Durasi yang Ideal Untuk Iklan Pemasaran | SevenAds

Pernah lihat iklan yang muncul di TV ataupun di social media lainnya dengan format iklan? Konten berbentuk video selalu efektif dalam menarik perhatian audiens. Perpaduan audio, visual, dan konten cerita yang menarik membuat konten berbentuk video cukup lengkap dan instan dalam menyampaikan pesan brand.

Saat video iklan muncul, secara otomatis kita akan memutuskan apakah video tersebut akan lanjut ditonton, atau di skip, atau bahkan di klik. Zaman sekarang rasanya sangat sulit untuk menjaga perhatian user, semuanya penuh distraksi, notifikasi chat, notifikasi app lain, banner, kolom komentar, dan berbagai macam tombol lainnya. 

Kampanye pemasaran digital menggunakan konten video penting untuk dilakukan dan dapat menjadi senjata ampuh bagi brand. Selain bentuk visual yang menarik, konten video dapat menyampaikan pesan secara efektif kepada para audiensnya.

Durasi Video Pemasaran yang Ideal

Durasi sangat penting dalam pemasaran video, karena durasi yang singkat dengan pesan yang efektif dan tepat dapat menyampaikan pesan dan agar konten video tersebut tidak terpotong secara otomatis oleh platform yang digunakan. 

Berikut ini rekomendasi durasi video yang terbaik untuk masing – masing jenis media sosial:

● Instagram: 30 Detik

● Twitter: 45 Detik

● Facebook: 1 Menit

● YouTube: 2 Menit

Semakin singkat durasi video maka semakin baik, karena mayoritas audiens cenderung cepat jenuh melihat video yang terlalu lama. Selain itu, semakin panjang durasi video, biaya produksi yang dikeluarkan brand pun dapat lebih tinggi pula.

Namun bukan berarti video berdurasi panjang tidak berguna dan tidak boleh digunakan. Video berdurasi panjang dapat berfungsi untuk memberikan penjelasan detail, terutama tentang hal-hal teknis. Dan saran mengenai video ini adalah, “Jangan menggunakan video berdurasi panjang tanpa alasan”.

Jenis Konten beserta Durasi Ideal

1.Tutorial/ Explainer

Tujuan dari konten tutorial dipakai untuk menunjukkan cara kerja dan penjelasan mengenai produk yang di promosikan. Video tutarial idealnya memiliki durasi kurang dari dua menit, sekitar 45-90 detik.

2. Video Komersial Kreatif

Video komersial biasanya kita lihat di media televisi yang disiarkan dengan biaya sangat mahal, salah satu faktornya karena durasi yang panjang sehingga banyak pengiklan mempersingkat iklan mereka. Itulah mengapa kebanyakan iklan saat ini sangat singkat. Durasi yang ideal yaitu 15-45 detik tergantung isi konten dan penyampaian pesannya.

3. Testimonial

Jenis video yang paling informatif menyediakan review ataupun testimonial dari influencer/consumer/pelanggan yang telah membeli sehingga memberikan kesan terpercaya. Tidak ada durasi yang dibatasi untuk jenis konten ini, namun durasi ideal kira-kira 60-120 detik.

Nah, itu dia durasi yang ideal untuk setiap platform dan jenis konten video pemasaran yang akan digunakan. Perhatikan durasi yang di pakai sehingga tidak terlalu panjang dan menjadi tidak efektif karena tidak menarik. Jika anda butuh bantuan dalam pemasaran/promosi serta strategi marketing yang tepat untuk produk/brand anda, silahkan konsultasi bersama kami disini.

%d bloggers like this: