Fenomena Desain Grafis Dibayar dengan Desain Gratis, Kok Bisa? | SevenAds

Desain grafis merupakan salah satu cara komunikasi dengan mengandalkan objek visual berupa gambar agar pesan dapat disampaikan dengan mudah. Desain grafis saat ini identik dengan bidang digital. Apalagi di zaman yang serba digital zaman sekarang, semua orang pastinya membutuhkan bidang yang satu ini.

Namun, sayangnya seorang graphic designer kerap kali mendapatkan perlakuan yang kurang menyenangkan. Lebih parahnya lagi, terkadang ada beberapa oknum yang tidak membayar jasa dari seorang graphic designer.

Bahkan, kalimat-kalimat ‘nyelekit’ sering dilontarkan dari oknum yang menyepelekan hasil kerja graphic designer. Contoh kalimat-kalimat ‘nyelekit’ yang sering dilontarkan di antaranya:

“Masa cuma desain gitu doang mahal banget sih”

“Kan kita teman, gratisin bisa kali”

“Boleh bikinin desain kayak gini gak? Tapi gratis yaa. Kan buatnya gak susah hehe”

Nah, sebetulnya apa sih yang membuat orang memiliki stigma bahwa mendesain suatu hal mudah? Sampai-sampai mereka menyepelekan hasil kerja seorang graphic designer. Untuk itu, cari tahu alasannya dari penjelasan berikut!

“Kan kita teman, gratisin bisa kali” Bullshit! Kalau Teman Harusnya Saling Support

Bagi kamu graphic designer lalu mendapatkan jasa orderan dari temanmu, lalu dapat balasan “Kan kita teman, gratisin bisa kali”. Kamu dapat menjawabnya dengan “Kalau teman harusnya support temannya juga dong”. Jangan mau kerja keras dan usahamu hanya dibayar dengan gratis ataupun ‘harga teman’.

Baca juga: Memiliki Toxic Team Mate di Lingkungan Kerja? Mencoba Be Strong Dengan Cara Ini!

Karena untuk menuangkan ide dan kemampuanmu dalam mendesain bukanlah perkara yang dapat dibayar dengan gratis. Sehingga ada baiknya kamu berani mengatakan “tidak” untuk dibayar dengan harga ‘cuma-cuma’.

Lakukan Sistem “Ada Uang, Ada Barang”

Hal yang satu ini perlu kamu lakukan untuk menghindari hasil kerjamu dibayar gratis. Kamu bisa menyiasatinya dengan memberlakukan DP (uang muka) saat mendapat orderan.

Dengan cara tersebut, kamu akan mendapat label seorang graphic designer yang ‘profesional’. Ditambah lagi, cara tersebut dapat terhindar dari kasus penipuan.

Berikan Patokan Harga Minimum yang Masih Terbilang Wajar

Bagi graphic designer yang menerima orderan desain dari client, jangan berikan harga di bawah standar. Karena hal tersebut dapat menjatuhkan nilai harga dari desain yang kamu buat. 
Nah, beberapa poin di atas merupakan cara agar kamu para graphic designer tidak mendapatkan kalimat-kalimat ‘nyelekit’. Dan juga agar kamu terhindar dari desain gratis!

%d bloggers like this: