Pengguna Instagram Indonesia akhirnya dapat merasakan sensasi fitur baru yang ditawarkan oleh Instagram, yaitu Instagram Reels. Fitur ini memungkinkan pengguna Instagram untuk membuat video pendek yang diberi musik dan dapat dibagikan ke teman, pengikut serta pengguna aplikasi.
Fitur Reels ini juga memungkinkan pengguna untuk merekam video hingga 15 detik dan menambahkan musik yang populer, berbagi filter dan efek di atasnya. Para pengguna Instagram bisa menggunakan fitur ini untuk membangun pengikut karena Instagram memberikan tempat tersendiri khusus Reels di aplikasinya yang tampilannya mirip dengan aplikasi Tiktok.
Lantas apa yang membedakan filter ini dengan tiktok? Yuk cari tahu sama-sama!
Instagram Reels VS Tiktok
1. Durasi Video
Salah satu perbedaan yang paling jelas antara tiktok dan Instagram Reels yaitu durasi, dimana instagram reels mempunyai durasi video yang lebih cepat jika dibandingkan TikTok. Dapat dilihat saat pengguna mengunggah video pertama kali di Reels, maka mereka akan ditawarkan dengan video berdurasi 15 detik. Sementara pengguna Tiktok dapat membuat video dalam opsi 30 detik hingga 60 detik.
2. Tampilan Menu
Secara sekilas, tampilan menu tiktok maupun Instagram Reels nampak sama. Namun terdapat beberapa perbedaan yang cukup mencolok pada susunan menu di bagian bawah. Dimana tampilan menu pada Instagram Reels mencakup Home, Search, Icon Reels, Shop, dan Profile. Menu Home pada Reels akan mengembalikan tampilan ke Instagram sementara Icon Reels bakal mengembalikan tampilan dari Instagram menuju Reels.
Sedangkan susunan menu bagian bawah di TikTok yaitu Home, Search, Icon Add Video, Inbox dan Profile. Home di TikTok bisa berfungsi menampilkan atau refresh video FYP.
Pengguna Tiktok dapat menambahkan video dengan cepat melalui tombol Add Video di bagian tengah. Sementara pengguna Reels dapat membuat video dengan menekan tombol ikon kamera di pojok kanan atas.
1. Algoritma
Pengguna aplikasi Tiktok pasti sudah sangat akrab dengan istilah FYP (For Your Page) dimana jika video yang kita bagikan dianggap baik, maka akan muncul di FYP pengguna lain dan akan mendapatkan viewers yang banyak. Sesuai dengan pernyataan resmi dari tiktok tentang algoritmanya.
"Sistem merekomendasikan konten dengan memberi peringkat video berdasarkan kombinasi faktor, mulai dari minat yang Anda ungkapkan sebagai pengguna baru dan menyesuaikan untuk hal-hal yang Anda indikasikan juga tidak Anda minati," tulis TikTok dalam laman resminya.
Beberapa faktor untuk FYP termasuk interaksi pengguna, informasi video, dan pengaturan perangkat (seperti preferensi bahasa, pengaturan negara, serta jenis perangkat).
Hal ini jauh berbeda dengan Fitur baru Instagram Reels, dimana fitur ini sepertinya mengandalkan Explore untuk membuat konten semakin viral. "Jika Reels Anda ditampilkan di Explore, Anda akan menerima pemberitahuan. Featured Reels adalah pilihan publik yang diseleksi oleh Instagram untuk membantu Anda menemukan konten asli yang kami harap dapat menghibur dan menginspirasi," tulis Instagram.
Tidak ada informasi lebih lanjut tentang mengapa atau bagaimana Instagram memilih konten unggulan. Tapi, jika Reel Anda menjadi unggulan (featured), ada kemungkinan besar video (dan profil) Anda bisa menjadi viral.
2. Demographic
Jika dibandingkan dengan instagram, tiktok memiliki demografis yang jauh lebih luas. Hal ini dapat dilihat dari pengguna rentan usia pengguna aplikasi ini secara aktif. Hal ini jugalah yang masih membuat tiktok lebih unggul dan membuat konten yang dipublish lebih cepat menyebar atau going to viral.
Itulah tadi beberapa perbedaan Instagram Reels dan Tiktok. So, kira-kira platform video pendek pilihan kalian apa?