Di Balik Decoy Effect, Strategi Marketing Yang Bikin Kamu Boros! | SevenAds

Pernah kan kamu menghadapi situasi seperti ini? kalau kamu dihadapkan dengan 2 pilihan seperti MCD (small, large) pasti kamu akan memilih yang lebih murah kan? Namun, jika kamu dihadapkan oleh 3 pilihan seperti starbucks dengan pilihan tall, grande dan venti nya pasti kamu akan memilih yang secara akumulasi lebih murah yakni ukuran venti. 


Atau, kamu pernah jadi korban mbak-mbak SPG di mall yang suka bilang, “Yakin nih kak, cuma beli 1? Kalau beli 2 nanti harganya jadi lebih murah, loh!”

SELAMAT! Kamu terkena ‘Decoy Effect”

Sebelum itu, apa sih yang dimaksud dengan decoy effect? Decoy effect merupakan sebuah strategi psikologi marketing yang bertujuan untuk mempengaruhi pilihan kamu dalam membeli barang atau menggunakan jasa. Decoy effect digunakan untuk membuat konsumen tanpa disadari memilih dan memilih pilihan yang paling mahal. 

Baca juga: Bisnis-mu Ngestuck, dan Sulit Mendapatkan Customer Baru? Coba Atasi dengan Re-branding!

Cara decoy effect mempengaruhi konsumen

Bila hanya dihadapkan oleh 2 pilihan, seorang konsumen akan lebih sulit dalam menentukan keputusannya. Namun, decoy effect menyediakan hingga 3 pilihan sehingga dapat membantu mempermudah konsumen dalam menentukan keputusan tanpa harus berpikir panjang. 

Jenis Decoy Effect yang ada di pasaran, antara lain:

Variasi harga dengan ukuran 

This image has an empty alt attribute; its file name is 4MKG_MAi_5PuCzO0zeuvpycnu1r2d1jOhNx9DjTsg118oMbdTVahj9jSUTd-CIKIaMdZxtfalXuU2OMZOZP81o_WAg76CPnYwiAvjGgFwVGOW3QxWqlO-QiF6GVIzDL3HQYRAUFQ

Seperti yang dilakukan oleh Starbucks, mereka memberikan 3 pilihan dengan 3 jenis harga dan ukuran yang berbeda (Tall, Grande, Venti). Mereka menggunakan venti (medium) sebagai umpan pengalih untuk membuat konsumen memilih ukuran yang paling besar karena selisih harga yang tipis dengan yang medium. 

Harga Grosir

Siapa yang suka beli baju sekalian banyak supaya bisa beli dengan harga grosir? Yang awalnya hanya ingin membeli 1 baju, tapi karena dengan membeli 4 baju dapat menguntungkan secara harga. Lagi-lagi kamu terkena decoy effect. 

Banyak sekali strategi marketing yang kamu bisa terapkan untuk bisnis kamu loh. Bingung mau pake strategi mana yang tepat untuk mensukseskan bisnis mu? konsultasikan disini

%d bloggers like this: