Coca-Cola vs Pepsi. Siapa yang benar-benar Menguasai Pangsa Pasar Dunia | SevenAds

Selama kurun waktu yang mencapai 100 tahun, Coca Cola dan Pepsi selalu mengadakan perubahan mulai dari kemasan, variasi jenis cola, bentuk logo dan slogan. Setiap tahunnya Coca Cola dan Pepsi menciptakan slogan yang menjadi tema utama advertising campaign, hal tersebut tidak hanya berpengaruh pada iklan saja melainkan semua kegiatan komunikasi yang dilakukan keduanya.

Coca Cola meluncurkan tema advertising campaign yaitu Open Happiness pada tahun 2009 dan di saat yang bersamaan Pepsi dengan Refresh Everything Uniknya keduanya “berperang” tidak hanya dengan menggunakan iklan satu arah melainkan melibatkan target market- nya, seperti Pepsi yang membuat program untuk menampung seribu lebih ide dari seluruh dunia untuk dilaksanakan dalam rangka membangkitkan semangat di setiap bidang seperti musik, pendidikan dan komunitas.

Sedangkan Coca Cola menciptakan ambient dalam bentuk vending machine dan happiness machine di beberapa negara serta program hadiah Natal dalam bentuk tiket pulang bagi beberapa tenaga kerja Filipina di Amerika beserta dengan pelayanan dan penyambutan. Keduanya memiliki berbagai macam program dalam advertising campaign agar pesan dari tema yang digunakan dapat sampai ke hati masyarakat. 

Kedua brand ternama US ini menggunakan Advertising campaign sebagai bagian dari strategi kreatif yang merupakan komponen dalam komunikasi pemasaran terpadu. Kedua brand ini sama-sama berasal dari US namun, coca-cola lah pelopor utama minuman cola kemudian disusul oleh pepsi namun, yang sangat disayangkan Uni soviet pernah menjadi satu-satunya negara di dunia yang tak bisa ditaklukkan coca-cola karena kalah saing dengan pepsi. Beberapa alasannya menurut konsumen bahwa harga yang ditawarkan coca cola relative lebih mahal dibanding pesaingnya pepsi.

Hal lainnya yang membuat Pepsi dapat mengalahkan pesaingnya itu. Pepsi mengeluarkan banyaknya varian produk mulai dari minuman ringan, minuman kesehatan dan juga makanan. Namun pertarungan kedua merek juga terjadi di arena olahraga coca cola identic dikaitkan dengan Olimpade karena menjadi sponsor olahraga akbar dunia selama empat tahun sedangkan pepsi memiliki kontrak jangka panjang dengan NFL, Kompetisi Liga Football AS.

Pemasaran Pepsi Berdasarkan surveyBeverage Digest’ tahun 2008, market share Pepsi Co. di Amerika Serikat mencapai 30,8%, dibandingkan sedangkan Coca Cola mencapai 42,7%. Sedangkan penjualan Pepsi-Cola lebih terlihat dominan di Negara India, Pakistan, Arab Saudi, Guatemala, sebagian Amerika Utara, sebagian Amerika Selatan, dan juga Rusia.

Jika perusahaan-perusahaan lain tahun lalu berhasil meraih sukses dengan meningkatkan kemampuan teknis mereka (inovasi produk, efisiensi biaya), maka Pepsi Co mendongkrak sukses dengan memperbaiki “soft skills“.

Perang besar keduanya kini turut berlanjut ke dunia maya. Sementara ini, Coca-Cola menjadi pemenang dengan penggemar Instagram yang lebih banyak dibanding Pepsi. Hingga tulisan ini dimuat, laman Facebook Coca-Cola diikuti oleh sekitar 2,7 juta akun. Pepsi, sementara itu, diikuti oleh lebih dari 1,6 juta akun.

%d bloggers like this: