Kamu biasa menggunakan KOL sebagai salah satu strategi marketing brand? Atau baru mencobanya? KOL dinilai menjadi salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan awareness brand dan mendukung campaign brand. Sebelum kamu menggunakan KOL, ada loh yang harus kamu perhatikan! Apa saja? Yuk simak pembahasan dibawah ini.
KOL atau Key opinion leader adalah seorang atau lembaga yang memiliki pengaruh kuat dan dinilai memiliki kredibilitas atas keahlian tertentu sehingga pendapatnya banyak didengarkan saat membuat keputusan atau memberikan rekomendasi. Kredibilitas inilah berasal dari prestasi dan keahliannya, bukan dari seberapa pengikutnya di media sosial. Sehingga banyak brand yang memilih KOL sebagai public figure yang mewakili brand dan sebagai strategis pemasaran untuk meningkatkan brand awareness. Meskipun pengikut KOL tidak sebanyak influencer. Mengenai contoh orang yang termasuk dalam kategori KOL adalah :
- Kolumnis
- Tokoh politik
- Desainer
- Dokter
- Akademisi dan sebagainya
KOL sendiri banyak digunakan pada beberapa jenis industri, seperti:
- Farmasi
- Kesehatan
- Uji klinis
- Alat kesehatan
- Scientist
Alasan Kenapa Brand Memerlukan KOL
Selain kreadibilitasnya, seorang KOL diperlukan brand karena beberapa alasan lainnya, seperti :
- KOL membantu menghasilkan penjualan. KOL menarik perhatian audiens terhadap produk yang ditawarkannya sehingga meningkatkan brand awareness serta meningkatkan angka penjualan.
- Meningkatkan jangkauan audiens. KOL memiliki massa atau pengikut yang khusus sesuai bidang keahliannya yang dimana akan menguntungkan brand untuk menjangkau lebih jauh target pasarnya
- Membantu menargetkan audiens yang ideal. Kamu brand owner dengan produk yang spesifik dan unik? Inilah langkah pemasaran yang efektif karna KOL memiliki audiens dan komunitas yang fokus pada bidang atau minatnya.
Hal Yang Kamu Perhatikan Pada KOL Agreement
Kamu sudah yakin dalam memilih KOL? Langkah selanjutnya adalah melakukan KOL Agreement. Inilah yang harus kamu perhatikan sebelum KOL Agreement.
1. Basic Elements
Hal dasar yang wajib kamu perhatikan adalah basic element adalah nama campaign dan penjelasan singkat seperti tujuan, durasi, bentuk campaign hingga aturan kerjasama. Selalu periksa ulang hingga tidak ada kesalahan pada surat perjanjiannya.
2. Duration of the Agreement
Selain itu, selalu perhatikan durasi campaign kerjasama KOL. Dalam perjanjian harus detail dan mudah dimengerti karena KOL tentunya melakukan kerjasama dengan banyak brand. Misalkan bentuk durasinya apakah bentuk jangka pendek atau jangka panjang dan lainnya.
3. Content Expectation
Brief konten yang diberikan harus jelas dan detail agar KOL dapat menyesuaikan konten dengan persona mereka. Hal yang wajib kamu jelaskan seperti bentuk konten, dimana publikasi, jumlah konten, desain konten, dan lainnya.
4. Affiliate Links
Berikan link khusus untuk KOL agar kamu bisa tracking conversion dari KOL tersebut. Hal ini sebagai bahan evaluasi dari setiap KOL yang kamu pakai.
5. Payment
Setelah semua selesai, hal yang paling penting dan wajib kamu cek adalah proses payment. Jika kamu ingin melakukan negoisasi maka harus jelas dan cantumkan dengan jelas bentuk pembayaran dan nominal kerjasama dalam agreement tersebut.
KOL menjadi salah satu strategi marketing yang efektif dan bisa kamu gunakan untuk brand kamu. Namun, sebelum dealing itulah beberapa yang harus kamu perhatikan. Kamu sudah nggak bingung bahkan ragu lagi menggunakan KOL sebagai strategi marketing kamu ya! Memilih KOL pun nggak boleh sembarangan loh, biar enggak boncos yuk konsultasikan dengan SevenAds melalui email di [email protected] GRATISS!!