Cara Penggunaan Digital Marketing Dalam Suatu Bisnis | SevenAds

Sebelum mengetahui cara – cara Penggunaan digital marketing, yuk terlebih dahulu mengetahui apa itu digital marketing.

Digital Marketing yaitu semua upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik/internet dengan beragam taktik marketing dan media digital dimana Anda dapat berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu di online seperti Website, Blog, Media sosial (Instagram, Whatsapp, Line, dsb). Dari beberapa akses itulah mereka akan berkomunikasi kepada Anda.

Di dunia digital marketing kita bisa membuat iklan, email marketing, brosur online dan lainnya agar calon customer tertarik pada penawaran Anda. Mari kita bahas taktik dan strategi apa saja yang bisa kita terapkan dalam digital marketing!

Taktik Digital Marketing 

Digital marketers (pemasar digital) terbaik adalah yang memiliki gambaran jelas tentang bagaimana setiap kampanye digital marketing yang dia miliki mendukung tujuan penawarannya. Bergantung pada tujuan strategi pemasaran mereka, digital marketer dapat membuat kampanye yang lebih besar melalui media gratis maupun berbayar yang dia miliki.

Seorang content marketer (pembuat konten) biasanya dapat membuat serangkaian postingan blog yang berfungsi untuk mengajak. Social media marketer (pengelola sosial media) berfungsi membantu mempromosikan postingan blog melalui pos berbayar dan organik (tidak berbayar) di akun media sosial. Tugas email marketer adalah membuat email campaign untuk dikirimkan kepada calon customer agar tertarik dengan penawaran yang ditawarkan.

Beda platform dan marketers beda pula taktik/strategi yang harus diterapkan, karena masing-masing platform memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum memulai dalam digital marketing kita harus tahu fokus pemasaran kita ke arah mana.

Berikut taktik yang dapat kita terapkan dalam digital marketing:

1. Sosial Media Marketing

Dalam prakteknya adalah mempromosikan merek dan konten Anda di media media sosial untuk meningkatkan brand awareness, mengendalikan traffic, dan menghasilkan prospek untuk bisnis Anda. Media yang dapat Anda gunakan dalam pemasaran media sosial meliputi Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, Snapchat, Pinterest.

 2. Google+Search Engine Optimization (SEO)

Ini adalah proses mengoptimalkan situs web Anda untuk mendapat “peringkat” lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari, sehingga meningkatkan jumlah traffic organik (atau tidak berbayar) yang diterima situs web Anda. Media FF yang bermanfaat dari SEO meliputi Website, Blogs, dan Infografis

3. Konten Marketing

Istilah ini menunjukkan pembuatan dan promosi aset konten untuk tujuan menghasilkan brand awareness, pertumbuhan traffic, perolehan prospek, dan pelanggan. Media yang dapat digunakan untuk strategi konten pemasaran ini yaitu Postingan Blog, Ebook, Artikel, Infografis, dan Brosur Online.       

4. Email Marketing

Beberapa perusahaan menggunakan email marketing sebagai jembatan untuk berkomunikasi dengan customer. Email sering digunakan untuk mempromosikan konten, potongan harga dan sebuah acara. Serta mengarahkan calon customer untuk mengunjungi website Anda. Ada beberapa tipe email yang bisa Anda gunakan untuk melakukan campaign email marketing, yaitu:

  1.  Email sapaan untuk customer
  2. Pengikut bulletin blog
  3. Promosi liburan untuk program pendapatan member
  4. Menindaklanjuti email pengunjung website yang mengunduh sesuatu
  5. Tips atau email yang serupa untuk pengasuhan konsumen

5. Pay-Per-Klik (PPC)

PPC adalah metode untuk mengarahkan traffic ke web Anda dengan membayar setiap klik. PPC yang umum digunakan adalah Google AdWords, yang memungkinkan Anda membayar, dan mendapatkan slot teratas pada pencarian Google dengan harga “per klik”.

6. Affiliate Marketing

Sebuah jenis iklan dimana Anda dapat mempromosikan penawaran atau layanan orang lain di situs web Anda. Ada beberapa aplikasi Affiliate Marketing yaitu Hosting video ads dengan Youtube dan mengupload Link affiliate.

7. Native Ads

Native Ads mengacu pada iklan utama berisikan konten yang ditampilkan pada platform media bersama konten non-berbayar lainnya.

8. Otomatisasi Pemasaran

Otomatisasi pemasaran mengacu pada perangkat lunak yang berfungsi untuk mengotomatisasi operasi pemasaran dasar Anda. Banyak departemen pemasaran dapat mengotomatiskan tugas-tugas berulang yang seharusnya mereka lakukan secara manual, seperti:

  1. Susunan postingan sosial media
  2.  Mengupdate daftar kontak
  3. Laporan campaign
  4. Memimpin alur kerja

Digital Marketing dan Bisnis

Digital marketing dapat digunakan untuk bisnis apa pun di industri apa pun. Terlepas dari apa yang dijual perusahaan Anda, digital marketing masih memerlukan persona customer (gambaran akan target penawaran customer Anda) untuk mengidentifikasi kebutuhan calon customer Anda, dan menciptakan konten online yang menarik dan membantu mereka. Namun, setiap bisnis memiliki cara penerapan strategi pemasaran digital dengan cara yang berbeda-beda.

Pada B2B sistem digital marketing akan berpusat pada mengumpulan data customer (lead generation). Oleh karena itu Anda memerlukan strategi pemasaran yang menarik agar menghasilkan customer yang berkualitas untuk sales people (tenaga penjualan) Anda.

Sedangkan, pada B2C tergantung pada titik harga produk Anda, kemungkinan tujuan dari upaya pemasaran digital Anda adalah untuk menarik orang ke situs web Anda dan membuat mereka menjadi pelanggan tanpa perlu melalui perantara sales people (tenaga penjualan).

Sehingga tidak berfokus sepenuhnya pada pengumpulan data customer namun lebih fokus dalam membangun customer journey.

Nah itu dia kiat-kiat yang dapat kamu gunakan untuk memulai bisnis dengan menggunakan Digital Marketing. Ada banyak sekali keuntungan yang didapat dengan menggunakan digital marketing, selain dapat mengait audience lebih besar lagi, tentunya juga dapat menaikan profit bagi bisnis Anda.

Jika anda bingung memulai dari mana, Kami siap menjadi consultant digital marketing anda dalam memaksimalkan bisnis anda. Silahkan konsultasi bersama kami disini.

Selamat mencoba~ 

%d bloggers like this: