Dorong Penjualan dengan Posting Instagram Seperti Ini | SevenAds

Sebuah posting Instagram yang bagus tidak sesederhana memotret sebuah foto, mengaplikasikan filter dan mempostingnya ke Instagram feed Anda. Untuk membuat suatu dampak yang nyata, posting foto Instagram Anda perlu dibuat dengan hati-hati dan memiliki sebuah tujuan.

Kali ini kita akan menemukan cara posting Instagram yang meningkatkan engagement dan memberi dorongan pada penjualan produk.

1. Cari angle menarik

Pikirkan tentang apakah Anda harus menampilkan seluruh produk, menampilkan produk dengan frame tertentu atau menyertakan item atau brand yang lain untuk menemani produk tersebut. Untuk mendapatkan foto yang berkualitas cobalah menemukan dan mencoba-coba dari berbagai angle untuk membuat produk terkesan menarik dan menjual.

Setelah Anda menemukan angle yang paling efektif untuk produk Anda, tetap konsisten dengan pendekatan tersebut. Jangan lupa bahwa posting Instagram Anda juga merupakan bagian dari brand Anda.

2. Desain gambar yang menarik perhatian

Jika Anda posting foto produk pada Instagram, gunakan kreativitas Anda ketika mengambil gambar dan pastikan itu mencerminkan suatu yang bagus pada produk.

Desain gambar harus menarik perhatian dan membantu mending brand awareness dari brand itu sendiri, harus konsisten dan selalu inovatif sehingga dapat dinilai mengikuti perkembangan zaman dan dapat menarik perhatian audiens yang melihat hanya dalam satu kedipan.

3. Fokus pada pencahayaan

Baik foto yang diambil di dalam ruangan atau di luar ruangan, pencahayaan yang bagus sangatlah penting. Pencahayaan juga menceritakan sebuah cerita tentang produk Anda. Bahkan dengan tweaker dan tuning pencahayaan pada alat editing Instagram sering tidak dapat memperbaiki ataupun mengedit foto yang diambil dengan cahaya redup.

Pikirkan tentang apakah foto Anda harus ditampilkan berwarna atau hitam putih, dan bagaimana untuk menggambarkan foto tersebut dengan baik. Prada memposting berbagai foto yang diambil dalam pencahayaan yang unik. Pengambilan foto mereka yang profesional seperti berbicara brand mereka secara khusus.

4. Gunakan Filter

Instagram menyadari sejak awal bahwa nilai dan perbedaan terdapat dalam filter nya. Setiap filter memiliki cerita unik yang berkomunikasi. Sementara ada beberapa bukti bahwa foto tanpa filter bisa memberi hasil yang baik, filter mungkin diperlukan untuk mencapai tampilan yang koheren untuk brand Anda.

5. Bekerja sama dengan influencer

Instagram adalah rumah bagi selebriti baru atau disebut dengan influencer media sosial. Influencer secara otomatis sudah memiliki daftar distribusi dengan kelompok besar follower dan mempunyai opini yang terpercaya ketika mereka membeli produk Anda. Saat bekerja sama dengan influencer, Anda bisa memanfaatkan popularitas digital mereka untuk memperluas follower Anda dan meningkatkan penjualan.

Bekerja sama dengan influencer dinilai sangat efektif karena influencer itu sendiri sudah memiliki ketenaran yang dapat membuat produk/brand yang di iklankan semakin naik.

6. Tambahkan hashtag yang relevan

Hashtags membuat foto Anda dapat ditemukan. Gunakan hashtag populer ketika mereka berlaku untuk foto Anda atau brand Anda.

Yang terbaik adalah tetap dengan 3 sampai 5 hashtags dalam satu posting foto. Anda tidak ingin membebani foto Anda dengan terlalu banyak hashtags karena itu dapat dilihat sebagai hal yang putus asa. Anda juga harus berhati-hati ketika menggunakan hashtags yang sedang menjadi trend.

Berikan hastag yang relevan dan sesuai dengan konten yang dibuat. Harus ada kaitan antara hastag dan isi konten itu sendiri sehingga dapat menarik audiens lebih banyak lagi melalui hastag tersebut.

7. Beri Caption untuk Menarik Perhatian Follower

Anda dapat memberikan sebuah “kehidupan” pada foto di Instagram dengan caption yang menarik. Awalan caption harus menarik karena dalam 3 baris pertama menentukan apakah audiens akan melanjutkan membaca atau tidak.

Jangan terlalu bertele-tele dalam menyusun kalimat di caption, karena pada dasarnya caption yang menarik adalah caption yang informatif, singkat, padat dan jelas.

Semakin besar interaksi yang diperlihatkan, maka pemasaran produk yang Anda lakukan tentunya juga semakin efektif. Untuk itu, kesuksesan menjual produk melalui Instagram salah satunya juga dilihat dari jumlah follower yang Anda miliki.

8. Gunakan Call to Action

Pertimbangkan untuk menambahkan Call to Action pada posting Anda yang dapat mendorong para audiens atau customer  untuk melakukan sesuatu. Anda bisa menambahkan kata-kata seperti “Belanja Sekarang!” atau “Download Now” yang bisa Anda tempatkan pada caption, tapi pastikan action tersebut relevan dengan posting Anda.

Jika Anda sukses mendorong para audiens, customer atau follower untuk melakukan sesuatu yang Anda inginkan, secara otomatis keterlibatan follower dengan Anda akan meningkat. Hal tersebut membuat bisnis online Anda bisa lebih berkembang.

Namun untuk lebih mendorong perkembangan bisnis Anda, semakin banyak follower yang terlibat dengan Anda adalah sesuatu yang sangat bagus. Oleh karena itu, Anda bisa menambah follower untuk mendorong perkembangan bisnis yang lebih luas.

Itu dia delapan hal yang harus kamu perhatikan untuk mendorong penjualan kamu melalui social media marketing yang harus kamu tekuni sehingga dapat meningkatkan brand awareness dan engagement audiensmu.

Jika kamu ada pertanyaan seputar social media marketing yang masih membuatmu bingung dan bertanya-tanya, silahkan hubungi kami disini.

%d bloggers like this: