Digital Marketing Vs Online Marketing | SevenAds

Dalam dunia bisnis saat ini istilah dari pemasaran atau Marketing sangatlah melekat dan yang mana pasti digunakan oleh beberapa perusahaan yang ada. Tidak sedikit Perusahaan skala kecil dan perushaan yang besar menggunakan metode marketing dengan media Internet dan tidak jarang pun ada yang masih kesulitan untuk beradaptasi dengan metode baru ini.

Pengertian Pemasaran secara umum adalah suatu kegiatan menyeluruh yang terencana dan dilakukan oleh institusi dalam melakukan usaha pemasaran produk atau jasanya guna meningkatkan permintaan pasar kepada masyarakat secara umum. Mari kita lihat ulasan perbedaan dari digital marketing dengan online marketing.

Definisi Digital Marketing

Pemasaran digital atau digital marketing adalah istilah umum untuk pemasaran bertarget, terukur, dan interaktif dari produk atau jasa menggunakan teknologi digital untuk mencapai, mengubah, mengarah ke pelanggan dan mempertahankan mereka.

Digital Marketing adalah upaya penggunaan jaringan digital, perangkat, dan platform (terlepas dari apakah perangkat atau platform bersifat online atau offline) untuk membuat atau mempromosikan pesan pemasaran Anda. Dengan kata lain, istilah Digital Marketing tidak melulu terkait dengan penggunaan jaringan internet. Dan Digital Marketing juga bisa dibilang sebagai ‘payung’ dari berbagai teknik pemasaran, kecuali teknik pemasaran yang masih menggunakan cara tradisional (surat-menyurat, dan sebagainya).

Sebagai contoh, misalkan Anda ingin mengirimkan suatu pesan kampanye untuk mempromosikan produk bisnis Anda via SMS, maka itu termasuk teknik Digital Marketing walaupun menggunakan SMS yang tidak memakai jaringan internet. Jika dirumuskan, contoh dari jenis-jenis Digital Marketing adalah E-mail Marketing, Content Marketing, Video Marketing, Advertising.

Tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan merek, membangun preferensi dan meningkatkan penjualan melalui berbagai pemasaran digital teknik. Hal ini diwujudkan oleh pilihan yang luas dari layanan, produk dan pemasaran merek taktik, yang terutama menggunakan internet sebagai media promosi inti, selain Handphone TV dan radio.

Definisi Marketing Online

Pemasaran online atau Online Marketing mengacu pada satu set alat yang kuat dan metodologi yang digunakan untuk mempromosikan produk dan jasa melalui internet. Pemasaran online meliputi berbagai elemen pemasaran dari pemasaran bisnis tradisional dengan menggunakan jaringan ekstra dan mekanisme pemasaran yang tersedia di Internet.

Online Marketing merupakan bagian dari Digital Marketing yang berarti Online Marketing berada di bawah ‘payung’ Digital Marketing. Perbedaan terbesarnya adalah teknik Online Marketing mengharuskan pengguna menggunakan jaringan internet untuk melaksanakan tugas pemasarannya. Seiring dengan berkembangnya teknologi, teknik Online Marketing pun juga ikut berkembang secara pesat. Sehingga bagian pemasaran harus benar-benar ‘melek’ dan mengikuti arus perkembangan teknologi yang selalu ter-update. Contoh dari teknik Online Marketing adalah: SEO (Search Engine Optimization), PPC (Pay-Per-Click), Display Advertising, Social Media Marketing (Facebook Ads, Instagram Ads, dan lainnya)

Nah, Itulah ulasan tentang berbedaan online marketing dengan digital marketing yang Secara umum banyak yang mengaitkan “digital marketing” sama dengan “online marketing” dan dengan hal itulah membuat keduanya menjadi satu kesatuan sebagai badan internet marketing atau online marketing.

%d bloggers like this: