Dalam memasarkan suatu bisnis atau produk, seorang copywriter memiliki peran yang cukup penting, lho! Mungkin kamu berpikir dalam memasarkan suatu produk, cukup dengan menggunakan iklan atau promosi kemudian mengiklankannya dia media-media yang bisa dilihat oleh banyak orang seperti billboard, televisi, koran atau di zaman digital ini bisa melalui media sosial seperti instagram, website, youtube dan lainnya. Tetapi kamu perlu tahu, semua media tersebut akan percuma jika iklan atau konten promosi yang kamu buat tidak menarik dan tidak menyasar kepada target yang tepat.


Dalam membuat iklan yang menarik dan tentunya tepat, disinilah peran dari copywriting sangat penting. Copywriting adalah teknik untuk menarik pembaca agar terdorong untuk melakukan perintah dalam tulisan yang kamu buat. Copywriting tentunya berbeda dengan penulisan biasanya, dalam copywriting dibutuhkan teknik-teknik yang tepat agar tulisan pemasaran yang kamu buat menarik dan tepat pada sasaran. Yuk langsung saja kita bahas tips-tips copywriting jitu di bawah ini.


Pelajari produk atau layanan kamu

Sebelum memasarkan produk atau layanan kamu, kamu harus mengenali dan mempelajari dulu produk atau layanan yang ingin ditawarkan. Kalau kamu belum menguasai produk atau layanan kamu, kamu tidak akan bisa membuat konten pemasaran yang tepat.

Setelah mempelajari produk atau layanan yang ditawarkan, ada bagusnya jika kamu menuliskan informasi yang kamu dapat dalam bentuk deskripsi. Untuk memudahkan kamu dapat menulis informasi berdasarkan tiga pertanyaan berikut yaitu:

  • Apa yang unik dari produk tersebut?
  • Apa saja fitur yang dimiliki produk tersebut?
  • Apa manfaat yang bisa didapatkan konsumen dari fitur-fitur produk tersebut?


Kenali kebutuhan audiens

 Setelah mempelajari produk atau layanan yang ditawarkan, penting juga untuk kamu mengenali dan mempelajari apa sih yang dibutuhkan audiens kamu. Dengan begitu kamu dapat membuat konten dan copywriting yang menyasar secara personal dan tepat sasaran.

 Nah, kamu bisa mempelajari audiens dengan cara memberikan survei yang berisikan pertanyaan sebagai berikut:

  • Apa yang membuat kamu tertarik dengan produk kami?
  • Apakah kamu pernah menggunakan produk serupa?
  • Bagaimana pengalaman kamu menggunakannya?


Buat headline yang menarik

Berdasarkan survei, dari 10 audiens, 8 audiens hanya akan membaca atau judul dari konten kamu. Maka dari itu, kamu harus kreatif dalam membuat headline yang memikat audiens. Ada beberapa trik yang bisa kamu gunakan dalam menulis headline yang menarik.

Jelaskan manfaat yang kamu tawarkan

Saat akan membeli atau melihat produk atau jasa, audiens tentu ingin mementingkan manfaat yang akan mereka dapatkan. Dengan begitu, kamu bisa menyebutkan manfaat dari produk kamu dalam judul dengan jelas. Seperti contohnya judul di bawah berikut. “Kerja lebih cepat selesai dalam 2 jam dengan 7 trik berikut”, dari judul ini audiens dapat mengetahui dengan jelas apa manfaat atau isi yang akan dijelaskan dalam konten atau artikel sehingga mereka lebih tertarik untuk membaca.

Buat audiens ingin segera membeli

Pada umumnya audiens tidak akan menolak suatu keuntungan seperti mendapatkan diskon atau potongan harga. Kamu bisa mencantumkan diskon pada suatu headline. Akan tetapi menuliskan diskon saja tidak cukup. 

Kamu dapat menarik perhatian audiens segera dengan mencantumkan bahwa diskon tersebut tidak berlaku selamanya. Seperti contoh judul berikut ini. “Hanya 3 hari, diskon 50% untuk semua produk”. Kamu bisa menggunakan format headline tersebut agar lebih maksimal dalam menarik perhatian audiens.

Cantumkan angka atau persentase

Selain manfaat atau diskon, penulisan angka atau persentase ternyata juga menarik perhatian audiens, lho! Apalagi kalau angkanya ganjil. Seperti contoh berikut ini. “ 7 Cara cepat menaikkan angka reach instagram kamu hingga 27,5%”.


Dukung headline dengan lead yang menarik

Headline memang penting sebagai baris terdepan untuk menarik perhatian audiens, tapi akan lebih baik lagi jika didukung dengan lead yang menarik pula. Kamu dapat menuliskan lead pembuka atau awalan paragraf yang menarik juga agar audiens semakin tertarik untuk membaca konten kamu. Kamu bisa coba beberapa trik berikut untuk menulis lead yang menarik.

Menunjukkan simpati

Kamu bisa menunjukkan simpati terhadap masalah audiens pada awalan paragraf seperti memberi pertanyaan sebagai berikut

  • Kamu pernah gak sih mengalami masalah sebagai berikut?
  • Kamu tau gak sih, kalau masalah seperti ini ternyata dapat mengganggu aktivitas kamu, lho! Untung aja ada produk ini untuk mengatasi masalah kamu.
  • Kami tau kalah masalah ini sangat mengganggu aktivitas kamu, maka dari itu kami punya produk ini sebagai solusinya.


Mulai dengan fakta

Kamu juga bisa memasukkan fakta atau kutipan-kutipan berisikan informasi dari sumber terpercaya. Seperti “menurut survei A, atau berdasarkan hasil riset yang dilakukan B”. Kutipan seperti itu dapat membuat lead terlihat kredibel.


Buat Audiens penasaran

Kamu tentu harus membuat audiens penasaran untuk membaca lebih lanjut dari konten kamu. Caranya dengan membuat kalimat yang memberi efek penasaran kepada audiens pada akhir paragraf pembuka, seperti ini.”Kamu penasaran gak dengan caranya? Yuk simak caranya di bawah ini!”.

 

Buat Body Copy yang berkualitas

Meskipun headline dan lead merupakan bagian penting dalam teknik copywriting, Anda tidak boleh melupakan bagian utama tulisan. Dalam copywriting, bagian ini disebut copy.

Ada beberapa formula yang bisa Anda gunakan untuk menulis copy yang berkualitas, di antaranya:

  • Gunakan kata dan kalimat sederhana
  • Tulis untuk satu orang saja
  • Jelaskan manfaat bagi audiens
  • Manfaatkan subheading