layanan pelanggan mereka di WhatsApp Anda dapat mengatur pesan otomatis dan membuat label khusus untuk mengatur percakapan.. Anda juga dapat membuat profil bisnis dengan informasi yang relevan untuk pelanggan Anda seperti informasi kontak, deskripsi, kategori bisnis, dan banyak lagi.

Berikut adalah cara-cara untuk mengatur akun Anda menjadi WhatsApp Bussiness: 

1. Membuat Akun WhatsApp Bussiness Terlebih Dulu

Anda dapat mengunduh aplikasi WhatsApp Business secara gratis. Setelah Anda menginstal aplikasi dan menyetujui persyaratan, masukkan nomor telepon untuk akun Anda. Pendaftaran ini harus menggunakan nomor telepon yang dapat menerima pesan melalui SMS.

Setelah selesai melakukan pendaftaran, kemudian akan mengirim pesan SMS ke telepon Anda. Masukkan kode enam digit di aplikasi untuk memverifikasi nomor Anda.

2. Lengkapi Profil Bisnis Anda

Setelah Anda membuat akun untuk bisnis Anda, selanjutnya adalah melengkapi profil Anda. Ketuk ikon menu (dengan titik tiga) di sudut kanan atas layar dan pilih Pengaturan. Pada halaman Pengaturan, arahkan ke Pengaturan Bisnis lalu pilih Profil.

Ketika Anda mengisi profil bisnis Anda, sertakan informasi yang akan membantu pelanggan dan prospek seperti deskripsi bisnis, URL, alamat email, dan lokasi. Setelah selesai, ketuk Simpan di kanan atas.

Sekarang Anda siap untuk mulai menggunakan akun bisnis Anda, dan bisa langsung berinteraksi dengan pelanggan Anda.

3.Mengatur Respons Otomatis

Di Bisnis settings, Anda akan menemukan opsi untuk menyiapkan balasan cepat, dan meninggalkan pesan sapaan. Menyiapkan pesan otomatis membantu Anda meningkatkan komunikasi dengan pelanggan dan memberikan informasi yang mereka cari.

Misalnya, Anda dapat mengirim balasan otomatis dengan menu dan pesanan, atau memberikan informasi penting lainnya yang sering diminta oleh pelanggan atau respons otomatis lainnya yang sesuai dengan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pembeli.

Fitur ini tentu mempermudah anda dalam membalas chat dan berinteraksi dengan pelanggan, tidak perlu repot untuk mengirimkan pesan sapaan satu-satu kini anda dapat mengirimkannya dengan otomatis.

 4. Buat Label untuk Mengatur Percakapan

Label percakapan adalah fitur praktis untuk mengatur pesan Anda dengan pelanggan saat ini. Menggunakan label khusus Anda sendiri memungkinkan Anda memindahkan percakapan di sepanjang funnel penjualan dan menyiapkan proses untuk tim layanan pelanggan Anda untuk mengelola percakapan di platform.

Nahh, Perlu diingat bahwa akun bisnis WhatsApp juga memiliki opsi untuk digunakan di desktop untuk menerima dan membalas pesan. Jika Anda memiliki banyak orang di tim layanan pelanggan Anda, WhatsApp Web mungkin menjadi cara yang lebih efektif untuk merespons pelanggan daripada aplikasi seluler.

6.Melihat Statistik Pesan Anda

Untuk melihat gambaran umum kinerja layanan pelanggan Anda, buka akun bisnis WhatsApp Anda, buka Pengaturan Bisnis, dan klik tautan Statistik. Anda dapat melihat jumlah pesan yang dikirim, terkirim, dibaca, dan diterima di platform.

 Nahh itu dia cara dan fitur-fitur yang dimiliki WhatsApp Bussiness. Sudah saatnya beralih ke caranya lebih praktis! Jika anda tertarik dalam dunia digital, dan ingin memaksimalkan bisnis anda dengan digital marketing ataupun terjun ke sosial media silahkan hubungi kami disini.

%d bloggers like this: