Kamu pasti pernah saat sedang asik melihat laman sosial mediamu atau sedang searching sesuatu di google kemudian kamu tertarik untuk membuka konten atau website tersebut karena headlinenya yang mencolok dan menarik untuk dibuka. Tetapi pas dibuka ternyata hasilnya tidak sesuai dengan headlinenya. Itu artinya kamu baru saja menjadi korban dari clickbait. Pasti kesal rasanya menjadi korban dari clickbait, karena merasa seperti dicurangi. Tapi apakah clickbait itu sebenarnya curang?
Kalau dibilang curang, tidak juga sih, karena itu merupakan salah satu teknik seorang content writer atau pembuat konten untuk menarik pembacanya agar mau membaca konten mereka. Tetapi kembali lagi ke bagaimana cara seorang content writer tersebut memakai teknik clickbait itu untuk kepentingan apa. Jika teknik clickbait tersebut digunakan untuk mengarahkan pembaca ke artikel yang memuat berita bohong atau hoaks, atau topik yang sama sekali tidak ada relevansinya, itu baru bisa dikatakan curang dan salah. Jadi tergantung pada pemanfaatan teknik clickbait tersebut. Sah-sah saja jika teknik clickbait menarik pembaca ke artikel atau topik yang masih bersifat informatif dan ada relevansinya. Yuk, kita bahas dulu dibawah apa sih sebenarnya arti dari “clickbait”.
Apa sih itu “clickbait”?
Clickbait merupakan suatu teknik yang digunakan oleh content writer atau penulis dalam membuat sebuah judul yang menarik. Tujuan dari teknik clickbait ini adalah ingin menarik para pembaca agar mengklik judul tersebut karena penasaran atau merasa tertarik untuk membacanya. Dalam menggunakan teknik clickbait, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, lho! Kamu tidak boleh sembarangan memanfaatkan teknik ini, karena jika kamu menggunakannya sembarang, itu artinya sama saja kamu curang dan kamu tidak memiliki kualitas sebagai seorang penulis. Ini dia beberapa tips yang bisa kamu ikuti dalam menggunakan teknik “clickbait”
Taruh kata kunci dalam judul
Sebelum menulis judul, kamu bisa melakukan riset sederhana pada google. Cari kata-kata kunci/keyword yang paling banyak digunakan atau trending di google untuk kamu tempatkan dalam judul.
Kamu juga bisa menggunakan google trends atau ubber suggest untuk membantu kamu dalam menentukan sebuah judul yang menarik. Kamu harus benar-benar teliti dan menggunakan kata kunci yang tepat karena sistem kerja google dalam menampilkan konten yang jelas sesuai dekat kata kunci yang dicari.
Jangan buat judul atau headline yang terlalu basic, buatlah yang berbeda dan menarik!
Dalam membuat sebuah judul, kamu harus menghindari pembuatan judul yang biasa-biasa saja atau terlalu basic. Judul yang menarik adalah penentuan seorang pembaca ingin mengklik judul kamu karena tertarik atau tidak. Jadi kamu harus membuat judul yang “clickbait” dan tentunya dipadukan dengan keyword atau kata kunci yang sudah kamu riset tadi. Kamu juga bisa menggunakan kata-kata yang heboh, mengejutkan atau hiperbola, lho untuk membuat judul kamu semakin menarik dibaca. Memang akan terlihat lebay, tapi begitulah cara kerja clickbait pada penulisan judul dan terbukti berhasil menarik perhatian pembaca.
Satu hal yang perlu dicatat dan diingat dalam menggunakan penulisan judul clickbait, ya. Kamu tidak boleh menggunakan judul clickbait dengan sembarang kemudian tidak ada relevansinya dengan topik atau isi kontenmu apalagi sampai berita yang dimuat hoaks.
Buatlah judul yang kontroversial
Kamu juga bisa menarik perhatian pembaca dengan membuat judul yang kontroversial. Menurut beberapa penelitian, pembaca terutama di Indonesia sangat suka dengan hal-hal yang kontroversial. Akan tetapi tidak semua hal kontroversial bagus juga ya, kamu harus bisa menyaring dan bijak dalam memilih judul yang kontroversial. Jangan sampai judul kontroversial ini malah menuai komen dan respon buruk yang merugikanmu.
Menambahkan angka pada judul
Penambahan angka pada penulisan sebuah judul juga dapat lebih menarik perhatian pembaca, lho. Biasanya penambahan angka pada penulisan judul bisa terkait dengan topik atau konten tips and trik. Seperti contoh di bawah ini:
“5 tips membuat kamu cepat sukses di usia muda”
“10 cara meningkatkan omset bisnismu berkali-kali lipat”
“ 6 rahasia dibalik suksesnya perusahaan startup dalam waktu cepat”
Penambahan angka pada sebuah judul akan menambah keyakinan seorang pembaca untuk mengklik judul kamu dan membacanya. Tetapi kembali lagi, penambahan angka pada judul tentunya juga harus sesuai dengan jumlah tipsnya pada konten tersebut, karena kalau tidak pembaca akan merasa tertipu dan tidak mau lagi membaca konten anda.
Buat judul yang pendek menjadi clickbait
Selain menambahkan angka pada judulmu, kamu juga bisa membuat clickbait pada judul yang terdapat angka dengan menambahkan embel-embel di belakang judul yang dapat membuat pembaca tidak mau melewati kontenmu dan menjadi penasaran. Contohnya seperti dibawah ini:
“ 5 tips membuat kamu cepat sukses pada usia muda (tips no 3 paling penting)”
“10 cara meningkatkan omset bisnismu berkali-kali lipat (no 19 gak boleh dilewatin)
Bagaimana menurut kamu? Melihat judul seperti di atas ini akan membuat kamu semakin tidak mau melewatkan konten tersebut kan. Perlu diingat sekali lagi, isi dari kontenmu harus sesuai dengan judul yang dibuat ya. Jangan sampai jumlah angka di judul tidak sama dengan isinya dan begitu juga dengan isinya harus tetap relevan ya!
Itu dia beberapa tips dalam memanfaatkan teknik clickbait pada penulisan judul. Jadi menurut kamu clickbait masih curang gak nih? Intinya selama kamu memanfaatkannya dengan baik dan masih terdapat relevansi antara judul dan isi yang kamu buat, sah-sah aja sih pakai teknik clickbait, namanya juga usaha buat menarik minat pembaca. Asal jangan menipu pembaca dengan topik yang benar-benar tidak masuk akal apalagi berita hoaks ya!