Efektivitas Instagram Insight Bagi Akun Bisnis-Mu | SevenAds

Bagi para pengguna Instagram business tentunya sudah tahu kalau pada menu instagram terdapat tools insight yang memiliki banyak sekali kegunaan. Namun, banyak para pebisnis hanya asal menggunakan Instagram, tanpa tahu hasil dan report data yang seharusnya bisa jadi acuan untuk strategi berikutnya.

Instagram Insight dapat menjadi tool gratis untuk membantu kamu dalam menganalisis usaha instagram marketing lohhh karena dapat memberikan data maupun statistic untuk menginformasikan strategi sosial media dan penjadwalan konten kamu.

Jadi, yuuk kita ulas secara dalam Instagram Insight sebagai tool analytic data penggunaan instagram anda serta traffic followers-followers anda!

Instagram Insights

Jika Anda telah menyiapkan akun bisnis Instagram, Anda memiliki akses ke tool analityc Instagram gratis melalui aplikasi.

Instagram Insights menyediakan statistik dasar untuk menilai upaya Instagram marketing Anda. Cari tahu lebih lagi tentang follower Anda, kapan mereka sedang menggunakan Instagram, dan apa posting teratas Anda . Informasi ini akan  membantu Anda memilih konten yang lebih mungkin menghasilkan banyak engagement (keterlibatan) dengan audience Anda.

kekurangannya, Anda harus banyak melakukan navigasi untuk melihat semua statistik ini. Alangkah baiknya jika Instagram membiarkan Anda melihat data ini di desktop atau bisa mendownload hasilnya.

Tools-tools didalam Instagram Insight:

Profile analytics

  1. Follower count: Jumlah orang yang mengikuti akun Instagram.
  2. Call clicks / Email clicks: jumlah klik untuk to menghubungi atau mengirim email bisnis Anda.
  3. Impressions: jumlah berapa kali semua postingan Anda dilihat pengguna.
  4. Posts: Jumlah postingan yang sudah Anda publish.
  5. Mentions: The number of Instagram posts mentioning your Instagram handle.
  6. Reach: Jumlah pengguna yang telah melihat beberapa postingan Anda.
  7. Profile views: Jumlah berapa kali profil Anda dilihat.
  8. Branded hashtags: The number of Instagram posts with your branded hashtags.
  9. Website clicks: Jumlah klik pada link website yang ada di bio profile Anda.

 Audience insights Instagram

  1. Gender: Distribusi gender follower Anda (pria atau wanita).
  2. Age: Distribusi usia pengikut Anda (13-17, 18-24, 25-34- 35-44, 45-54, 55-64, 65+).
  3. Followers – Days: suatu hari dalam seminggu ketika follower Anda paling aktif.
  4. Top locations: Lima kota dan negara teratas tempat follower Anda berada.
  5. Followers – Hours: Waktu rata-rata (dalam jam) follower Anda berada di Instagram pada setiap hari dalam seminggu.

Postingan Instagram (Foto atau Video)

  1. Impressions: jumlah berapa kali sebuah postingan Anda dilihat pengguna.
  2. Comments: Jumlah komentar dalam sebuah postigan Anda.
  3. Reach: Jumlah pengguna yang telah melihat sebuah postingan Anda.
  4. Engagement: Jumlah pengguana yang like (suka), save (menyimpan), atau  comment (komentar pada sebuah postigan Anda
  5. Views: Jumlah views yang melihat postingan video.
  6. Likes: : Jumlah pengguna yang menyukai sebuah postingan.
  7. Saved: Jumlah pengguna yang menyimpan sebuah postingan.

Instagram Stories

  1. Exits: jumlah berapa kali para pengguna pergi dari stories Anda.
  2. Impressions: Jumlah berapa kali foto atau video tertentu dilihat lewat stories Anda.
  3. Replies: Jumlah balasan komentar di foto atau video tertentu pada stories.
  4. People insights: Daftar akun yang telah melihat foto atau video tertentu dalam stories Anda.
  5. Reach: Jumlah pengguna yang melihat foto atau video tertentu di Instagram stories Anda.

Tips Menggunakan Instagram Insight

Setelah mengumpulkan semua metrik dan mengetahui insight audience, Anda bisa untuk meningkatkan Instagram marketing Anda. Berikut adalah beberapa ide tentang cara menggunakan Instagram Insight untuk mencapai hasil yang lebih baik:

Ubah hari dan / atau waktu posting Anda Sesuai Dengan Statistik

Sama seperti Facebook , sejak diperkenalkannya algoritma yang baru di Instagram, mungkin tidak ada satu waktu terbaik untuk posting di Instagram. Sebagai gantinya, masing-masing brand memiliki waktu yang tepat  tersendiri untuk posting. Dengan analisis Instagram, Anda dapat menemukan waktu posting Anda yang sempurna.

Anda bisa posting selama jam sibuk untuk menjangkau audience Anda, saat mereka paling aktif atau pasca-jam sibuk bila mungkin ada sedikit persaingan pada umpan pengikut Anda. Saya akan merekomendasikan bereksperimen dengan baik untuk menentukan waktu posting Anda yang sempurna.

Dengan Instagram Insights dari aplikasi Instagram, Anda dapat mengetahui hari-hari kapan follower Anda paling aktif dan rata-rata mereka berada di Instagram pada hari apa saja. Ataupun dapat mengikuti acuan ini:

Tingkatkan konten Anda berdasarkan kinerja atau demografi pengikut

Dengan menggunakan Wawasan Instagram, Anda dapat dengan mudah mengetahui pos dan cerita teratas Anda berdasarkan tayangan, jangkauan, dan keterlibatan. Setelah Anda memilah-milah posting teratas Anda, apakah Anda memperhatikan adanya tren?

Anda juga dapat menggunakan demografi pengikut dan pemahaman Anda tentang target pemirsa Anda untuk meningkatkan konten dan menariknya. Misalnya, jika sebagian besar pengikut Anda adalah wanita berusia 35-44 tahun yang suka merancang, dapatkah Anda membuat konten yang sesuai dengan mereka lebih dari pengikut Anda lainnya?

Buat Instagram Story yang Menarik

Anda juga dapat menggunakan data stories Instagram untuk memperbaiki posting stories. Instagram Insights dari aplikasi Instagram menyediakan data seperti view, exits, dan replies, yang dapat Anda gunakan untuk menceritakan stories yang lebih baik.

Kita juga bisa menyelami stories tertentu: Kebanyakan orang keluar dari stories video kita di foto pertama jadi mungkin kita bisa mengerjakan headline untuk stories selanjutnya.

Dengan kemudahan yang diberikan oleh instagram, tentunya kita harus menggunakan dengan baik dan menentukan strategi yang harus kita lakukan agar tepat sasaran dan efektif. Tapi, Instagram kamu terbengkalai? Tidak ada yang mengurusi? SevenAds punya solusinya, hubungi kami disini!

%d bloggers like this: