Banyak jenis strategi pemasaran yang bisa dilakukan pada era digital seperti sekarang ini. Dengan kemudahan untuk menjangkau banyak orang, kegiatan pemasaran akan lebih terasa mudah untuk mendapatkan calon konsumen baru. Community marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang juga memanfaatkan kemajuan teknologi digital.
Community marketing merupakan strategi marketing yang memfokuskan pada komunitas konsumennya dalam aktivitas pemasaran dengan interaksi jangka panjang dan dapat dilakukan secara offline maupun online. Seperti grup-grup yang ada di media sosial, seminar, forum online, event, komunitas tertentu yang ada di suatu daerah, dll. Menjalankan community marketing dapat meningkatkan hubungan baik antara konsumen dengan bisnismu.
Dalam memanfaatkan community marketing, kamu bisa mendengarkan apa yang menjadi masukan atau kritik dari konsumen. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan, mendapat konsumen baru, meningkatkan penjualan, dan secara halus mendapatkan leads baru.
Terdapat dua jenis community marketing, yaitu organik dan bersponsor. Dalam community marketing organik, konsumen akan bergerak secara natural tanpa ada campur tangan brand. Para konsumen yang terlibat di dalamnya akan secara bebas memberikan opini atau penilaian mereka satu sama lain terhadap brand. Sementara jenis community marketing bersponsor atau diinisiasi dari brand akan memungkinkan konsumen melakukan interaksi tidak hanya dengan konsumen lain tetapi juga dengan brand secara langsung. Brand akan mudah memantau interaksi yang ada di komunitas, menjawab pertanyaan atau masalah, dan memberikan informasi khusus kepada komunitas. Sehingga kamu bisa mendapatkan basis konsumen yang loyal.
Beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan jika menjalankan community marketing, catat ya!
1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen
Konsumen akan merasa lebih mempercayai brand ketika mereka bisa mendapatkan informasi atau feedback langsung dari brand. Dengan community marketing, kamu bisa melakukan interaksi secara langsung dengan konsumen, melakukan tanya jawab, diskusi, menerima saran atau kritik, yang berkaitan dengan bisnismu. Konsumen akan merasa memiliki jika mereka terlibat secara langsung atau berperan penting dalam perkembangan brand, sehingga konsumen akan lebih setia kepada brand.
2. Brand Awareness Akan Meningkat dan Meluas
Kesempatan yang muncul bagi konsumen untuk berdiskusi dan beropini tentang brand kamu di dalam forum, akan memperluas penyebaran dan pengenalan terkait brand kamu kepada banyak orang. Semakin banyak orang yang mengetahui atau membicarakan tentang brand-mu, akan semakin banyak pula orang yang mengenalnya.
3. Kamu Akan Semakin Mengenali Audiens Brand-mu
Komunitas yang dibuat akan memudahkan kamu untuk menggali informasi terkait pandangan atau apa yang konsumen inginkan terhadap brand kamu. Interaksi yang kamu lakukan di komunitas, memberikan keuntungan berupa data kualitatif yang bisa kamu peroleh secara langsung dari konsumen setia. Nantinya data tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki aspek-aspek dalam bisnismu.
4. Membangun Hubungan Jangka Panjang dengan Konsumen
Interaksi yang dilakukan secara berkala dengan konsumen di dalam komunitas, akan semakin meningkatkan kepercayaan mereka terhadap brand, karena mereka merasa dihargai untuk didengarkan dan dimintai pendapat terkait brand. Konsumen pun akan setia untuk menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Dibalik manfaat yang berguna untuk kemajuan bisnis kamu, ada hal yang tidak boleh kamu lupakan dalam menjalankan community marketing, yaitu bagaimana cara kamu merencanakan, menjalankan dan menanggapi setiap aktivitas yang dilakukan untuk komunitas yang dimiliki brand kamu. Jika kamu melakukannya dengan baik, maka konsumen akan semakin percaya dengan brand-mu, begitu juga sebaliknya.