Branding VS Marketing, Mana Yang Lebih Dulu? | SevenAds

Dalam memulai sebuah bisnis, branding dan marketing merupakan kedua hal yang tidak dapat dipisahkan. Memang terkadang sangat sulit untuk membedakan antara branding dan marketing. Sebuah perusahaan terlepas dari besar atau kecilnya nya perusahaan tersebut mereka akan selalu menekankan fokusnya pada branding dan marketing.

Apa sih yang membedakan keduanya? sederhananya, Branding is why. Marketing is how. Branding bersifat jangka panjang. marketing bersifat jangka pendek. Branding itu strategis. Marketing bersifat taktis.

Lalu, yang menjadi pertanyaan nya adalah mana yang harus lebih dulu?

Jawabannya, branding comes first

Branding Comes First


Dalam membangun sebuah bisnis, terjun langsung ke marketing merupakan hal yang sangat menarik. Namun, sebelum terjun ke marketing, sebuah brand juga perlu mementingkan strategi dalam mengkomunikasi produk kepada audiens melalui branding.

Melalui branding, konsumen akan memahami bagaimana sebuah produk atau layanan itu dapat memecahkan masalah mereka. Karena pada dasarnya membangun kesadaran konsumen atas produk kita merupakan hal yang sangat penting. 


Salah satu contoh rebranding new logo yang dilakukan oleh perusahaan GOJEK.

Melalui branding, konsumen dapat melihat apakah sebuah produk benar-benar penting bagi mereka atau tidak. Jika konsumen tidak dapat melihat perbedaan produk dari brand kita dengan brand lain maka tidak ada alasan bagi konsumen untuk melakukan brand switching. Ketika mereka merasa produk tersebut penting akan muncullah istilah loyal customer yang pada dasarnya dibutuhkan oleh semua brand

Baca juga: Start-Up Kamu Stuck? Mungkin Kamu Mengabaikan 7 Hal Penting Ini Pada Social Media Kamu!

Marketing is your message. Your brand is who you are.

Branding dari sebuah produk adalah sesuatu yang akan melekat di kepala seorang konsumen ketika mendengar nama dari sebuah produk. Persepsi akan sebuah produk dari seorang konsumen itu dibangun melalui branding.

Saat ini konsumen lebih banyak menggali lebih dalam mengenai sebuah merek di balik produk atau layanan yang mereka gunakan. Hal ini menuntut sebuah brand untuk menginvestasikan lebih banyak waktu untuk usaha memperkenalkan dan membuat konsumen memahami produknya hingga ke level emosional konsumen agar semakin besar kemungkinan mereka membeli sebuah produk. 

Pentingnya branding dapat dilihat dari banyaknya brand yang sukses berkat branding nya meskipun kualitas produk nya biasa saja. Salah satu diantara ialah Kylie Lip Kit. Kylie Lip Kit terjual habis dalam hitungan jam berkat dari kesuksesan personal branding seorang Kylie Jenner. 



Sedangkan, Lip Kit nya sebagai produk utama dari brand kylie ini, banyak beauty vlogger terkemuka yang mengatakan bahwa kualitas nya biasa aja. Itulah mengapa branding sangat krusial dan penting bagi sebuah produk.

Sekarang sudah tau kan seberapa pentingnya branding untuk sebuah produk. Ingin memiliki produk dengan branding yang menarik? konsultasikan disini

%d bloggers like this: