Buat Konsumen Lebih Dekat Dengan Cara Ini! | SevenAds

Sebagai pengusaha di masa Pandemi ini, kita perlu menunjukkan rasa empati terhadap konsumen kita. Sebisa mungkin, kita harus membuat konsumen terlibat dengan kita dengan menyentuh emosi mereka atau merasakan apa yang mereka rasakan. 

Rasa empati tersebut dapat kita hadirkan dalam menerapkan strategi marketing perusahaan, sehingga konsumen bisa jadi lebih dekat dengan kita. Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana cara menerapkan empati marketing yang efektif khususnya di kala Pandemi.

Ciptakan Transparansi dalam Operasional Bisnis mu

Saat Pandemi seperti ini, biarkan pelanggan mu tahu bagaimana bisnis mu bekerja secara internal. Kamu bisa mulai dengan mendokumentasikan produk-produk yang kamu jual saat dibuat atau dikemas dengan mengikuti protokol kesehatan. Kamu juga bisa membagikan cerita bagaimana bisnis mu berjalan selama Pandemi. Kendala apa saja yang kamu alami agar pelanggan bisa mengerti dan ikut merasakan empati yang perusahaan mu coba sampaikan dan jangan lupa untuk menawarkan alternatif lain untuk itu.

Melibatkan Pelanggan Secara Langsung

Buat pelanggan mu terlibat dalam bisnis yang kamu jalankan di masa Pandemi dengan sering berinteraksi dengan mereka. Misalnya dengan meminta pendapat, saran atau masukkan terkait produk atau jasa yang kamu tawarkan. Bisa juga dengan mengajak mereka berdonasi untuk orang yang membutuhkan di masa Pandemi dengan membeli produk atau jasa yang kamu jual.

Buat After Sales atau Fleksibilitas yang Kredibel untuk Pelanggan mu

Kamu juga bisa menawarkan after sales atau fleksibilitas yang kredibel dan menjanjikan untuk pelanggan mu seperti garansi produk atau konsultasi gratis baik sebelum maupun setelah pembelian.

Buat Kampanye Brand mu Lebih Personal

Dengan membuat kampanye yang personal, kamu bisa membuat hubungan antara pelanggan dan brand kamu lebih dekat dan terikat. Contohnya dengan menggunakan hashtag #WeAreInThisTogether agar konsumen dapat merasa bahwa brand tersebut peduli dengan kondisi krisis saat ini. Kamu juga bisa membagikan konten yang relevan dengan pelanggan mu namun jangan sampai membuat konten yang bertolak belakang dengan kondisi saat ini. 

Empati marketing sebenarnya adalah strategi marketing yang positif apabila kamu menggunakannya dengan benar dan tepat. Sebaiknya memang menghadirkan rasa empati tersebut dengan benar adanya tetapi dapat membawa dampak positif bagi sebuah brand atau perusahaan, bukan untuk berpura-pura dan mengambil keuntungan semata.

%d bloggers like this: