Buka Toko di Instagram, Emang bisa? | SevenAds

Emang bisa buka toko di Instagram? Bisa dong! Jaman sekarang nggak cuma buka toko offline aja tapi buka toko online juga bisa karena kita sudah berada di jaman serba bisa. Yuhuuu~

Diartikel kali ini kita akan membahas apasih Instagram Shop dan Bagamaina cara buka toko di Instagram. Jadi, buat kalian yang baca jangan setengah-setengah yaa~

Instagram Shop

Instagram Shop adalah fitur yang disediakan oleh media sosial Instagram untuk membantu bisnis mengintegrasikan katalog produk mereka dengan profil Instagram. Dengan Instagram Shop, ini memungkinkan bisnis untuk mempromosikan produknya secara langsung ke pengguna Instagram melalui postingan di feed, story, di tab Explore, dan di tab khusus Shop di profil.

Nanti di dalam shopping tab akan ada list barang dan harga barang yang kamu jual. Lalu, saat kamu meng-klik salah satu produk, kamu bisa melihat detail atau info lebih lanjut dari produk tersebut dengan mengklik “view on website”. Menu “view on website” ini bisa kamu bisa kamu sambungkan atau arahkan ke Facebook, website kamu, atau ke marketplace.

Baca juga: Mungkinkah Rebranding Gagal?

Cara Membuat Instagram Shopping

Cara membuat Instagram Shopping juga gampang lhoo gais, jadi gak perlu khawatir tidak bisa mengoperasikan atau membuatnya ya! Ikuti aja langkah-langkah ini ya:

  1. Pastikan akun Instagram bisnis kamu memiliki facebook page dan telah memiliki kategori business. Jika belum coba ikuti langkah-langkah berikut:
    – Masuk ke facebook page kamu
    – Pastikan bahwa facebook page kamu memiliki kategori business. Kalau belum, kamu harus mengganti kategori facebook page kamu ke kategori bisnis.
  2. Langkah selanjutnya adalah membuka Business Manager dan secara manual membuat katalog produk kamu. Adapun produk yang bisa dimasukkan adalah produk fisik, bukan jasa.
  3. Setelah membuat catalogue shopping di facebook page, masuk ke Instagram. Di Instagram, klik profile. Pilih tiga garis di bagian kanan atas, lalu pilih settings. Pilih menu business, kemudian pilih menu shopping. Setelah itu, pilih sambungkan katalog produk yang ada di facebook page
  4. Setelah menyambungkan, kamu bisa melihat menu shop di akun Instagram kamu. Namun, dalam beberapa kasus, menu shop tidak akan langsung muncul di profile akun Instagram kamu. Hal ini dikarenakan adanya proses approval oleh pihak Instagram. Jadi, kamu perlu menunggu untuk proses approval-nya selama beberapa waktu

Nah setelah selesai membuat Instagram Shopping jangan lupa untuk memasukkan produk-produkmu ke list Shop Instagram-mu yaa!

Baca Juga: Things To Know About: Brand, Branding, Brand Identity.

Itulah sedikit penjelasan mengenai fitur Instagram Shopping, termasuk cara dan tips menggunakan Instagram Shopping agar bisnis kamu dapat berkembang di tengah pandemi ini. Fitur Instagram Shopping ini dalam membantu mengembangkan bisnis kamu dan menarik audiens lebih banyak.

Ingin mengembangkan bisnis kamu? Konsultasikan strategi yang cocok untuk bisnismu bersama SevenAds Indonesia. SevenAds Indonesia adalah sebuah digital agency yang menyediakan social media management, digital marketing, influencer marketing, branding, dan creative & design. Jadi, tunggu apa lagi? Mari hubungi kami disini untuk konsultasi gratis!

%d bloggers like this: